Bawa Pesan Women Empowerment, Clara Shafira Ingin Wanita Indonesia Mandiri Secara Finansial

Bertekad menjadi Guardian Angel of Nusantara, Clara Shafira bawa pesan Women Empowerment untuk para wanita muda di Indonesia;

oleh Patricia Vianney diperbarui 27 Okt 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 20:00 WIB
Pesona Clara Shafira Krebs Jelang Berkompetisi di Ajang Miss Universe 2024
Puncak acara Miss Universe 2024 akan berlangsung pada 16 November 2024. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Clara Shafira Krebs, perwakilan Indonesia di ajang Miss Universe 2024, mengusung tema "Women Empowerment: Honoring Roots, Impactful Life."

Melalui tema ini, Clara bertekad menginspirasi perempuan Indonesia untuk mandiri secara finansial dan percaya diri dalam mencapai impian mereka. Ia menekankan pentingnya literasi keuangan sebagai langkah awal untuk menciptakan perubahan positif.

Menyikapi maraknya kasus ketergantungan finansial perempuan pada keluarga atau pasangan, Clara ingin mengajarkan kesehatan mental, pola pikir, dan perencanaan bisnis. Ia percaya pendekatan ini akan membantu perempuan mengubah pola pikir dan kehidupan mereka secara menyeluruh.

Dengan pengalamannya sejak muda yang telah membangun kebiasaan menabung dengan mengajar anak-anak sebagai guru bahasa Inggris, berkarir sebagai model, dan menjalankan bisnis fashion, Clara percaya bahwa pengalaman tersebut membantunya untuk menuntun para anak perempuan nusantara.

Empowerment dan Kemandirian Finansial Jadi Fokus Clara

Clara Shafira
Potret Clara Shafira pamerkan busana kostum nasional Nusantara yang gagah dengan sentuhan warna gold dari bahan daur ulang (Liputan6.com/Patricia Vianney)

Sebagai advokat pemberdayaan perempuan, Clara memiliki visi untuk mendukung perempuan Indonesia mencapai kemandirian finansial. Melalui program-program yang ia jalankan, Clara ingin membantu perempuan agar tidak tergantung pada keluarga atau pasangan mereka. 

“Kami sangat berharap dapat membantu para wanita, terutama yang punya bisnis atau yang ingin memulai bisnis UMKM sehingga mereka bisa aman secara finansial,” jelasnya. 

Clara juga mengedepankan pentingnya mengubah mindset dan merencanakan bisnis agar perempuan dapat lebih mandiri.

Kostum Gagah Penuh Kekuatan

Clara Shafira dan Teuku Jordan Zacky
Potret Clara Shafira bersama Teuku Jordan untuk mengulas pemilihan busana kostum nasional Nusantara yang gagah dengan sentuhan warna gold dari bahan daur ulang (Liputan6.com/Patricia Vianney)

Kostum nasional bertema Guardian Angel of Nusantara yang akan dibawakan Clara di ajang Miss Universe 2024 dirancang oleh Lenny Hartono dalam waktu hanya dua minggu. Kostum ini mewakili kekayaan budaya enam provinsi di Indonesia, menampilkan motif batik khas Betawi serta elemen unik dari Papua, Baduy, dan Nusa Tenggara. 

“Kostum Nusantara ini terdiri dari enam provinsi, termasuk simbol burung garuda yang menambah kesan gagah,” ungkap Teuku Jordan Zacky, Direktur Nasional Miss Universe Indonesia.

Selain itu, kostum ini menggambarkan burung garuda dengan sentuhan warna emas yang mencuri perhatian dan terbuat dari material daur ulang. 

Bertekad Menjadi Guardian Angel of Nusantara

Clara Shafira
Potret Clara Shafira pamerkan busana kostum nasional Nusantara yang gagah dengan sentuhan warna gold dari bahan daur ulang (Liputan6.com/Patricia Vianney)

Clara Shafira menggunakan kostum dengan burung garuda sebagai simbol kegagahan dan kekuatan. Melalui kostum tersebut, ia ingin menunjukkan kepada dunia betapa kuatnya perempuan Indonesia.

"Saya ingin menunjukkan bahwa kita sebagai perempuan Indonesia, kita emas, kita kuat, dan kita harus menginspirasi serta melindungi mereka yang membutuhkan," ujar Clara.

Dengan visi tersebut, Clara berharap dapat menjadi Guardian Angel of Nusantara bagi banyak anak perempuan di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya