BBM Naik, Banderol Ponsel di Roxy Mas Bakal Naik?

Harga BBM naik dikhawatirkan akan berdampak pada harga smartphone di pasaran.

oleh Iskandar diperbarui 18 Nov 2014, 11:47 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2014, 11:47 WIB
Samsung Kuasai Pasar Smartphone di Palu
(Foto: Liputan6.com/M Taufan SP Bustan)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah secara resmi telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar mulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00 WIB. Kenaikan harga BBM bersubsidi ini dikhawatirkan akan berdampak pada harga smartphone di pasaran. 

Salah satu karyawan distributor smartphone terbesar di ITC Roxy Mas, Indokom, mengatakan bahwa dampak kenaikan BBM terhadap harga smartphone hingga hari ini belum terlihat.

"Dampak kenaikan BBM terhadap harga smartphone hingga saat ini belum terlihat karena kenaikan harga BBM baru diputuskan oleh pemerintah tadi malam," kata Thelma, salah satu karyawan Indokom melalui saluran telepon, Selasa (18/11/2014).

Di lain kesempatan, karyawan distributor smartphone lainnya, Fiona, menuturkan bahwa kenaikan harga BBM biasanya tidak terkena dampak terlalu besar pada harga smartphone.

"Pada kenaikan harga BBM sebelumnya, tak berpengaruh pada harga smartphone. Kenaikan harga smartphone biasanya dipicu oleh kenaikan dolar Amerika Serikat terhadap rupaih," papar Fiona.

Namun Fiona tak memungkiri bahwa kenaikan BBM sedikit banyaknya berpengaruh pada biaya distribusi karena ongkos pengiriman barang pasti bakal ikut melonjak.

"Dengan biaya pengiriman yang ikut naik, otomatis harga ponsel juga akan naik. Akan tetapi, kenaikannya tidak terlalu signifikan dan biasanya hanya berlaku di pasar tradisional yang tersebar di luar kota," tutup Fiona komentari harga BBM naik. (isk/dew)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya