Bulog Banyuwangi Kirim 16 Ribu Ton Beras Impor ke Bali, NTT dan Bondowoso

Kepala Bulog Banyuwangi Harisun mengatakan, ketiga daerah tersebut yaitu Bali, Nusa Tenggara Timur dan Bondowoso. Untuk total beras impor yang dikirim ke tiga daerah itu mencapai 16 ribu ton, dengan rincian 7.000 ton beras dikirim ke Bali, 5.500 ton dikirim ke Nusa Tenggara Timur, dan 3.500 ton ke Bondowoso.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 25 Sep 2023, 23:59 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2023, 23:59 WIB
Ilustrasi beras Bulog (Istimewa)
Ilustrasi beras Bulog (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Badan Urusan Logistik (Bulog) Banyuwangi mendistribusikan beras impor dari Vietnam dan Thailand ke tiga daerah yang mengalami devisit beras.

Kepala Bulog Banyuwangi Harisun mengatakan, ketiga daerah tersebut yaitu Bali, Nusa Tenggara Timur dan Bondowoso.

Untuk total beras impor yang dikirim ke tiga daerah itu mencapai 16 ribu ton, dengan rincian 7.000 ton beras dikirim ke Bali, 5.500 ton dikirim ke Nusa Tenggara Timur, dan 3.500 ton ke Bondowoso.

“Kita ada perintah dari pusat dalam rangka untuk stabilisasi beras untuk daerah-daerah devisit kebetulan daerah Bali dan NTT untuk penyaluran bantuan pangan ini kan stoknya terbatas, jadi kami diperintahkan pusat untuk mengirim stok ke daerah tersebut,” ujar Harisun, Senin (25/9/2023).

Menurut Harisun, tujuan dikirimkanya 16 ribu ton beras impor tersebut agar ketersediaan dan stok beras di seluruh wilayah Indonesia dalam kondisi aman dan tercukupi.

Kata Harisun, Bali, NTT dan  Bondowoso merupakan tiga daerah yang mengalami defisit beras. Sehingga pengiriman beras impor tersebut untuk pemerataan stok.

“Untuk Bondowoso sebenarnya sudah ada stok beras cuma stoknya menipis, jadi kami diperintah ke Bondowoso juga untuk dikirim,”papar Harisun.

Pengiriman beras untuk tiga daerah itu saat ini sedang berjalan. Pihaknya memang membutuhkan waktu lebih agar seluruhnya bisa terkrim sesuai kota yang ditentukan.

“Smoga pengiriman ini bisa membantu kekurangan beras yang ada di tiga wilayah itu, sehingga ada pemerataan,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bulog Banyuwangi Terima Lima Kali kiriman Beras Impor

Khofifah saat meninjau stok beras di gudang Bulog Sidoarjo. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Khofifah saat meninjau stok beras di gudang Bulog Sidoarjo. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Hingga saat ini, Bulog Banyuwangi telah menerima lima kali kiriman beras impor yang datang via Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi.

“Dari lima kali kiriman itu, total beras impor yang diterima berjumlah 24,6 ribu ton,”kata Harisun.

Sementara itu, Bulog Banyuwangi saat ini masih menyimpan beras yang cukup untuk kebutuhan selama sekitar 14 bulan ke depan.

“Jumlah ini cukup untuk kebutuan selama 6 bulan di wilayah Banyuwangi,” pungkasnya.

 

 

INFOGRAFIS: 5 Negara Pemasok Beras Terbesar ke Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 5 Negara Pemasok Beras Terbesar ke Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya