Ellya Khadam Tampil di Google Doodle Hari Ini, Rayakan Ulang Tahunnya yang ke-93

Google doodle hari ini, Sabtu (23/10/2021), menampilkan ilustrasi Ellya Khadam dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-93.

oleh Iskandar diperbarui 23 Okt 2021, 08:29 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2021, 06:17 WIB
Google Doodle Ellya Khadam
Google Doodle Ellya Khadam. Dok: Google

Liputan6.com, Jakarta - Google doodle hari ini, Sabtu (23/10/2021), menampilkan ilustrasi Ellya Khadam dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-93.

Doodle kali ini dibuat oleh artis asal Semarang, Fatchurofi Muhammad, yang berbasis di Indonesia.

Ellya Khadam dikenal sebagai seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktor Indonesia yang pernah berjaya di era tahun 1950-an dan puncaknya pada tahun 1960-an.

Mengutip blog Google Doodle, Ellya Khadam secara luas dianggap sebagai pelopor dangdut, genre musik rakyat populer di Indonesia yang memadukan tradisi musik lokal bersama dengan beragam gaya, seperti musik rock and roll Barat dan film India.

Ellya Khadam lahir sebagai Siti Alya Husnah pada 23 Oktober 1928 di Jakarta. Selama masa remajanya, Khadam dekat dengan penyanyi gaya musik pop Malaysia yang dikenal sebagai deli.

Dia mengembangkan bakat musiknya dengan meniru genre ini, yang memungkinkan Elly Khadam untuk membuat nama untuk dirinya sendiri dengan bernyanyi di pesta pernikahan dan kemudian bergabung dengan musik lokal.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penyanyi Orkestra Melayu Kelana Ria

Dia kemudian menjadi terkenal sebagai penyanyi di Orkestra Melayu Kelana Ria selama tahun 1950-an, sebuah kolektif musik yang mendapat banyak inspirasi dari budaya dan musik India.

Karier Ellya Khadam mencapai puncaknya dengan merilis lagu hits pada 1956, berjudul 'Boneka India' (Boneka dari India) yang sekarang dianggap sebagai salah satu pelopor genre dangdut.

 


Mencintai Tradisi India

Dia mengungkapkan cintanya pada adat India tidak hanya dengan menggunakan ritme tabla India dalam lagu-lagunya, tetapi juga dengan mengenakan sari tradisional India dan sindoor di dahinya.

Selain berhasil mempopulerkan dangdut dan menginspirasi generasi muda untuk membawa genre ini ke tingkat yang lebih tinggi, Ellya Khadam juga membintangi sejumlah film hingga akhir 1970-an.


Infografis Google dan Facebook

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya