Machinima Gulung Tikar, Rumahkan 81 Karyawan

Konten YouTube Machinima dua minggu lalu juga sudah ditutup dan offline.

oleh Jeko I. R. diperbarui 04 Feb 2019, 17:30 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2019, 17:30 WIB
Machinima
Warner Bros dan Machinima. (Sumber: Tech News Today)

Liputan6.com, Jakarta - Platform penyedia konten khusus gaming, animasi dan comic culture, Machinima, mengumumkan akan menutup layanan operasionalnya.

Perusahaan juga baru saja merumahkan 81 karyawannya sesaat sebelum pengumuman berlangsung.

Dilansir Polygon via Deadline Hollywood, Senin (4/2/2019), konten YouTube Machinima dua minggu lalu juga sudah ditutup dan offline.

Juru bicara Machinima mengungkap, sisa dari karyawan yang tidak di-PHK, akan dipindahkan ke anak perusahaan Warner Bros Digital Network. Sayang, tidak dijelaskan lebih lanjut alasan mengapa Machinima gulung tikar.

"Kami telah menutup semua layanan operasional, termasuk layoff karyawan," ujar Russell Aarons, CEO Machinima.

 

Diakuisisi Warner Bros

Sejumlah Fakta Dibalik Logo Studio Film Terkenal
Fakta dibalik logo studio film Warner Bros. Source: Youtube @Homestaranimation27

Warner Bros. (WB) mengakuisisi Machinima pada 2016.

Dilansir laman Variety, tidak dijabarkan secara detail bagaimana awal mula akuisisi tersebut disepakati kedua belah pihak.

Namun, disebutkan nilai akuisisi Machinima berkisar di bawah angka US$ 100 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun. 

Nantinya, Machinima akan beroperasi sebagai bagian utuh dari grup Warner Bros. Digital Network.

WB kala itu tentu punya alasan kuat di balik proses akuisisi tersebut. Menurutnya, Machinima adalah penyedia konten gaming dan fandom terkuat di ranah entertainment.

“Selain menyediakan konten gaming dan komik yang luas, Machinima juga merupakan brand sosial dengan cakupan penggemar paling banyak. Mereka mengantongi subscriber paling banyak dari kalangan gamer dan geek yang menyukai film dan komik superhero,” kata Craig Hunegs, Presiden Direktur Bisnis dan Strategi Warner Bros. Television Group.

Konten Berkualitas

Ilustrasi Game mobile
Ilustrasi Game mobile (iStockPhoto)

“Machinima juga memproduksi konten dengan kualitas terbaik bagi para komunitas. Jika ini dilakukan bersama WB, tentu kami akan menciptakan pengalaman yang lebih baik. Akuisisi ini merupakan salah satu langkah yang sangat berarti bagi WB. Karena kami tentu akan mengembangkan hubungan lebih luas kepada konsumen,” ia melanjutkan.

Machinima didirikan pada 2000. WB sendiri sudah bertindak menjadi investor untuk Machinima.

Pada 2014, WB menggelontorkan dana sebanyak US$ 18 juta. Menyusul Februari 2015, mereka kembali menyuntik dana dengan jumlah yang lebih besar, yaitu US$ 24 juta.

Adapun para investor Machinima selain WB waktu itu adalah Google, MK Capital, Redpoint Ventures, Coffin Capital dan founder Machinima, Allen DeBevoise.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya