Baru Rutin Perawatan Wajah di Usia 40 Tahun? Berikut Tipsnya

Memasuki usia 40-an tahun, perubahan pada kulit mulai terasa lebih nyata. Elastisitas kulit berkurang, garis-garis halus mulai muncul, dan perubahan tekstur kulit menjadi salah satu perhatian utama. Perawatan yang tepat dengan produk yang sesuai kebutuhan menjadi kunci agar kulit tetap glowing di usia 40-an.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Okt 2023, 21:23 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2023, 21:01 WIB
Perawatan kulit untuk usia 40-an butuh treatment khusus. (Istimewa)
Perawatan kulit untuk usia 40-an butuh treatment khusus. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki usia 40-an tahun, perubahan pada kulit mulai terasa lebih nyata. Elastisitas kulit berkurang, garis-garis halus mulai muncul, dan perubahan tekstur kulit menjadi salah satu perhatian utama. Perawatan yang tepat dengan produk yang sesuai kebutuhan menjadi kunci agar kulit tetap glowing di usia 40-an.

Yulia Sisca, Dipl. CIDESCO, dokter konsultan dari YOUFO Skincare menyatakan, perawatan kulit di usia 40-an memerlukan pendekatan yang berbeda dibandingkan saat di usia 20-an atau 30-an.  Memilih produk skincare yang tepat untuk usia 40-an memerlukan pertimbangan khusus.

"Produk skincare untuk usia 40-an harus mampu menjawab tantangan kulit yang berbeda. Mulai dari kebutuhan hidrasi yang lebih tinggi hingga perlindungan dari kerusakan lingkungan," ujarnya, Selasa (17/10/2023). 

Yulia pun membeberkan sejumlah tips penting dalam perawatan kulit di usia 40-an. Berikut tipsnya: 

1. Pembersihan dengan Lembut

Pilih pembersih yang lembut dan mampu mengangkat kotoran tanpa menghilangkan kelembaban alami kulit. 

2. Hidrasi Maksimal

Menghidrasi kulit menjadi sangat penting di usia ini. Produk dengan hyaluronic acid atau glycerin dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

3. Perlindungan dari Sinar Matahari

Meski telah memasuki usia 40-an, perlindungan dari sinar UV tetap esensial. Gunakan sunscreen setiap hari untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penggunaan Serum

Ilustrasi
Ilustrasi perawatan kulit suntik putih. (dok. pexels/cottonbro)

4. Penggunaan Serum

Serum dengan bahan aktif seperti retinol atau peptida dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki tekstur kulit.

5. Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi secara rutin dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya