Kejari Tuban Pelototi Proyek Jembatan Glendeng Rp 20,8 Miliar, Ada Kasus Apa?

Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban ditunjuk mendampingi dan mengawasi proyek rehabilitasi jembatan Glendeng, di Desa Simo, Kecamatan Soko, kabupaten Tuban. Langkah itu sebagai salah satu upaya untuk mencegah proyek molor atau bermasalah.

oleh Ahmad Adirin diperbarui 30 Agu 2023, 23:59 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2023, 23:59 WIB
Petugas menutup akses jembatan Glendeng Tuban karena ada perbaikan. (Istimewa)
Petugas menutup akses jembatan Glendeng Tuban karena ada perbaikan. (Istimewa)

Liputan6.com, Tuban - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban ditunjuk mendampingi dan mengawasi proyek rehabilitasi jembatan Glendeng, di Desa Simo, Kecamatan Soko, kabupaten Tuban. Langkah itu sebagai salah satu upaya untuk mencegah proyek molor atau bermasalah.

“Pengawasan jembatan Glendeng sejak awal kita masukkan ke pendampingan lewat Kejaksaan Tuban, sama ada konsultan juga. Harapannya nanti bisa dikawal bersama-sama biar tidak meleset,” kata Agung Supriyadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Pemukiman (PUPR dan PRKP) Kabupaten Tuban, Selasa (29/8/2023).

Proyek perbaikan jembatan penghubung Tuban dan Bojonegoro itu dikerjakan PT Marga Karya asal Pati Jawa Tengah dengan anggaran lebih Rp 20,8 miliar bersumber APBD Tuban 2023. Dimana, target penyelesaian pekerjaan proyek itu pada akhir tahun 2023.

“Insyaallah, doakan Desember selesai,” ungkap Agung.

Pemkab Tuban menyampaikan tim bersama pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek rehabilitasi Jembatan Glendeng, Basdi, telah ke Jakarta untuk memastikan tiang pancang jembatan. Harapannya, tiang pancang itu segera bisa dipasang untuk percepatan pembangunan.

“Pak Basdi bersama rekanan sudah ke Jakarta untuk mengecek tiang pancang. Doakan Minggu ini sudah di Tuban untuk pemancangan,” harap Agung.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tuban, Armen Wijaya, menyampaikan untuk mereduksi potensi penyimpangan pelaksanaan proyek, maka kejaksaan memberikan pendampingan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) dan Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS) pada bidang Intelijen.

“Tentunya ini kita lakukan untuk pencegahan dan kolaborasi yang bertujuan bahwa pekerjaan tersebut dapat dimanfaatkan secara keseluruhan oleh masyarakat Tuban sendiri,” jelas Armen Wijaya.

 


Jalur Ditutup Total

Jembatan Glendeng yang menghubungkan Bojonegoro dengan Tuban ditutup total. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).
Jembatan Glendeng yang menghubungkan Bojonegoro dengan Tuban ditutup total. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).

Kendati demikian, Kajari Tuban menegaskan pendampingan ini dilakukan bukan memberikan keleluasaan untuk melalukan suatu perbuatan yang indikasinya dapat menimbulkan kerugian keuangan negara. Tetapi, tujuannya bagaimana meminimalisir atau mitigasi resiko terhadap pelaksanaannya.

“Selagi ada temu, kita akan melihat seperti apa yang dilakukan pendampingan PPS. Kemudian, nanti kalau ada perbuatan yang sifatnya dapat menimbulkan hal-hal permasalahan dikemudian hari akan kita evaluasi,” terang Kajari Tuban.

Sebatas diketahui, saat ini jembatan Glendeng itu ditutup total karena ada pengerjaan proyek sampai Desember 2023. Dimana, jembatan itu rusak pada bagian tiang penyangga sisi utara karena tergerus air Bengawan Solo.

Selama jembatan ditutup, arus lalu lintas baik kendaraan roda dua maupun roda empat dialihkan ke jalur alternatif. Yakni, segala kendaraan dialihkan arah Ponco, Kecamatan Parengan Tuban menuju jembatan Kaliketek, Bojonegoro.

INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak
INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya