Longsor Terjang 3 Rumah di Jember, Jalan Desa Tidak Bisa Dilalui

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mendata, tiga rumah warga di Desa Kemuning Lor Jember, terdampak longsor setelah kawasan itu diguyur hujan lebat, pada Kamis (2/3/2023) Sore.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 03 Mar 2023, 22:03 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 22:03 WIB
Iluatrasi Tanah Longsor di Jember (Istimewa)
Iluatrasi Tanah Longsor di Jember (Istimewa)

Liputan6.com, Jember - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mendata, tiga rumah warga di Desa Kemuning Lor Jember, terdampak longsor setelah kawasan itu diguyur hujan lebat, pada Kamis (2/3/2023) Sore.

Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor tersebut. Namun material longsoran tanah menimbun rumah.

Kata Heru, ada dua lokasi yang terdampak tanah longsor di Desa Kemuning Lor, yaitu lokasi yang pertama menyebabkan akses jalan menuju obyek wisata Rembangan tidak bisa dilalui dan lokasi lainya material longsor menimpa rumah warga.

“Longsoran tanah beserta material batu menimpa rumah warga yakni milik Sukawar, Jajang Andriana dan Rosit, Sehingga petugas gabungan juga membersihkan rumah warga itu,” tambahnya.

Selain itu, longsoran berupa material tanah  dan batu dengan lebar 25 meter dan tinggi 10 meter juga terjadi di Desa Mulyorejo Kecamatan Silo yang menyebabkan akses jalan antardesa di Desa Harjomulyo dengan Desa Mulyorejo tidak bisa dilalui.

Tidak hanya tanah longsor, banjir luapan juga menerjang sejumlah desa dan kelurahan di Jember. Yaitu Kelurahan Jember Kidul, di Kecamatan Kaliwates, Salah satunya rumah pribadi Bupati Jember Hendy Siswanto.

“Di Kelurahan Jember Kidul, puluhan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian 50 hingga 120 cm, sehingga petugas langsung mengevakuasi ke tempat yang aman,”paparnya


Tingkatkan Kewaspadaan Cuaca Ektrem

BPBD Jember, mengimbau kepada warga untuk tetap meingkatkan kewaspadaan, terhadap bahaya cuaca ektrem yang masih terjadi di wilayah jember dan sekitarnya.

“Masyarakat tetap waspada terhadap  bencana tanah longsor, angin putting beliung dan bencana banjir. Karena cuaca di Jember masih cukup ekstrem,”pungkasnya

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya