Kejaksaan Kota Batu Musnahkan Narkoba Pakai Alat Penghancur Sampah TPA Tlekung

Pemusnahan barang bukti narkoba oleh Kejari Kota Batu di TPA Tlekung itu agar tidak terjadi polusi udara ke permukiman warga

oleh Zainul Arifin diperbarui 19 Jul 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 22:00 WIB
Kejaksaan Musnahkan BB Narkoba Pakai Alat Penghancur Sampah TPA Tlekung Kota Batu
Kejaksaan memusnahkan barang bukti narkoba dan perkara pidana umum lainnya yang sudah berkekuatan hukum tetap menggunakan alat penghancur sampah dan mesin pirolis di TPA Tlekung, Junrejo, Kota Batu pada Selasa 18 Juli 2023 (Foto : Kominfo Kota Batu)

Liputan6.com, Kota Batu - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu memusnahkan barang bukti perkara pidana umum yang mayoritas adalah narkoba menggunakan alat penghancur sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung.

Kepala Kejari Kota Batu, Agus Rujito mengatakan pemusnahan barang bukti narkoba seperti sabu, ganja, pil koplo dan lainnya di TPA Tlekung demi menghindari polusi udara yang berpotensi mengancam warga di lingkungan permukiman.

“Dimusnahkan di TPA ini karena ada alat penghancur sampah canggih yang tentunya tidak akan menimbulkan dampak polusi udara di sekitar lokasi pemusnahan,” kata dia, Selasa 18 Juli 2023.

Pemusnahan itu menggunakan mesin pirolisis yang dapat mengurangi sampah dengan emisi minimal. Mesin tersebut bisa mencapai temperatur 800 celsius, sehingga sampah dari bahan berbahaya dan beracun (B3) seperti narkotika dapat dihancurkan dengan aman.

Barang bukti yang dimusnahkan itu terdiri dari 119,66 gram sabu-sabu, 1.0495 gram ganja, berbagai jenis pil koplo seperti 13.737 butir pil dobel L, 771 butir pil T, 3.000 butir pil Y. Termasuk 27 botol minuman keras, 30 telepon genggam serta 4 buah senjata tajam.

Seluruh barang bukti itu berasal dari penanganan 79 perkara pidana umum yang sudah berkekuatan hukum tetap selama periode Juni 2022-Juli 2023 di Kota Batu. Pemusnahan barang bukti itu agar tak ada penyalahgunaan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

“Mengantisipasi agar tak beredar kembali ke masyarakat, karena itu harus segera dimusnahkan,” ucap Agus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perang Lawan Narkoba

Agus Rujito menegaskan seluruh elemen pemerintah dan masyarakat harus terlibat bersama – sama dalam melawan kriminalitas termasuk peredaran narkoba. Pemusnahan barang bukti itu termasuk salah satu bentuk nyata perang terhadap narkotika.

“Kami berkomitmen dalam penegakan hukum dan melawan peredaran narkotika,” ujarnya.

Kota Batu sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan rentan menerima pengunjung nakal yang berpelesir dengan membawa narkoba.

“Wisatawan yang berkunjung ke kota ini jangan pernah menggunakan dan membawa narkoba,” ucap dia.

Pemusnahan barang bukti perkara tindakan pidana umum di TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo itu turut disaksikan Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Kapolres Kota Batu AKBP Oskar Syamsuddin dan unsur Forkopimda lainnya.

Infografis Artis Terjerat Kasus Narkoba
Infografis Artis Terjerat Kasus Narkoba (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya