Polres Malang Siapkan 23 Lokasi Titip Kendaraan Gratis untuk Warga Mudik, Bisa di Polsek atau Polres

Warga Kabupaten Malang selama mudik lebaran bisa titip kendaraan di kantor Polsek terdekat tanpa dipungut biaya.

oleh Zainul Arifin diperbarui 18 Apr 2023, 16:06 WIB
Diterbitkan 18 Apr 2023, 16:06 WIB
Warga Malang Bisa Titip Kendaraan di Kantor Polisi Saat Mudik Lebaran
Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana saat Apel Pasukan Gelar Operasi Ketupat Semeru 2023 di Mapolres Malang pada Senin, 17 April 2023 (Humas Polres Malang) 

Liputan6.com, Malang - Warga Kabupaten Malang yang mudik lebaran dapat menitipkan kendaraannya di kantor polisi terdekat. Ada 32 lokasi penitipan yang disediakan agar warga dapat merayakan Idul Fitri 1444 H dengan lebih tenang.

Kepala Polres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, mengatakan, fasilitas penitipan kendaraan bagi warga yang mudik lebaran Idul Fitri 1444 H di kantor polisi demi memberikan jaminan rasa aman. Sehingga warga tak perlu khawatir kendaraannya bakal jadi sasaran kejahatan.

“Fasilitas penitipan kendaraan itu gratis, tidak dipungut biaya,” kata Kholis, kemarin.

Sebanyak 32 lokasi penitipan kendaraan itu yakni di Mapolres Malang, Pos Pantau Karanglo Singosari serta 30 kantor Polsek yang berada di wilayah Kabupaten Malang. Kepolisian tidak menerapkan syarat khusus terhadap warga yang hendak menitipkan kendaraannya.

Penitip kendaraan hanya diminta menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan dan kartu identitas. Bukti itu kemudian akan dicatat oleh petugas sekaligus didokumentasikan ketika pemilik menitipkan kendaraannya baik itu roda dua maupun roda empat.

Kholis menambahkan, selama ketersediaan tempat di tiap lokasi mencukupi maka siapapun boleh menitipkan kendaraannya. Tempat parkir yang disiapkan pun nyaman dan cukup melindungi kendaraan dari terik matahari maupun hujan.

“Warga dapat mudik dengan tenang tanpa rasa khawatir terhadap kendaraan miliknya,” ujarnya.

Penyediaan fasilitas penitipan kendaraan itu, lanjut Kholis, sebagai langkah antisipasi terhadap aksi kejahatan. Khususnya aksi pencurian kendaraan yang bisa saja terjadi saat warga Malang sedang mudik maupun berlibur di momen Idulfitri 1444 H.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengamanan Lebaran

Sedangkan untuk pengamanan lebaran di Kabupaten Malang, kepolisian secara keseluruhan menyiagakan 1.500 personel. Namun ada 600 personel di antaranya dibantu personel TNI dan petugas Pemkab Malang yang diterjunkan ke lapangan selama Operasi Ketupat Semeru 2023.

Personel gabungan ditugaskan di 12 Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan yang tersebar di sejumlah lokasi. Pos itu meliputi satu Pos Pelayanan di Karanglo, tiga Pos Pantau yakni di Kebonagung, Kendalpayak dan Karangkates.

Kemudian Pos Pengamanan di Lawang, Kepuharjo, Karangploso, Pakis, Tumpang, Kepanjen, Slorok, Kromengan. Personel gabungan juga diterjunkan di sejumlah titik – titik srategis lainnya termasuk patroli secara berkala.

“Ada penambahan jumlah pos disbanding tahun lalu hanya delapan sekarang 12 pos. Mudah-mudahan lebaran berjalan nyaman dan aman bagi masyarakat,” kata Putu Kholis Aryana.

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya