Registrasi Nomor Ponsel Baru Tak Bisa Lagi Sendiri

Setiap nomor prabayar baru hanya bisa diaktivasi oleh outlet resmi terdaftar setelah memberikan kartu identitas untuk validasi.

oleh Denny Mahardy diperbarui 16 Jul 2014, 14:41 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2014, 14:41 WIB
Simcard
(ilustrasi)

Liputan6.com, Jakarta - Usaha pemerintah dan para penyelenggara jasa telekomunikasi untuk menertibkan sistem registrasi nomor SIM-card semakin memperlihatkan progres. Perbaikan registrasi dicanangkan akan segera diberlakukan.

Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengatakan, perbaikan registrasi ini perlu dilakukan untuk menyehatkan industri telekomunikasi Tanah Air.

"Kita bisa menurunkan churn rate (perpindahan pelanggan) di industri telekomunikasi yang cukup tinggi, sampai 15% berarti kita jual 15 juta kartu setiap tahun. Registrasi baru ini akan membuat kita mendapatkan angka jumlah pelanggan yang sebenarnya," kata Alexander Rusli, Ketua ATSI. 

Alexander menyebutkan pula bahwa sistem registrasi ini akan diaplikasikan di pihak anggota ATSI pada masa awal penerapan. Operator sendiri saat ini tengah melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait penerapan registrasi tersebut.

"Kami bersama operator anggota ATSI saat ini tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya dalam memperbaiki registrasi di sentra layanan anggota kami," papar Alex yang ditemui di Kantor Pusat Indosat di Jakarta, Selasa (16/7/2014).

Setelah perbaikan registrasi prabayar diberlakukan, nantinya para pelanggan tak bisa lagi mendaftar sendiri. Setiap nomor prabayar baru hanya bisa diaktivasi oleh outlet resmi terdaftar setelah memberikan kartu identitas untuk validasi.

"Susahnya 90% pengguna prabayar tidak semua punya KTP. Sebagian mereka pakai kartu pelajar ataupun passport asing, agak susah karena sebelumnya tidak ada validasi saat pelanggan daftar, tapi kita akan sosialisasi mulai pertengahan Agustus," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya