Bebas dari Lapas Sukamiskin, Anas Urbaningrum Janji Tidak Bangun Permusuhan

Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyatakan, dirinya tidak akan menimbulkan permusuhan setelah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 12 Apr 2023, 10:21 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2023, 10:19 WIB
Anas Urbaningrum
Anas Urbaningrum saat menyampaikan pidatonya usai bebas di halaman Lapas Sukamiskin Bandung, Selasa (11/4/2023). Arya Prakasa/Liputan6.com

Liputan6.com, Bandung - Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyatakan, dirinya tidak akan menimbulkan permusuhan setelah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung. 

Anas mengatakan bahwa permusuhan tidak ada dalam kamus hidupnya. Oleh karena itu, dia akan memperjuangkan keadilan dan bukan pertentangan. 

"Andai dalam perjuangan itu ada yang merasa termusuhi, itu konsekuensi perjalanan keadilan, sikap saya sikap persahabatan," katanya, Selasa 11 April 2023.

Dalam tradisi aktivis, kata Anas, kompetisi merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, para aktivis hanya ingin berkompetisi dalam ajang yang jujur, objektif, dan terbuka. 

"Buat saya pertandingan itu dalam demokrasi adalah jujur, fair, terbuka, dan objektif, pertandingan jujur tidak boleh pakai teknik nabok nyilih tangan," kata Anas. 

Kepala Lapas Sukamiskin Kunrat Kasmiri mengatakan bahwa Anas Urbaningrum masih berstatus cuti menjelang bebas atau belum bebas murni. 

Menurut dia, total hukuman bagi Anas adalah sekitar 8 tahun dan denda Rp500 juta. Akan tetapi, denda tersebut tidak dibayar oleh Anas sehingga ada hukumah subsider yang perlu dijalani. 

"Pak Anas masih perlu lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung. Mulai dari sekarang sampai 3 bulan ke depan (harus wajib lapor)," kata Kunrat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Respons Demokrat

Anas Urbaningrum Jalani Sidang Perdana Pengajuan Peninjauan Kembali
Mantan politisi Partai Demokrat, Anas Urbaningrum jelang mengikuti sidang perdana pengajuan Peninjauan Kembali (PK) kasus korupsi dan pencucian uang proyek P3SON Hambalang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (24/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Juru Bicara DPP Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menyatakan saat ini Anas Urbaningrum tak ada kaitan lagi dengan partainya. 

"Tidak ada kaitannya dengan kami,” kata Herzaky di Jakarta, Selasa, (11/4/2023).

Herzaky mengatakan saat ini partainya tengah fokus keliling Indonesia dan berbagi di bulan Ramadhan.

“Kami sedang fokus buat kegiatan berbagi di bulan ramadhan di seluruh Indonesia. Baik dilakukan oleh pengurus, anggota Dewan, maupun kader. Di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Berbagi untuk rakyat yang membutuhkan di daerah-daerah. Termasuk yang dilakukan langsung oleh Ketum AHY,” kata Herzaky. 

Sebelumnya, Kepala Bappilu DPP Demokrat, Andi Arief menyampaikan selamat pada eks kader Demokrat, Anas Urbaningrum yang menghirup udara bebas hari ini.

“Di bulan baik ini saya menyampaikan ucapan selamat menghirup udara bebas pada AU. Mulailah hidup baru, hidup yang lebih baik,” kata Andi pada wartawan, Selasa (11/4/2023).

Infografis Pidato Anas Urbaningrum di Hadapan Loyalis Usai Bebas dari Penjara. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pidato Anas Urbaningrum di Hadapan Loyalis Usai Bebas dari Penjara. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya