Tokopedia Rilis Fitur Wakaf Uang, Pengguna Bisa Berdonasi Mulai Rp 10 Ribu

Kehadiran fitur Wakaf Uang di Tokopedia Salam merupakan hasil kolaborasi dengan Badan Wakaf Indonesia, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 29 Apr 2021, 12:45 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2021, 12:45 WIB
Pengertian Wakaf
Ilustrasi Harta Waqaf Credit: unsplash.com/Miechelle

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia akhirnya resmi meluncurkan fitur Wakaf Uang di ekosistem Tokopedia Salam yang merupakan kolaborasi bersama sejumlah lembaga, seperti Badan Wakaf Indonesia (BWI), Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

Menurut Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, peran teknologi kini menjadi semakin krusial untuk mempermudah berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk menjalankan ibadah.

Oleh sebab itu, Astri menuturkan, dengan fitur ini, siapa pun bisa membantu meningkatkan kesejahteraan sesama melalui Tokopedia cukup dengan uang mulai dari Rp 10.000.

"Kami berharap fitur ini dapat mempermudah masyarakat berbagi kebaikan, khususnya selama Ramadhan, sekaligus ikut mendorong pemerataan ekonomi syariah secara digital di Indonesia," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (29/4/2021).

Kehadiran fitur ini, menurut Astri, juga merupakan salah bentuk dukungan Tokopedia terhadap Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) yang digagas pemerintah.

"Selain menjadi salah satu bentuk ibadah, wakaf uang memiliki fungsi dan peran sosial-ekonomi, terutama dalam membangun kemandirian ekonomi negara," ujar Ketua Badan Pelaksana BWI, Mohammad Nuh.

Untuk itu, dia mengatakan kolaborasi dengan platform digital seperti Tokopedia memudahkan masyarakat melakukan wakaf dan sejalan dengan arah transformasi digital yang sedang digalakkan BWI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fitur Donasi di Tokopedia

Pengertian Wakaf
Ilustrasi Wakaf Credit: pexels.com/Guino

Selain Wakaf Uang, Tokopedia juga menghadirkan sederet fitur lain di Tokopedia Salam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan. Mulai dari fitur Donasi, Zakat, Fidyah, Kotak Amal, dan Qurban.

Sebagai informasi, nilai transaksi Zakat Maal di Tokopedia sendiri meningkat dua kali lipat pada Ramadhan 2020 dibandingkan Ramadhan 2019.

Selain itu, pengguna Tokopedia telah mengumpulkan hampir Rp 80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat, dan Qurban sepanjang 2020.


Tokopedia Tawarkan Layanan Asuransi Covid-19 dengan Premi Terjangkau

Tokopedia
Laman utama aplikasi Tokopedia. (Sumber: Tokopedia)

Di sisi lain, Tokopedia baru saja meluncurkan produk asuransi kesehatan terbaru yang diberi nama Proteksi Covid-19. Sesuai namanya, produk ini hadir untuk mempermudah masyarakat mendapatkan perlindungan lebih dari risiko Covid-19 dan kecelekaaan dengan premi sangat terjangkau.

Head of Investment & Insurance Tokopedia , Marissa Dewie, menuturkan proses klaim asuransi in sangat mudah dan cepat. Sebab, semuanya bisa dilakukan secara online.

"Masyarakat bisa mendapat kompensasi hanya dengan menyertakan hasil PCR keterangan positif Covid-19. Masa tunggunya pun hanya tujuh hari," tutur Marissa dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (13/4/2021).

Proteksi Covid-19 di Tokopedia ini hadir dengan tiga layanan berbeda yang dapat dipilih sesuai kebutuhan konsumen. Ada tipe Basic dengan premi sebesar Rp 10.000 dan memiliki pertanggungan mencapai Rp 1 juta untuk pelanggan yang terdiagnosa positif Covid-19 dan Rp 5 juta jika meninggal.

Lalu ada tipe Standar dengan biaya premi yang dibayarkan Rp 19.000. Untuk tipe ini, pengguna Tokopedia yang terjangkit Covid-19 akan mendapatkan pertanggungan Rp 1,2 juta dan Rp 6 juta apabila meninggal.

Sementara untuk tipe Premium, pelanggan akan diminta biaya premi senilai Rp 25.000. Adapun nilai pertanggungannya mencapai Rp 1,2 juta apabila diketahui positif Covid-19 dan santunan hingga Rp 12 juta jika meninggal.

"Cukup dengan mengakses Proteksi Covid-19 lewat kolom pencarian Tokopedia. Kemudian pilih tipe plan asuransi yang dibutuhkan dan mengisi data diri pada halaman formulir pendaftaran," tutur Marissa.

Pembayaran asuransi ini dapat dilakukan dengan lebih dari 50 metode pembayaran di Tokopedia. Marisss pun mengatakan Tokopedia akan terus menambahkan inovasi digital lain di Produk Asuransi untuk memperluas akses ke lebih banyak masyarakat terhadap kebutuhan kesehatan.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya