Aplikasi Google Akan Kirim Notifikasi Masalah Keamanan di Akun Pengguna

Aplikasi-aplikasi Google akan memberi informasi ke pengguna tentang adanya masalah keamanan terkait akun mereka.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 09 Okt 2020, 13:00 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2020, 13:00 WIB
Kantor Google Indonesia di SCBD.
Kantor Google Indonesia di SCBD. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi-aplikasi Google akan memberi informasi ke pengguna tentang adanya masalah keamanan terkait akun mereka.

Alih-alih memakai email untuk menginformasikan jika ada masalah keamanan pada akun, Google akan menghadirkan notifikasi ke pengguna.

Pasalnya, salah satu masalah dalam penggunaan email untuk mengirim pemberitahuan tentang potensi masalah keamanan di akun adalah email bisa dipalsukan oleh pihak lain.

"Ketika kami mendeteksi masalah keamanan serius pada Akun Google, kami akan secara otomatis menampilkan tanda menggunakan aplikasi Google yang dipakai dan membantu pengguna menanganinya," kata Google, seperti dikutip dari Ubergizmo, Jumat (9/10/2020).

Lebih lanjut Google menyebut, dengan notifikasi ini, pengguna tidak perlu mengecek email.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bebas Pemalsuan

Google
Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

"Pemberitahuan baru ini bebas dari pemalsuan, sehingga Anda yakin ini berasal dari kami," kata Google.

Google mencatat bahwa ketika pengguna mendapatkan pemberitahuan adanya masalah keamanan, mereka langsung mengambil langkah atas informasi tersebut.

Google mengklaim, di tahun 2015 ketika perusahaan mulai mengeluarkan notifikasi ke pengguna melalui Android, Google melihat ada peningkatan 20 kali lipat jumlah orang yang memberi respons, satu jam setelah mereka mendapat notifikasi.


Lebih Banyak Pengguna Sadar

Android 11
Android 11 resmi meluncur ke smartphone Pixel, OnePlus, dan Oppo. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Jadi, dengan menggunakan aplikasi-aplikasi Google sendiri, kemungkinan besar pengguna cenderung lebih banyak menangani masalah ini ketimbang dengan metode lain seperti email.

Google menyebut, mereka akan meluncurkan fitur tersebut ke sekelompok kecil pengguna terlebih dahulu. Selanjutnya Google akan memperluas ketersediaannya awal tahun depan.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya