Cak Eri Minta Caleg Berpenghasilan dari APBD Surabaya Mundur Sebelum 3 Oktober 2023

Permintaan pengunduran diri itu juga merujuk aturan di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Sep 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2023, 07:00 WIB
Program Reformasi Birokrasi Merdeka Awards 2023
“Dengan adanya reformasi birokrasi ini, maka semua pelayanan di Kota Surabaya kita lakukan dengan digitalisasi. Semua informasi dan semua yang dikerjakan sudah kita lakukan bersama masyarakat, mulai RT/RW di Surabaya bisa melihat jumlah stunting, kemiskinan, hingga pengangguran di kampungnya masing-masing,” kata Eri Cahyadi. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Surabaya - Seluruh bakal calon legislatif (Caleg) yang masih berstatus pegawai dengan sumber penghasilan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya, Jawa Timur diminta segera melayangkan surat pengunduran diri, paling lambat 3 Oktober 2023.

"Kalau jadi bakal caleg harus mengundurkan diri terakhir tanggal 3 Oktober 2023," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seusai peresmian Balai RW 7 Kelurahan Airlangga, Kecamatan Gubeng, dilansir dari Antara, Rabu (20/9/2023).

Cak Eri, sapaan akrabnya, menyebut seorang bakal caleg tidak diperbolehkan mendapatkan penghasilan dari uang negara atau dalam hal ini APBD Kota Surabaya, seperti pegawai maupun direksi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan tenaga kontrak.

"Semua pihak yang dapat apapun dari APBD Surabaya, insentif, apresiasi tidak boleh jadi bakal caleg," ucapnya.

Permintaan pengunduran diri itu juga merujuk aturan di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Dia tak menampik saat ini terdapat sejumlah tenaga kontrak yang namanya didapati sebagai bakal calon legislatif di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

"Ada lima tenaga kontrak," ucapnya.

Diketahui, tanggal 3 Oktober 2023 merupakan batas akhir pencermatan daftar calon tetap (DCT) atau satu hari sebelum berjalannya tahapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan calon sementara hasil rancangan DCT.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berlaku bagi RT hingga LPMK

pemilu-ilustrasi-131024c.jpg
Ilustrasi pemilih surat suara.

Selain itu, permintaan pengunduran diri juga berlaku bagi masyarakat yang bertindak sebagai RT, RW, maupun Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK).

Hal itu merujuk pada Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 112 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Pembinaan Rukun Tetangga, Rukun Warga, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan.

"Maka saya minta semua bakal caleg yang menerima uang dari pemerintah kota (pemkot) mundur dari jabatannya atau mundur dari sebagai bakal caleg, itu pilihan," ujarnya.

"RT, RW, LPMK sekitar empat sudah mundur," tambah Cak Eri.

Ia juga menegaskan apabila ditemukan pihak-pihak yang masih tetap melanggar maka sanksi tegas siap diberikan.

Infografis Ranking Parpol Pileg 2019
Infografis Ranking Parpol Pileg 2019 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya