Setahun Pernikahan, Erino Gudono Kenang Saat Kaesang Salting dan Grogi Saat Ucap Akan Menikahinya

Tanggal 10 Desember menjadi hari bersejarah bagi pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Pada tanggal inilah, setahun yang lalu keduanya resmi menikah dan menjadi pasangan suami istri di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022) pukul 13.15 WIB.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 11 Des 2023, 12:53 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 12:52 WIB
Erina Gudono
Erina Gudono mengenakan kebaya pink dipadukan kain batik lilit sebagai bawahan serasi dengan Kaesang yang mengenakan beskap hitam. [@erinagudono]

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 10 Desember menjadi hari bersejarah bagi pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Pada tanggal inilah, setahun yang lalu keduanya resmi menikah dan menjadi pasangan suami istri di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022) pukul 13.15 WIB.

Erina menggunggah momen mengesankan tersebut dengan membuat sebuah postingan di Instagmnya, erinagudono. Dalam postingan yang dikutip, Senin (11/12/2023), Erina mengungkap momen saat kaesang grogi saat mengutarakan akan meninkahi dirinya. 

"Satu setengah tahun lalu, Mas Kaesang ajak aku nikah anehnya mungkin karena sambil grogi bukannya pertanyaan malah dengan pernyataan sambil salting dia bilang “Akhir taun kita nikah ya, aku udah bilang Bapak Ibu dan setuju, mungkin minggu depan aku sama kakakku sekeluarga ke rumahmu.” tulis Erina.

Kini, setahun bersama Kaesang Pangarep, Erina mengaku banyak cerita sedih dan senang yang dialami bersama.

"Mas selalu genggam tanganku dan ingetin aku 'Mas disini ya'. Terimakasih udah menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Terimakasih udah jadiin aku rumah Mas," sambung Erina.

Erina menyatakan, di balik tingkahnya yang kadang nyeleneh, Kaesan adalah seorang pemikir dengan cita-cita yang besar dan memiliki strategi jauh kedepan.

"Mas juga ngga pernah memandang cita-citaku kecil, walau mimpi Mas bagiku begitu besar, ia liat apa yang aku usahakan juga sama pentingnya. Setiap aku lelah Mas yang bilang 'Ayo pasti bisa. Kita bareng-bareng pokoknya berjuang',” katanya.

Di atas itu semua, Erina mengucapkan terimakasih sudah ingat Allah dan melibatkan Allah di segala hal, sholat shalawat tanpa henti, puasa senin kamis, dan mendoakan dirinya dan keluarga.

"Kami bisa sedih, senang, kecewa, marah tapi yang membuat kami berdua bisa melalui semua adalah Allah yang menjaga kami".

"Satu tahun ini udah banyak hal terjadi, selanjutnya kita tulis banyak kenangan baru lagi. Satu tahun melangkah, selamat pernikahan yang pertama suamiku tercinta Kae Sang Pangarep" pungkas Erina dalam postingannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Maskawin Kaesang

Erina Gudono
Erina Gudono menyebut, merestui Kaesang Pangarep terjun ke politik lewat PSI adalah keputusan terberat dalam hidup. Ia menimbang perkara ini sejak lama. (Foto: Dok. Instagram @erinagudono)

Putra bungsu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono resmi melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022) pukul 13.15 WIB.

Mas kawin yang diberikan Kaesang kepada Erina yaitu seperangkat alat shalat, logam mulia 10, 12, 20 dam 22 gram, serta uang tunai senilai Rp300 ribu.

Keluarga Jokowi sudah tiba di Pendopo Royal Ambarrukmo pukul 12.17 WIB. Sebelum akad nikah dimulai, keluarga mempelai wanita, Erina Gudono melakukan tradisi pasrah tampi.

Pasrah artinya menyerahkan dan tampi artinya menerima. Sehingga pasrah tampi merupakan kegiatan penyerahan dengan pasrah mempelai laki-laki untuk dinikahkan dengan mempelai perempuan (menerima mempelai laki-laki).

"Keluarga dari Mas Kaesang itu nanti akan dinikahkan yaitu diwakili oleh yang masrah atau yang menyerahkan. Jadi keluarag Bapak Jokowi (mempelai laki-laki) itu diwakili ada yang namanya pasrah itu menyerahkan Mas Kaesang untuk segera dinikahan. Sementara keluarga Ibu Gudono (mempelai wanita) itu juga mewakilkan, yaitu yang nampi itu menerima Mas Kaesang untuk dinikahkan dengan Mbak Erina," kata pemerhati Tradisi Jawa, Kinting Handoko mengutip live streaming YouTube Liputan6 SCTV.

Sebelumnya, Erina Gudono tiba di Pendopo Agung Ambarrukmo menggunakan kereta kencana pukul 13.00 WIB, dengan kebaya pengantin putih. Sementara Kaesang Pangarep menggunakan beskap putih. Keduanya tampak mengguankan jarik khas Yogyakarta.

Kaesang terlihat tegang, bahkan sesekali dirinya menarik nafas yang dalam. Berbeda dengan Erina Gudono, dia tampak menutupi rasa tegangnya dengan tersenyum, meski senyuman itu tidak menutup raut wajah grogi.

Infografis Heboh Kaesang Pangarep Masuk Dunia Politik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Heboh Kaesang Pangarep Masuk Dunia Politik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya