Sandiaga Ingin Indonesia Jadi Episentrum Ekowisata Dunia

Sandiaga meyakini, krisis yang terjadi akibat Covid-19 merupakan waktu yang tepat bagi seluruh pemangku kepentingan untuk menata ulang sektor tersebut.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Agu 2021, 20:51 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2021, 20:48 WIB
Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya
Foto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salaguddin Uno berupaya mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekowisata dunia. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari kerja kolosal membangkitkan sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19

"Saya mendukung ekowisata dengan konsep 3P yaitu mempertimbangkan Planet (Alam), People (Orang) dan Prosperity (Kesejahteraan)," kata Sandiaga dalam keterangannya, Sabtu (21/8/2021).

Dengan konsep 3P Ekowisata, kata Sandiaga, kita perlu merawat dan menjaga alam wisata, kemudian dikelola sesuai dengan budaya dan keinginan masyarakat atau wisatawan yang akan menikmati tempat wisatanya dan tetap memperhatikan nilai-nilai ekonomis dari tempat wisata tersebut.

"Dengan konsep tersebut diharapkan semakin dilestarikan tempat wisata maka semakin mensejahterakan," ujar Sandi.

Sandiaga meyakini, krisis yang terjadi akibat pandemi Covid-19 merupakan waktu yang tepat bagi seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah lokal, NGO dan komunitas untuk menata ulang sektor tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Prospek ke Depan

"Kita bermimpi Indonesia jadi episentrum, menjadi kawah candradimuka, sekaligus jadi referensi pusat ecotourism dunia dan saatnya kita bangkit menang dari COVID," kata Sandiaga.

Dia berharap generasi muda Indonesia memahami bahwa apabila lingkungan terjaga akan menjadi aset terbaik bagi pariwisata Indonesia.

"Kita ketahui ekowisata ini memiliki prospek ke depan, dimana sajian destinasi dan atraksi wisata akan mengarah kepada konsep Nature, Eco, Wellness, dan Adventure (NEWA). Kita harapkan pasca pandemi nanti, keterlibatan wisatawan akan banyak berkegiatan di alam terbuka (outdoor), agar menumbuhkan kepedulian dan kesadaran akan kelestarian lingkungan saat berwisata," ujar Sandiaga.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya