Pentingnya Penguasaan Sofware Pendukung Statistik untuk Riset Guru

Maemunah menyatakan, smartphone saat ini bisa membantu guru-guru dan siswa dalam pembelajaran matematika dan statistika, khususnya untuk mengecek hasil perhitungan dengan mudah, cepat dan akurat.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Jul 2022, 13:46 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2022, 04:33 WIB
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Ubhara Jaya, Unisma 45 Bekasi dan UM Magelang secara online ke guru SMAN 14 Bekasi. (Ist)
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Ubhara Jaya, Unisma 45 Bekasi dan UM Magelang secara online ke guru SMAN 14 Bekasi. (Ist)

 

Liputan6.com, Jakarta - Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Universitas Islam 45 Bekasi dan Universitas Muhammadiyah Magelang menyasar guru SMA Negeri 14 Bekasi, pada Kamis (21/7/2022).

Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Herlawati yang menjadi salah satu pengisi acara yang digelar daring tersebut, berharap kedepannya para guru SMA Negeri 14 Bekasi tidak hanya memanfaatkan software statistik sederhana seperti Microsoft Excel untuk pengolahan data, melainkan juga software statistik lainnya seperti Matlab mobile.

"Hasil kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada Guru SMA Negeri 14 terkait pengoptimalan smartphone dan software statistik yang dapat mendukung pengolahan data dan membantu proses pembelajaran,” ujar Herla, Sabtu (23/7/2022).

Pada kegiatan tersebut, Herlawati bersama beberapa dosen lainnya seperti Malikus Sumadyo, Seta Samsiana dan Anita Setyowati yang merupakan dosen dari Universitas Islam 45 Bekasi, memberikan pengantar tentang aplikasi excel dalam pengolahan data statistik.

Materi selanjutnya lebih mengarah kepada praktik secara langsung tentang pemanfaatan Matlab mobile untuk pembelajaran matematika dan statistika yang disampaikan Maimunah dan beberapa dosen sarjana komputer lainnya, seperti Rahmadya Trias Handayanto, dan Prima Dina Atika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mudahkan Penghitungan

Dalam pemaparannya, Maimunah yang merupakan dosen dari Universitas Muhammadiyah Magelang menjelaskan, smartphone saat ini bisa membantu guru-guru dan siswa dalam pembelajaran matematika dan statistika, khususnya untuk mengecek hasil perhitungan dengan mudah, cepat dan akurat.

Jadi kolaborasi antara Microsoft Office yang sudah ada di smartphone dengan beberapa aplikasi via playstore, guru-guru dan siswa bisa mencari dan mendapatkan informasi hasil perhitungan dengan mudah dan cepat.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya