Anda Kecanduan Smartphone? Coba Cek dengan Aplikasi Ini

Hasil riset perusahaan analisis Flurry mengungkapkan bahwa pada awal 2014 ada sekitar 176 juta 'pecandu perangkat mobile'.

oleh Adhi Maulana diperbarui 19 Mei 2014, 14:03 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2014, 14:03 WIB
Anda Kecanduan Smartphone? Cek dengan Aplikasi Ini
mashable.com

Liputan6.com, Jakarta - 'Dunia dalam genggaman', mungkin merupakan kalimat yang paling tepat dalam mendeskripsikan fungsi smartphone di era modern seperti sekarang ini. Berbagai hal dapat dilakukan pengguna dengan smartphone, baik untuk mendukung urusan pekerjaan, atau pun membantu kegiatan sehari-hari.

Namun berbagai fungsi dan kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone terkadang membuat pengguna tak bisa 'hidup' tanpanya. Hasil riset perusahaan analisis Flurry mengungkapkan bahwa pada awal 2014 ada sekitar 176 juta 'pecandu perangkat mobile'. Jumlah tersebut diklaim naik 123% dibandingkan awal 2013 kemarin.

Kriteria 'pecandu smartphone' versi Flurry sendiri didefinisikan sebagai pengguna yang kerap mengakses berbagai aplikasi pada perangkat mereka lebih dari 60 kali dalam sehari. Lalu bagaimana dengan Anda, apakah Anda memasuki kriteria 'pecandu smartphone'?

Sebuah aplikasi Android bernama BreakFree mungkin bisa menjadi jalan keluar. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengukur seberapa adiktif Anda terhadap smartphone yang digunakan dengan mencatat waktu yang Anda luangkan ketika memakai smartphone.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Mobifolio ini akan mencatatkan seberapa sering Anda membuka smartphone dan berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk membuat panggilan telepon.



Hasilnya, pengguna dapat melihat skor yang Anda raih. Jika ternyata waktu penggunaan smartphone Anda terlalu berlebihan, aplikasi ini akan memberikan notifikasi dan menyarankan Anda untuk beristirahat dari penggunaan smartphone.

"Kami ingin para pengguna sadar bahwa manusia lebih baik dibandingkan ponsel," ungkap Mrigaen Kapadia, founder aplikasi BreakFree seperti yang dilansir laman Mashable, Senin (19/5/2014).

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya