Cegah Kecurangan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran, Satgas Pangan Banyuwangi Sidak Pasar

Aparat Polresta Banyuwangi melakukan sidak pasar, di sejumlah pasa tradisional.Operasi ini dilakukan dalam rangka pemantauan stok bahan pokok dan mengantisipasi kecurangan jelang lebaran 2023.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 12 Apr 2023, 18:13 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2023, 18:13 WIB
Polresta Banyuwangi pantau harga kebutuhan pokok di Pasar Induk Banyuwangi (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Polresta Banyuwangi pantau harga kebutuhan pokok di Pasar Induk Banyuwangi (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi - Tim Satgas Pangan bentukan Polresta Banyuwangi melakukan sidak sejumlah pasar tradisional untuk memastikan stok bahan pokok dan mengantisipasi kecurangan jelang lebaran 2023.

Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menyatakan, sidak pasar akan dilakukan menyeluruh ke semua pasar di Banyuwangi. Pemantauan stok dan harga pangan telah dilaksanakan oleh personel Polsek Banyuwangi. 

"Bahan pangan seperti beras, minyak goreng, telur, gula, dan sayur-mayur masih tersedia. Untuk harganya terpantau relatif stabil," ujarnya, Rabu (12/4/2023).

Polisi mengimbau warga tidak membeli secara ugal-ugalan atau dengan cara memborong secara berlebihan. Agar tidak terjadi panic buying.

Kepala Bulog Banyuwangi Harisun menjamin stok pangan di Bnayuwangi menjelang Hari Raya Idul Fitri ini sangat mencukupi.

Bulog Banyuwangi menyiagakan pasokan sembako untuk memenuhi kebutuhan lebaran 2023. Sedikitnya ada 150 ton gula putih dan 120 ribu liter minyak goreng. 

"Sembako aman. Masyarakat tidak perlu khawatir," katanya.

Beras juga dipastikan aman, pasokannya melimpah cukup untuk beberapa bulan ke depan. Mendatang, Banyuwangi juga memasuki musim panen raya padi. 

Bulog bersama pemkab Banyuwangi juga berencana mengadakan operasi pasar murah. Tujuannya, membuat harga tetap stabil. Pasar murah ini menjual beras premium kemasan 5 kg seharga Rp 56 ribu. Beras medium ukuran 5 kilogram, seharga Rp 45 ribu. Sedangkan gula pasir dibandrol seharga Rp13 ribu per kilogram. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gelar Operasi Pasar

"Operasi pasar kita gelar di sejumlah titik. Tujuannya, menjaga harga menjelang lebaran," ujar Harisun.

Selain itu, pasar murah juga menjual berbagai kebutuhan rumah tangga selama Lebaran. Seperti sirup, mie instan, hingga aneka kue lebaran. Barang-barang tersebut dijual dengan harga khusus, di bawah harga pasar.

"Kami bekerjasama dengan ritel dan toko modern. Mereka menjualnya dengan harga terendah (diskon) yang berlaku di tokonya. Makanya murah," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Banyuwangi, Nanin Octaviantie.

 

 

Infografis Misi KPK Memiskinkan Rafael Alun
Infografis Misi KPK Memiskinkan Rafael Alun (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya