2014, Ratusan Miliar `Selfie` Akan Penuhi Dunia Maya

Kepopuleran Selfie membuat berbagai media melakukan analisis. Bali adalah salah satu kota besar di dunia yang miliki jumlah Selfie terbanyak

oleh Iskandar diperbarui 13 Mar 2014, 08:00 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2014, 08:00 WIB
2014, Ratusan Milyar `Selfie` Akan Penuhi Dunia Maya
www.slate.com

Liputan6.com, Jakarta Layaknya sebuah demam yang menjangkit semua kalangan, foto Selfie semakin bertebaran. Berbagai kalangan, termasuk para pejabat dan selebritis beramai-ramai melakukan Selfie menggunakan perangkat mobile mereka.

Bahkan tak sedikit Selfie yang menjadi daya tarik tersendiri. Sebut saja Selfie yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersama Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron, dan PM Denmark Helle Thorning-Schmidt di upacara penghormatan terakhir Nelson Mandela di Afrika Selatan, yang mengundang berbagai reaksi di kalangan pengguna media sosial.

Juga ada Selfie yang diambil komedian Ellen DeGeneres di ajang penghargaan Piala Oscar 2014, bersama sejumlah bintang Hollywood terkemuka seperti Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Meryl Streep, Brad Pitt, Angelina Jolie, hingga Julia Roberts, yang memecahkan rekor re-tweet terbanyak hingga mencapai lebih dari 3 juta.


Akan Ada 880 Miliar Selfie


Kepopuleran Selfie membuat berbagai media melakukan analisis, salah satunya adalah Yahoo!. Perusahaan yang dinahkodai Marissa Mayer ini menyatakan bahwa setidaknya akan ada 880 milyar foto Selfie yang diunggah ke Internet pada tahun 2014.

Jika demikian, berarti bakal ada 123 foto yang diunggah oleh setiap pria, wanita, dan anak-anak. Kebanyakan foto yang diunggah tersebut adalah Selfie. Sementara itu di Inggris, sebuah survei menemukan bahwa 17% pria dan 10% wanita melakukan Selfies karena mereka begitu mengagungkan ketampanan atau kecantikan diri mereka sendiri.

Menurut Kurator Fotografi di National Gallery of Art, Sarah Kennel, fenomena Selfie ini wajar dan memang dianggap sebagai upaya kebanggaan dan kecintaan terhadap diri sendiri. "Saya pikir Selfie adalah istilah sayang kepada diri sendiri," ujar Sarah, seperti dikutip dari NDTV Gadgets.


Kota Dengan Selfie Terbanyak


Selain itu baru-baru ini majalah TIME melakukan penelitian untuk mengetahui beberapa kota besar di dunia yang miliki jumlah Selfie terbanyak. Dalam penelitiannya TIME membangun basis data menggunakan lebih 400 ribu foto di Instagram yang memiliki hashtag Selfie (#Selfie), yang disertakan dengan letak geografisnya.

Menurut yang dilansir Daily News, penelitian ini dilakukan dalam dua tahap - masing-masing berlangsung selama lima hari yaitu dari 28 Januari - 2 Februari 2014 dan 3 - 7 Maret 2014. Data harian itu berlangsung selama 24 jam sehingga semua zona waktu terukur secara seimbang.

Dalam hal ini TIME hanya menghitung jumlah Selfie dari kota yang memiliki sedikitnya 250 ribu penduduk. Setelah itu mereka menghitung jumlah Selfie yang diambil dalam radius 8 km, lalu membaginya dengan jumlah penduduk di kota itu.


Bali Miliki Jumlah Selfie Terbanyak?


Hasilnya, Makati City dan Pasig, Filipina menduduki peringkat teratas dengan jumlah Selfie sebanyak 258 per 100 ribu orang. Disusul Manhattan, New York, Amerika Serikat dengan 202 Selfie per 100 ribu orang dan Miami, Florida, Amerika Serikat dengan 155 Selfie per 100 ribu orang.

Sayangnya, kota-kota besar di Indonesia tidak masuk dalam daftar sepuluh besar kota dengan Selfie terbanyak di dunia. Bali hanya berada di peringkat ke-18 dengan jumlah 76 Selfie per 100 ribu orang, Yogyakarta di peringkat ke-43 dengan 43 selfie per 100 ribu orang, dan Jakarta di peringkat 150 dengan 22 Selfie per 100 ribu orang.

Meskipun demikian, TIME mengakui bahwa sistem penghitungannya itu masih jauh dari sempurna, karena hanya berdasarkan data dari media sosial Instagram.   


Baca juga:
Selfie Sudah Ada Sejak Tahun 1800-an
Ungkap Rahasia di Balik Foto Selfie

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya