12.223 Jemaah Haji Tiba di Debarkasi Surabaya, 60 Orang Wafat di Tanah Suci

Selain meminimalisir jemaah wafat di tanah suci, Haris menuturkan pihaknya juga melakukan usaha untuk meminimalisir jemaah wafat di Debarkasi Surabaya.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 02 Jul 2024, 06:03 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2024, 06:03 WIB
Jemaah haji Debarkasi Surabaya saat tiba di Bandara Juanda. (Istimewa)
Jemaah haji Debarkasi Surabaya saat tiba di Bandara Juanda. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Hingga hari ke-10 fase pemulangan atau Senin 1 Juli 2024, sebanyak 12.223 jemaah haji dari 33 kloter Debarkasi Surabaya telah tiba di tanah air.

Jumlah tersebut terdiri dari 12.058 jemaah dan 165 petugas. Dengan demikian sudah 33 persen jemaah dari total keseluruhan 39.264 orang telah kembali dari melaksanakan ibadah haji.

"Berdasarkan informasi tadi malam melaporkan ada 60 jemaah haji Debarkasi Surabaya wafat di tanah suci," ujar Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris, Senin (1/7/2024).

Dengan bertambahnya jemaah haji yang wafat, Abdul Haris senantiasa berkoordinasi dengan PPIH kloter maupun PPIH Debarkasi Surabaya untuk melakukan upaya pendampingan dan pengawasan jemaah haji sebaik mungkin termasuk melakukan penanganan yang tepat apabila ada jemaah yang mempunyai keluhan kondisi kesehatan.

Selain koordinasi penanganan jemaah sakit, Haris juga melakukan koordinasi dengan petugas agar memberikan sosialisasi pada jemaah untuk dapat mengukur kemampuannya dalam melaksanakan ibadah sunnah seperti umroh sunnah di Masjidil Haram.

“Para petugas kami pesankan untuk senantiasa mengingatkan jemaah untuk tidak melampaui batas kemampuannya dalam melakukan ibadah khususnya yang sunnah. Dikhawatirkan para jemaah nanti ujung-ujungnya sakit jika mereka terlalu ngoyo melakukan ibadah sunnah,” jelasnya.

Dengan melakukan penanganan jemaah haji sakit secara tepat dan sosialiasi membatasi ibadah sunnah, diharapkan angka jemaah yang wafat di tanah suci dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Selain meminimalisir jemaah wafat di tanah suci, Haris menuturkan pihaknya juga melakukan usaha untuk meminimalisir jemaah wafat di Debarkasi Surabaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jemaah Diminta Jaga Kondisi Kesehatan

Pemulangan Jemaah Haji Indonesia 2024
Jemaah haji Indonesia 2024 mulai dipulangkan secara bertahap ke Tanah Air melalui Bandara AMAA Madinah. (Foto: Humas Kemenag)

Hingga saat ini ada tiga jemaah yang wafat di Debarkasi Surabaya.

"Untuk meminimalisir jemaah wafat, kita lakukan penanganan cepat terhadap jemaah sakit. Di sini kita koordinasikan terus dengan para petugas dari BBKK dan Dinas Kesehatan supaya bisa melakukan tindakan cepat bila ada jemaah yang membutuhkan penanganan cepat. Kita memaksimalkan percepatan layanan di rumah sakit terdekat,” terang Haris.

Pria yang pernah menjabat Kepala Kantor Kemenag Bangkalan ini juga menjelaskan sangat mungkin para jemaah haji yang wafat pasca masa puncak haji karena mengalami kelelahan.

“Karena terlalu fokus beribadah, seringkali para jemaah tidak memperhatikan kondisi kesehatannya. Kami sudah berpesan pada KBIHU untuk senantiasa melihat kemampuan jemaah bila mereka diajak beribadah sunnah. Untuk city tour atau ziarah ke tempat bersejarah, petugas KBIHU harus melihat kondisi jemaah sebagai upaya menjaga kondisi Kesehatan jemaah jelang kepulangan ke tanah air,” ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya