Dukung Atlet Paralimpik, Telkom Tingkatkan Layanan ICT

PT Telkom sedang menyiapkan alokasi bandwith dalam ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) yang diadakan pekan ini.

oleh Muhammad Sufyan Abdurrahman diperbarui 17 Okt 2016, 14:20 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2016, 14:20 WIB
Telkom Peparnas
Aminuddin, Ketua Satgas PT Telkom PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat saat Med ia Gathering pertama Peparnas XV di Hotel Citarum, Kota Bandung. (Istimewa)

Liputan6.com, Bandung - PT Telkom, sebagai Official ICT Partner PB PON XIX dan Peparnas XV 2016, meningkatkan layanan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas), 15-24 Oktober ini.

Amanuddin, Ketua Satuan Tugas PON XIX Peparnas XV PT Telkom mengatakan, pihaknya secara keseluruhan menyiapkan alokasi bandwith dalam Peparnas sama dengan PON XIX lalu yakni kisaran 35 Gigabyte sekalipun skala kegiatan tak sebesar PON.

"Sebab ini hajatan nasional, apalagi Telkom selain official partner kegiatan, juga tetangga Pemprov Jabar yang kantornya (Gedung Sate, red) di depan kantor kami. Kami berkomitmen memberikan layanan maksimal selama Peparnas 2016 ini," katanya di Bandung, akhir pekan lalu.

Ada sejumlah layanan diberikan PT Telkom. Pertama, layanan inti TIK disiapkan pada enam titik. Yakni Media Center Utama/MCU yang berlokasi di Hotel Ibis Jl Gatot Subroto, Command Center (Trans Luxury Hotel), Sekretariat Peparanas (Gedung Sate), Data Center (Diskominfo Jabar), Sub PB PON (Jl Wastukencana), dan Management Room MCU (Hotel Ibis).

Selain enam lokasi tadi, sejumlah titik yang ditingkatkan layanannya adalah akses di venue atau arena pertandingan. Dari biasanya alokasi bandwith 10 Mbps dinaikkan menjadi 20 Mbps agar publik dan media makin lancar akses berselancar di 13 arena pertandingan yang seluruhnya tersebar di Kota Bandung.

"Selain lokasi inti dan venue, kami memberi perhatian khusus di lokasi pembukaan dan penutupan Peparnas yakni Stadion Siliwangi. Sudah kami pasang 14 repeater (penguat WiFi, red), yang juga akan dilengkapi menara telekomunikasi compact dari anak perusahan kami, PT Telkomsel," katanya.

Melalui PT PINS, anak perusahaan mereka, PT Telkom juga menyiapkan sejumlah perangkat keras seperti komputer sekitar 200 unit, CCTV, printer, ip phone, dan LCD yang dilengkapi dengan akses wifi.id.

Sementara Telkomsel Area Jawa Barat menyiapkan sedikitnya 300 BTS/Base Transciever Station (2G, 3G & 4G) untuk menangani seluruh arena pertandingan. Di dalamnya sudah termasuk BTS baru dan mobile BTS (COMBAT).

Telkom Group juga akan melibatkan ratusan staff yang siaga 7x24 jam untuk menjaga kualitas layanan selama periode penyelenggaraan.

"Jadi, secara keseluruhan kami siapkan bandwith internet, juga layanan sarana TIK dan sumber daya manusia, agar minimal setara PON dan bahkan lebih. Kami juga terapkan prinsip sama dengan PON, yakni loostroom (melepaskan akses dan bisa ditingkatkan sesuai permintaan kapanpun, red) karena ini ajang nasional yang harus kami berikan layanan paling baik," pungkasnya.

(Msu/Ysl)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya