Momen Lucu Para Pembalap Mancanegara Pakai Sarung dan Kopiah pada Pembukaan Tour de Ijen 2024

Mereka terlihat bergembira saat mencoba mengenakan sarung. Banyak pembalap yang berfoto dan berpose dengan mengenakan sarung dan kopiah.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 23 Jul 2024, 05:03 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 05:03 WIB
Para pembalap  memakai sarung dan kopyah sebelum stat di Tegalsari Banyuwangi (istimewa)
Para pembalap memakai sarung dan kopyah sebelum stat di Tegalsari Banyuwangi (istimewa)

Liputan6.com, Banyuwangi - International Tour de Banyuwangi Ijen dimulai Senin 22 Juli 2024. Di etape pertama, rute yang dilintasi sepanjang 136,2 KM, dengan start di SMKN 2 Tegalsari dan finish di kantor Pemkab Banyuwangi.

Menariknya, para pembalap dikenalkan dengan tradisi pesantren dengan mengenakan sarung dan kopiah saat mengikuti prosesi pembukaan.

Mereka terlihat bergembira saat mencoba mengenakan sarung. Banyak pembalap yang berfoto dan berpose dengan mengenakan sarung dan kopiah.

"Cukup sulit untuk dipakai bagi orang yang pertama kali mencoba. Saya harus menguasai tekniknya. Sangat menyenangkan bisa mencoba sarung, dan kopiah ini" ujar pembalap Aidan Buttigieg, dari tim St George Continental Cycling Team Australia, saat mencoba mengenakan sarung dan dibantu oleh kru panitia yang mendampingi.

Usai mendapat penjelasan makna dan fungsi sarung, Aidan mengaku kagum yang mengetahui ini menjadi tradisi busana santri hingga digunakan untuk pakaian beribadah umat muslim di Indonesia.

"Sebuah kehormatan saya bisa mencoba budaya dan juga tradisi beragama masyarakat di sini. Sebagaimana memang seharusnya," kata Aiden.

Selain Aiden juga ada pembalap 7ElevenThailand, Even Yemane asal Eritrea yang sangat antusias memakai sarung. Pembalap berusia 18 tahun ini juga mengaku senang dengan suasana pondok pesantren di Banyuwangi yang menjadi lokasi start.

“Indonesia terkenal dengan mayoritas muslimnya, tentunya ini tradisi yang baik dan bisa kita coba selama di sini. Nyaman dipakai,” kata Even.

Di start etape satu, ratusan santri dan pelajar memadati lokasi. Mereka memberikan semangat pada pembalap yang akan memulai lomba. banyak warga dan santri tumpah ruah menyemangati 100 pembalap lebih yang datang dari berbagai mancanegara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Padukan Olahraga dengan Pariwisata

Para pembalap menyapa para pelajar dan santri di ajang pembukaan Tour de Banyuwangi Ijen. (Istimewa)
Para pembalap menyapa para pelajar dan santri di ajang pembukaan Tour de Banyuwangi Ijen. (Istimewa)

Wakil Ketua Umum PB ISSI Silmy Karim yang hadir di lokasi mengapresiasi Banyuwangi yang terus menggelar Tour de Ijen. Tidak hanya untuk memajukan olahraga balap sepeda, namun juga memadukan olahraga dengan pariwisata dan mengenalkan tardisi nusantara ke dunia.

"Banyuwangi luar biasa, tidak hanya bekerja keras menyiapkan even level internasional tapi juga memadukannya dengan kearifan budaya lokal," tambah Silmy.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, pemakaian sarung dan kopiah di ajang internasional seperti ITDBI ini, sangat efektif dijadikan sarana memperkenalkan tradisi pesantren yang merupakan ikon pendidikan asli nusantara, sekaligus juga untuk mengkampanyekan nilai-nilai toleransi dan keberagaman.

"Kami senang para pembalap cukup antusias memakai sarung dan kopiah, ini menunjukkan mereka juga memiliki toleransi yang tinggi pada keberagaman," imbuhnya.

Penggunaan Sarung dan kopiah juga menjadi simbol akar yang kuat akan budaya dan tradisi yang dimiliki oleh Banyuwangi, seiring dengan upaya menjadikan daerah sebagai bagian dari destinasi pariwisata berskala global. Sebagaimana ITDBI merupakan sebuah upaya promosi sporttourism untuk mendatangkan wisatawan ke daerah.

 

Infografis Wacana Tilang Pesepeda Nakal di Jalan Raya. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Wacana Tilang Pesepeda Nakal di Jalan Raya. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya