Pemkab Banyuwangi Siapkan Ratusan Juleha Bantu Warga Potong Hewan Kurban Secara Benar dan Halal

Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Banyuwangi menyiapkan ratusan juru penyembelih atau jagal hewan kurban profesional jelang perayaan Idul Adha 1445 H/2024.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 07 Jun 2024, 15:06 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2024, 15:06 WIB
Ratusan juru sembelih halal disiapkan untuk sembelih hewan kurna di Banyuwangi (Istimewa)
Ratusan juru sembelih halal disiapkan untuk sembelih hewan kurna di Banyuwangi (Istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Banyuwangi menyiapkan ratusan juru sembelih atau jagal hewan kurban profesional, jelang perayaan Idul Adha 1445 H/2024. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi Arief Setiawan mengatakan, sedikitnya ada 200 juru penyembelih halal (juleha) yang siap disebar di seluruh Kabupaten Banyuwangi untuk membantu proses pemotongan hewan kurban milik warga.

“Juru sembelih halal sudah kita latih sejak tahun 2023. Totalnya ada 200 juleha yang kini telah bersertifikat,” kata Arief, Jumat (7/6/2024).

Ratusan jagal halal itu terdiri dari perwakilan pengurus masjid yang tersebar di Banyuwangi, termasuk organisasi masyarakat juga telah diberikan peningkatan kompetensi.

Pelatihan juru sembelih halal ini, kata Arief, merupakan kolaborasi dari Dispertan, Kementerian Agama (Kemenag), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dispertan Banyuwangi Nanang Sugiharto menambahkan, pelatihan yang diberikan mencakup berbagai aspek teknis dan syar'i dari penyembelihan hewan. Para juru sembelih ini dibekali dengan pengetahuan tentang teknik penyembelihan yang sesuai dengan syariat Islam.

Selain itu mereka juga dilatih dalam penanganan hewan sebelum dan sesudah disembelih, serta pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan selama proses penyembelihan. 

“Kami juga mulai keliling melakukan pemeriksaan hewan. Kami ingin memastikan bahwa daging kurban yang dihasilkan benar-benar halal, dan memenuhi standar kesehatan dan kebersihan yang ketat,” kata Nanang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


RPH Bersih dan Penuhi Standar

Ilustrasi hewan kurban
Ilustrasi hewan kurban. (Photo Copyright by Freepik)

Selain pelatihan juru sembelih, Dispertan Banyuwangi juga telah mempersiapkan berbagai fasilitas penunjang, seperti Rumah Potong Hewan (RPH) yang bersih dan memenuhi standar kesehatan. 

“Kita sudah punya 8 RPH yang tersebar di Kabupaten Banyuwangi dan sudah tersertifikasi halal semua. RPH ini juga siap melayani masyarakat dalam rangka membantu proses pemotongan hewan kurban,” ujar Nanang. 

 

Infografis Sapi 1 Ton Kurban Presiden
Infografis Sapi 1 Ton Kurban Presiden
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya