Jadi Caketum, Erick Thohir Diyakini Dapat Membenahi dan Jadikan PSSI Lebih Baik

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang bersih dan membawa harapan baru bagi pembenahan sepakbola tanah air.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 15 Feb 2023, 10:47 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 10:40 WIB
Didampingi Sultan Milenial, Erick Thohir Resmi Daftar Jadi Calon Ketua Umum PSSI
Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Kaesang Pangarep, Baim Wong saat mengembalikan formulir pendaftaran calon Ketua Umum PSSI di Gedung GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1/2023). Erick Thohir bakal maju dalam bursa calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang bersih dan membawa harapan baru bagi pembenahan sepakbola tanah air.

Itu sebabnya, nama Erick menjadi yang paling banyak diperbincangkan di media sosial sebagai calon Ketua Umum PSSI 2024 -2027 dibandingkan dengan kandidat lain.

Hal itu terungkap dalam pantauan pembicaraan di media sosial yang dilakukan oleh MediaWave, platform monitoring dan analisis media media sosial Indonesia.

General Manager Analyst of Mediawave Nadia Shabilla mengatakan, pembicaraan terkait pencalonan Erick Thohir didominasi kata kunci seperti 'kemajuan', 'harapan', 'dukungan’ dan ‘bersih’.

Itu menjadi indikator Erick Thohir dinilai memberi harapan terhadap kemajuan sepak bola di Indonesia.

“Erick diyakini dapat membenahi dan membersihkan PSSI menjadi lembaga yang lebih baik,” kata Nadia.

Seperti diketahui, ada 5 nama yang telah diumumkan sebagai calon Ketua Umum PSSI. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemy Francis.

Pantauan MediaWave, kata Nadia, dari 16.299 percakapan tentang kandidat Ketua Umum PSSI, 73.57% di antaranya (11.940) membicarakan Erick. Di bawah Erick, ada nama La Nyalla Matalliti yang mendapat 18.80% atau 3.051 percakapan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Faktor Pendorong

Lalu, Doni Setiabudi sebesar 4.29% (696), diikuti Arif Putra Wicaksono sebesar 3.19% atau sebanyak 518 percakapan. Terakhir, Fary Djemy Francis mendulang 0.15% atau sebanyak 24 percakapan.

Menurut Nadia, ada sejumlah faktor yang mendorong melambungnya nama Erick Thohir sebagai calon Ketua Umum PSSI. Diantaranya, adanya deklarasi dukungan dari sejumlah pihak mulai dari kelompok gerakan anak muda B.E.D.A yang digagas oleh Tsamara Amany dan Pangeran Siahaan, kalangan selebritas seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, hingga keluarga Presiden Jokowi seperti Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming.

Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno
Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya