Jokowi Mengenang Rizal Ramli: Ekonom Cerdas dan Aktivis Kritis yang Cinta Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut berduka cita atas meninggalnya ekonom Rizal Ramli. Jokowi mengenang Rizal Ramli sebagai seorang ekonom cerdas sekaligus aktivis kritis yang cinta pada bangsa Indonesia.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 03 Jan 2024, 16:19 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2024, 16:18 WIB
Rizal Ramli
Ekonom senior Rizal Ramli menyampaikan kritikan kepada Capres Nomor Urut 01 mengenai pidatonya kemarin di Tebet, Jakarta, Senin (25/2). Rizal menyebut pidato Jokowi kurang jujur karena tak mengakui kegagalan pemerintahannya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut berduka cita atas meninggalnya ekonom Rizal Ramli. Jokowi mengenang Rizal Ramli sebagai seorang ekonom cerdas sekaligus aktivis kritis yang cinta pada bangsa Indonesia.

"Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Rizal Ramli, mantan menko kemaritiman, kemarin, di Jakarta. Saya mengenal almarhum Rizal Ramli sebagai seorang ekonom yang cerdas dan aktivis yang kritis karena kecintaan terhadap bangsanya," kata Jokowi dalam akun media sosial X @jokowi, dikutip Rabu (3/1/2023).

Jokowi mendoakan arwah almarhum Rizal Ramli mendapatkan tempat lapang di sisi Allah Swt serta segenap keluarga dan kerabat yang ditinggalkan mendapat kesabaran.

Jokowi pun telah mengirimkan karangan bunga dukacita ke rumah duka Rizal Ramli di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu.

Karangan bunga dari Jokowi itu berwarna dominan kuning dan hitam.

Jenazah Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (4/1/2023).

"Besok dimakamkan di TPU Jeruk Purut, bersama dengan almarhumah istri beliau," kata tim komunikasi sekaligus perwakilan keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna, saat ditemui di rumah duka di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu.

Pernyataan tersebut juga senada dengan informasi yang tertulis di papan pengumuman pada pintu masuk rumah duka tempat Rizal Ramli disemayamkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dimakamkan di TPU Jeruk Purut

Rizal Ramli
Kediaman mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli dipenuhi keluarga dan para pelayat. (Merdeka.com)

Dalam keterangan tersebut, Rizal Ramli akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut setelah shalat dzuhur, Kamis.

"Besok (dimakamkan), karena (sekarang) masih menunggu kedatangan putri beliau yang baru berangkat dari Amerika," kata Yosef.

Jenazah Rizal Ramli tiba di rumah duka pada Rabu dini hari, pukul 00.52 WIB, dengan menggunakan mobil ambulans dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Sementara itu, suasana di sekitar rumah duka masih dipenuhi para pelayat dan pihak keluarga. Puluhan karangan bunga dari tokoh publik maupun tokoh politik juga berjejer di sekitar rumah duka.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya