Ribuan Kenari Red Varian Adu Kecantikan di Sidoarjo

Menurutnya, ada beberapa jenis yang dilombakan. Kenari Merlok (merah lokal) polos, Kenari Merlok bon, enari black red, knari red mosaic, dan kenari merlok flex.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 12 Des 2022, 16:13 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 16:13 WIB
Peserta adu kecantikan burung Kenari di GOR TNI AL di Juanda, Sidoarjo. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Peserta adu kecantikan burung Kenari di GOR TNI AL di Juanda, Sidoarjo. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Ribuan burung Kenari Red Varian beradu kecantikan di GOR TNI AL di Juanda, Sidoarjo. Kontes tahunan ini diikuti sekira 500 peserta dari berbagai penjuru Indonesia, yaitu Bandung, Jawa Tengah, Jakarta, Jawa Timur, dan sejumlah daerah lain.

“Total ada 186 peserta yang membawa minimal 3 ekor burung yang ikut dalam kontes kecantikan burung kenari Parental V (Parade Red Variant Local ke-5) kali ini,” ujar panitia penyelenggara, Abdul Munif, Senin (12/12/2022).

Menurutnya, ada beberapa jenis yang dilombakan. Kenari Merlok (merah lokal) polos, Kenari Merlok bon, enari black red, knari red mosaic, dan kenari merlok flex.

“Dan ada tambahan dua kelas pada momen kali ini. Yakni kenari hijau dan kenari starblue,” lanjutnya.

Dalam penjuriannya, karena ini kontes kecantikan, yang dinilai bukan suara burung. Tapi lebih pada keindahan burung atau beauty-nya. Plus penilaian tentang kesehatan dan postur burung.

“Ini acara tahunan yang lebih mengutamakan silaturrahmi untuk mewadahi para pecinta red variant di seluruh Indonesia. Harapannya, varian ini semakin banyak peminatnya,” kata dia.

Sejumlah peserta memang mengaku sengaja datang dan ikut kontes untuk bersilaturahmi dengan sesama pecinta red varian.

Seperti yang dikatakan Megawati Sugianto, pecinta kenari asal Batu. Meski tidak juara, dia mengaku senang bisa ikut kontes.

“Bisa silaturrahmi, kemudian sharing dengan teman-teman. Terutama dengan juaranya. Tentang bagaimana merawat burung, dan sebagainya,” kata Cece Mega, panggilan Megawati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyak Manfaat

Dia menyebut, sebagai pecinta burung banyak manfaat yang bisa didapat dengan ikut acara seperti ini. Seperti mengetahui kekurangan burung, memperluas komunitas, dan sebagainya.

"Kita jadi tahu, di luar banyak yang lebih bagus. Agar kita tidak cuma sibuk di lingkungan komunitas sendiri saja. Dengan begini tahu sampai kelas nasional,” urainya.

Dia mencontohkan, burung yang diikutkannya dalam kontes kali ini ternyata secara warna sudah bagus. Namun karena usianya kurang, jadi posturnya juga belum ideal.

“Ini kali ketiga saya ikut. Senang, bisa nambah wawasan tentang perawatan burung. Sekaligus banyak nambah teman sesama pecinta red varian,” ujarnya.

Infografis Kode Pemimpin Rambut Putih ala Jokowi
Infografis Kode Pemimpin Rambut Putih ala Jokowi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya