6 Film Bermuatan Amnesia yang Menarik Perhatian

Apa saja film bermuatan amnesia yang sempat menarik perhatian sejak dua dekade ini?

oleh Rully Riantrisnanto diperbarui 13 Sep 2013, 17:00 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2013, 17:00 WIB
movie-130913b.jpg
Membuat konsep karakter di dalam sebuah film memang tidaklah mudah. Terutama dalam mengembangkan latar belakang sang tokoh utama. Dari beberapa film yang ada, para penulis naskah justru membuat konsep dimana karakter utamanya tidak memiliki ingatan alias amnesia.

Judul-judul film dengan format amnesia memang cukup seru untuk diikuti. Dikarenakan, penonton pun diajak untuk bisa terus memantau dalam mengikuti penggalian masa lalu maupun jati diri dari sang tokoh utama.

Lantas, apa saja film bermuatan amnesia yang sempat menarik perhatian sejak dua dekade ini? Berikut daftar judulnya.

oblivion-130913b.jpg

Dark City (1998)
Film yang disutradarai oleh Alex Proyas ini, bercerita tentang John Murdoch (Rufus Sewell) yang hidup di sebuah kota dimana tidak ada siang hari di dalamnya. Awalnya, John mengalami amnesia setelah terbangun di kamar mandi sebuah hotel.

Seolah dijebak dalam rangkaian pembunuhan sembari dikejar-kejar beberapa orang aneh, ia pun menyadari bahwa ada hal janggal di kota yang selalu malam itu. John pun memecahkan sendiri hal-hal misterius yang menyelimuti kota tempatnya tinggal itu.

moon-130913b.jpg

The Bourne Identity (2002)
Dimainkan oleh Matt Damon, Bourne yang merupakan seorang agen sekaligus pembunuh dari CIA, berasal dari karakter di dalam novel karangan Robert Ludlum dengan judul yang sama.

Di awal cerita, Bourne mengalami hilang ingatan secara total dan ia ditemukan mengapung di sebuah perairan dengan luka tembak di punggung. Setelah sembuh, barulah ia sadar akan kemampuannya sebagai agen meski masa lalunya masih terhapus.

jacki-chan-130913b.jpg

Memento (2000)
Diambil dari cerita pendek karangan Jonathan Nolan berjudul Memento Mori, Memento dimainkan secara baik oleh aktor Guy Pearce. Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Leonard Shelby yang kehilangan ingatan jangka panjang.

Setelah menyadari bahwa istrinya dibunuh oleh seseorang, akhirnya Leonard pun mencari tahu siapa pelakunya dengan menggunakan kamera Polaroid yang hasil fotonya digunakan sebagai pengganti daya ingatnya. Ia juga mentato tubuhnya dengan tulisan-tulisan yang bisa menjadi pengingatnya.

Format film ini cukup unik dimana akhir film diperlihatkan sejak awal dan endingnya merupakan awal dari cerita film tersebut. Christopher Nolan adalah sosok sutradara yang berhasil membawa Memento ke dalam format alur mundur secara menarik.

memento-2000-130913b.jpg

Who Am I? (1998)
Diperankan oleh Jackie Chan, Who Am I? merupakan film laga komedi yang sempat menghebohkan dunia perfilman. Bertempat di Afrika Selatan, film ini berkisah mengenai seorang pria yang kehilangan ingatan setelah tempat bekerjanya disergap serombongan pasukan khusus. Terbangun di sebuah desa, akhirnya ia pun menamai dirinya Who Am I? dan terlibat kembali oleh konspirasi agen CIA setelah kembali ke kota.

the-bourne-identity-130913b.jpg

Moon (2009)
Dibintangi oleh Sam Rockwell, Moon berkisah mengenai seorang astronot bernama Sam Bell yang kehidupan sehari-harinya berada di markas pertambangan di bulan. Saat hendak kembali ke bumi, Sam malah mengalami insiden yang membuatnya hilang ingatan hingga dibawa kembali ke markas.

Anehnya, tak lama setelah itu, ia menemukan kloning yang sangat identik dengan dirinya. Sam pun menyadari bahwa selama ini dirinya memang tidak diizinkan untuk kembali ke bumi. Ia pun memecahkan misteri kloning dirinya yang selalu membuatnya resah.

dark-city-130913b.jpg

Oblivion (2013)
Aktor Tom Cruise memperlihatkan sisi lain aktingnya saat kehilangan ingatan di film Oblivion yang berjenis fiksi ilmiah dengan setting kehancuran bumi ini. Diarahkan oleh Joseph Kosinski, Oblivion menyuguhkan karakter bernama Jack Harper, seorang ahli reparasi pesawat tanpa awak yang menetap di bumi. Dikisahkan, bumi nyaris hancur karena peperangan manusia dengan alien. Ternyata, ingatan Jack dihapus 5 tahun sebelumnya karena alasan keamanan.(Rul)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya