Raja Charles III Berduka atas Kematian Maggie Smith, Sang Aktris Harry Potter Disebut Sebagai National Treasure

Selain Raja Charles III, banyak pesohor lain yang mengucap belasungkawa dan mengenang mendiang Maggie Smith.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 28 Sep 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 14:00 WIB
Maggie Smith pada 2015. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth, File)
Selain Raja Charles III, banyak pesohor lain yang mengucap belasungkawa dan mengenang mendiang Maggie Smith. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth, File)

Liputan6.com, London - Kematian Maggie Smith tak hanya menyentak para pelaku industri hiburan di Inggris, tapi juga Raja Charles III. Sebagai bentuk belasungkawa, ayahanda Pangeran William ini merilis satu pernyataan dukacita mengenai meninggalnya aktris Harry Potter di usia 89 tahun tersebut.

“Saya beserta istri sungguh berduka mendengar kematian Dame Maggie Smith,” tuturnya, diwartakan People, Minggu (29/9/2024).

Ia bahkan menyebut Maggie Smith sebagai “national treasure” atau kakayaan bangsa. “Saat tirai untuk kekayaan bangsa telah diturunkan, kami bergabung dengan semua orang di seluruh dunia untuk mengenangnya dengan rasa kagum dan kasih sayang mendalam atas penampilannya yang hebat, serta kehangatan dan kecerdasannya yang bersinar baik di atas maupun di luar panggung," kata Raja Charles III.

Selain Raja Inggris, banyak pesohor lain yang mengucap belasungkawa dan mengenang mendiang Maggie Smith.

Aktris senior Hellen Mirren menulis, “Ini adalah hari yang sungguh sedih bagi teater dan sinema Inggris. … Tak perlu diragukan lagi, ia adalah salah satu aktris terhebat seabad belakangan,” tuturnya, dilansir dari kantor berita AP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Legenda Sejati dalam Generasinya

Maggie Smith pada 1968. (AP Photo/Bob Dear, File)
Maggie Smith pada 1968. (AP Photo/Bob Dear, File)

Hugh Bonneville yang memerankan karakter anak Maggie dalam serial kondang Downtown Abbey juga berduka dengan kepergian sang aktris.

“Siapa pun yang pernah berbagi adegan dengan Maggie akan mengakui ketajaman matanya, kecerdasannya, dan bakatnya yang luar biasa. Ia adalah legenda sejati dalam generasinya, yang untungnya akan terus hidup dalam begitu banyak penampilannya di layar lebar yang luar biasa,” ujarnya.


Dukacita Whoopi Goldberg

Maggie Smith pada 2005. (AP Photo/Stuart Ramson, File)
Maggie Smith pada 2005. (AP Photo/Stuart Ramson, File)

Whoopi Goldberg yang berbagi layar dengan mendiang Maggie Smith dalam Sister Act ikut berbagi kenangan tentang mendiang.

“Maggie Smith adalah seorang wanita hebat dan aktris yang brilian. Saya masih tak percaya, karena beruntung bisa bekerja sama dengan sosok yang tak ada duanya. Belasungkawa yang tulus saya sampaikan kepada keluarga... RIP,” tulisnya.


Diumumkan Pihak Keluarga

Kabar duka meninggalnya Maggie Smith dikonfimasi oleh kedua anak laki-lakinya.

“Dengan penuh dukacita, kami mengumumkan kematian Dame Maggie Smith,” kata anak-anaknya, lewat publisis sang aktris. Ditambahkan, “Ia meninggal dengan tenang di rumah sakit pagi ini, Jumat 27 September."

Keluarga juga menyebut Maggie Smith yang begitu menjaga privasinya, mengembuskan napas terakhir dengan didampingi sahabat dan keluarganya. “Ia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang berdukacita karena kehilangan ibu sekaligus nenek mereka yang luar biasa."

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya