Indah Dewi Pertiwi Jadi Tamu Kehormatan Sultan Cirebon

Indah memang memiliki semangat untuk melestarikan budaya kerajaan yang ada di Indonesia.

oleh Aditia Saputra diperbarui 01 Des 2013, 15:45 WIB
Diterbitkan 01 Des 2013, 15:45 WIB
idp-131201b.jpg
Penyanyi Indah Dewi Pertiwi merasa beruntung bisa dekat dengan beberapa anggota Kerajaan yang ada di Indonesia. Setelah sempat menerima gelar dari Kerajaan Raja Ampat, Gowa dan Kutai, kini Indah didaulat untuk jadi tamu kehormatan Kesultanan Cirebon.

"Pertama-tama saya haturkan terima kasih kepada duta pariwisata kita, IDP, Indah Dewi Pertiwi, yang telah hadir dalam rangka acara gelar cipta seni keraton se-nusantara," ujar Sultan Cirebon, Sultan Sepuh XIV, Adipati Arief Natadiningrat saat ditemui di  Kesultanan Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (30/11/2013).

Indah sendiri merasa tersanjung bisa menjadi tamu kehormatan dan bertemu dengan para sultan dan raja.

"Ini kehormatan buat aku, karena bisa ikut serta dalam ajang ini. Aku anak bangsa yang ingin selalu angkat budaya indonesia dan memperkenalkan ke masyarakat. Mudah-mudahan ke depan, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mau aware lagi dengan budayanya, dan terinspirasi oleh apa yang aku lakukan," ujar Indah.

Sultan sendiri dengan kehadiran Indah Dewi Pertiwi bisa lebih mengangkat dan memperkenalkan mengenai Kesultanan Kasepuhan Cirebon.

"Di negara kita tersebar adat seni yang begitu beragam. Tapi kalau di tv kebanyakan Jakarta saja. Sebenarnya banyak kearifan lokal yang bisa diangkat. Dengan kehadiran IDP, kami harap bisa mengangkat kesenian daerah, termasuk di Cirebon ini," ujar Sultan Cirebon.

Beberapa Kerajaan dan Kesultanan ikut hadir dalam acara yang bertajuk Gelar Cipta Seni Keraton Nusantara 2013.

Ke-20 keraton yang ikut berpartisipasi adalah Kesultanan Kasepuhan Cirebon, Puri Agung Denpasar, Kesunanan Surakarta, Kesultanan Deli, Kesultanan Kutai, Kesultanan Yogyakarta, Kesultanan Ternate, Kesultanan Bima, Puro Pakualaman, Kesultanan Gowa, Kesultanan Tidore, Puri Agung Klungkung, Kesultanan Banten, Kesultanan Asahan, Kesultanan Pagaruyung, Kesultanan Kanoman Cirebon, Keraton Sumedang Larang, Kesultanan Langkat, Keraton Kacirebonan, dan Puro Mangkunegaran.

Gelar Cipta Seni Keraton Nusantara memiliki tiga agenda, di antaranya pembukaan yang digelar di Keraton Kasepuhan, Panggung Budaya di Panggung Budaya The Radiant Patapan, Beber, Kabupaten Cirebon, serta Sarasehan yang digelar di Keraton Kasepuhan.(Adt)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya