Zainuddin Amali Resmi Mundur sebagai Menpora, Sudah Serahkan Surat ke Jokowi

Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) usai dirinya bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tadi pagi.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 13 Mar 2023, 16:45 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2023, 16:40 WIB
Zainudin Amali bersama Erick Thohir dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Gelora Bung Tomo Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Zainudin Amali bersama Erick Thohir dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Gelora Bung Tomo Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) usai dirinya bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tadi pagi.

"Beberapa hari lalu saya sudah menyampaikan surat pengudnuran diri, Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara) saya janjikan hari Senin ketemu pak Jokowi," ujarnya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin (13/3/2023).

"Tadi pagi pukul 10.30 waktu Bali (WITA) saya sudah ketemu dengan pak Presiden, saya sampaikan surat secara tertulis kemudian beliau sampaikan sudah menerima itu dan saya diizinkan untuk mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga per hari ini," imbuh Zainudin Amali.

Zainudin mengaku dirinya akan fokus mengurus sepak bola Indonesia. Dia akan berada di struktur kepengurusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai wakil ketua PSSI.

"Karena sesuai yang saya sampaikan, saya akan konsentrasi fokus urus PSSI bersama dengan Erick Thohir dan pengurus lainnya dan secara umum fokus dan konsentrasi untuk mengurus sepak bola," ucapnya.

Zainuddin menegaskan, terkait dengan siapa yang akan menjadi penggantinya sebagai Menpora, hal itu akan disampaikan Presiden Jokowi. Dia juga telah diminta Presiden Jokowi untuk tetap ada di lingkungannya olahraga.

"Pak presiden menyampaikan, saya tetap ada di lingkungan olahraga, memberi perhatian di olahraga, itu pasti lah karena passion saya ada di olahraga, pasti saya gak akan kemana-mana," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tunjuk Menko PMK sebagai Plt

Zainudin Amali
Zainudin Amali telah resmi mengundurkan diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Hal tersebut dijelaskan Zainudin saat melakukan kunjungan ke Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (13/1/2023) siang WIB. (Bola.com/Wahyu Pratama)

Presiden Joko Widodo telah menyetujui pengunduran diri Menpora Zainuddin Amali. Jokowi menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas (plt).

"Sekarang sudah diplt-kan, plt-nya pak Menko PMK," ujar Jokowi di Bali, Senin (13/3).

Jokowi telah menyetujui pengunduran diri Amali pagi ini. Ia juga telah bertemu dengan Amali membahas surat pengunduran dirinya.

"Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduruan dirinya sudah disampaikan di setneg dan saya tadi sudah menyetujui," ujar Jokowi.

Sementara untuk pengganti Amali, Jokowi masih belum mau mengungkapkan siapa penggantinya. Ia akan segera memutuskan

Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI
Infografis Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya