Diperiksa Bawaslu Kasus Penggelembungan Suara, PPK dan Panwascam di Banyuwangi Akui Terima Uang

Ansel mengatakan, pemanggilan dilakukan usai terpenuhinya syarat formil dan materiil dari laporan yang dilayangkan caleg Demokrat Ricco Antar Budaya.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 18 Mar 2024, 11:04 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2024, 11:04 WIB
Kantor Bawaslu Banyuwangi (Istimewa)
Kantor Bawaslu Banyuwangi (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Bawaslu Banyuwangi memanggil Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Kabat terkait dugaan penggelembungan suara di Pemilu 2024.

“PPK 5 orang, panwascam 3 orang, total 8 orang yang diundang secara patut,” kata Ketua Bawaslu Banyuwangi Adrianus Yansen Pale atau Ansel, Senin (18/3/2024).

Ansel mengatakan, pemanggilan dilakukan usai terpenuhinya syarat formil dan materiil dari laporan yang dilayangkan caleg Demokrat Ricco Antar Budaya. 

Dari 8 orang yang dipanggil, 2 di antaranya mengakui telah menerima sejumlah uang, sementara lainnya tidak. 

Namun Ansel enggan merinci dengan detail anggota PPK atau panwascam yang menerima uang tersebut, serta dari siapa dan berapa jumlahnya. 

Ansel juga menyebut Bawaslu Banyuwangi masih menelusuri penerimaan uang tersebut dengan korelasi norma, termasuk kegunaan uang dan masuk tidaknya dalam kategori gratifikasi seperti yang diatur dalam undang-undang pemilu. 

“Sementara masih mendalami keterangan para pihak baru menentukan jenis pelanggaran, apakah administrasi, etik atau pidana. Melihat efektifitas kadar perbuatan dengan sanksi,” jelas Ansel. 

Untuk diketahui, masing-masing orang yang diperiksa mendapat sekitar 20 pertanyaan, terutama anggota yang dianggap paling bertanggung jawab, di antaranya Ketua PPK, divisi teknis, operator, serta ketua panwascam dan anggota pengawasan rekapitulasi. 

“Kita lihat apakah ada indikasi transaksi money politic dan gratifikasi pada perpindahan suara caleg antar caleg ataupun partai antar partai berdasarkan kewenangannya,” jelas Ansel. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PPK Glagah Segera Dipanggil Bawaslu

Ilustrasi Pemilu 2024 (Istimewa)
Ilustrasi Pemilu 2024 (Istimewa)

Sementara itu, PPK dan Panwascam Glagah akan menjadi yang berikutnya diperiksa, sedangkan hasil kesimpulan pemeriksaan untuk Kabat dan laporan sebelumnya di Kecamatan Tegaldlimo akan dirilis segera.

“Untuk Glagah masih kita jadwalkan yang jelas akan segera kita panggil untuk dimintai keterangan, terkait laporan- laporan yang masuk ke Bawaslu Banyuwangi,”pungkasnya.

Infografis KPU Siap Hadapi Sengketa Pemilu 2024 di MK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis KPU Siap Hadapi Sengketa Pemilu 2024 di MK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya