10 Anggota Satpol PP di Tulungagung Positif Covid-19

Asal penularan COVID-19 di kantornya dari keluarga petugas Satpol PP. Yaitu ada istri salah seorang yang baru dari luar kota.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Mar 2021, 10:15 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2021, 10:15 WIB
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Liputan6.com, Surabaya - Sepuluh anggota Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga harus menjalani isolasi di Rusunawa IAIN Tulungagung.

"Iya benar. Semua anggota yang terpapar sudah diisolasi di Rusunawa IAIN selama proses pemulihan," kata Kasatpol PP Tulungagung Wahiyd Masrur, di Tulungagung, Senin, 15 Maret 2021.

Kendati sudah ada sepuluh anggotanya yang terpapar COVID-19, kantor Satpol PP Tulungagung tak otomatis dilakukan pengosongan atau lockdown dengan alasan para anggota yang terpapar semua tak bergejala dan sudah ada pembatasan, dilansir dari Antara.

Aktivitas harian di kantor satpol PP berjalan seperti biasa. Demikian juga dengan kegiatan lapangan, seperti operasi yustisi, operasi jam malam maupun fungsi petugas pemadam kebakaran.

Kinerja instansi penegak perda ini berjalan normal. "Ini yang terpapar semua pegawai sekretariat. Untuk pegawai lapangan semua negatif," katanya.

Untuk memutus penularan COVID-19 di kantor Satpol PP, ia sudah menginstruksikan seluruh anggotanya untuk melakukan tes usap antigen. Selain itu seluruh ruangan sudah disterilisasi dengan disinfektan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini


Dari Klaster Keluarga

Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Wahiyd menyebut asal penularan COVID-19 di kantornya dari keluarga petugas Satpol PP. “Ada istrinya yang baru dari luar kota pulang lalu menularkan pada anggota saya,” ujarnya.

Untuk pencegahan, kantor Satpol PP yang berada di depan kompleks Pendapa Kabupaten Tulungagung disemprot disinfektan sejak Sabtu (13/3).

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung Kasil Rohkmat mengatakan tengah melakukan tracing (pelacakan) terkait asal-muasal penularan di Satpol PP.

“Kami sudah melakukan tracing, untuk yang terkonfirmasi di rusunawa," kata Kasil.

Mereka yang positif COVID-19 sudah menerima vaksinasi COVID-19 dosis pertama, dan beberapa sudah menerima vaksinasi dosis kedua.

Hasil dari penelitian ini akan dijadikan dasar evaluasi vaksin yang digunakan. Dalam vaksinasi ini dari Kementerian Kesehatan menggunakan lima jenis vaksin yang berbeda.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya