Lebih dari Separuh Followers Twitter Elon Musk Akun Palsu?

Sebuah survei dari tool audit online mengungkap bahwa lebih dari seperuh followers Twitter Elon Musk adalah akun palsu.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 04 Mei 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2022, 10:00 WIB
FOTO: Elon Musk Jadi Saksi Sidang Akuisisi SolarCity
Pemilik baru Twitter, Elon Musk. (AP Photo/Matt Rourke)

Liputan6.com, Jakarta - Tool audit online SparkToro menyebut lebih dari separuh follower akun Twitter Elon Musk, si pemilik Twitter, adalah akun palsu.

SparkToro memperkirakan, 53,3 persen followers Twitter Elon Musk merupakan akun palsu. SparkToro mendefinisikan akun palsu sebagai penyebar spam, bot, atau akun yang tidak aktif lagi.

Mengutip The Independent, Rabu (4/5/2022), pemilik baru Twitter ini memiliki lebih dari 90,6 juta pengikut di Twitter. Dua hari lalu, saat media asing ini merilis laporan, Elon Musk menjadi akun terpopuler ke-9 di Twitter dengan jumlah followers saat itu 83,4 juta akun.

Saat penelitian dilakukan, sebanyak 53,3 persen followers Elon Musk adalah akun palsu. Jumlah itu sekitar 44,4 juta akun palsu.

SparkToro menyebut, untuk akun dengan jumlah pengikut setara, Elon Musk memiliki jumlah followers palsu yang tidak proporsional atau lebih banyak.

"Audit ini menganalisis sampel sebanyak 2.000 akun random dari 100.000 akun terbaru yang mengikuti Elon Musk, kemudian melihat lebih dari 25 faktor yang berkorelasi dengan akun spam, bot, dan akun berkualitas rendah," kata SparkToro.

Sebelumnya sebagai pemilik baru Twitter, Elon Musk mengatakan, dirinya akan "mengotentikasi semua akun Twitter dari pemilik yang benar-benar ada." Hal ini merupakan bagian dari tindakan kerasnya terhadap aktivitas yang tidak otentik di Twitter.

Selain sebagai bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk merupakan orang yang pro terhadap mata uang kripto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Akun Twitter Elon Musk Sering Dipalsukan Penipu Kripto

Elon Musk
Foto: Elon Musk

Selama ini, akunnya sering diganggu oleh penipu kripto, dengan mengunggah balasan dan berpura-pura sebagai Elon Musk untuk mengelabui followers Elon Musk, agar mereka mau mengirimkan Bitcoin.

Taktik umum lainnya adalah, para penipu kripto ini berpura-pura menjadi Elon Musk dengan akun yang amat mirip. Kemudian, akun palsu Elon Musk itu akan mengadakan giveaway kripto yang mengharuskan korban mengirim Bitcoin atau Ethereum.

Untuk melancarkan aksinya, penipu juga diiming-imingi akan menerima dua kali lipat Bitcoin sebagai imbalannya.

Berdasarkan kampanye yang dilacak The Independent pada 2018, lebih dari 400 orang telah jadi korban penipuan ini. Jumlah kerugian yang diderita mencapai ribuan dolar dalam bentuk mata uang kripto yang dikirimkan ke pelaku kejahatan.

Elon Musk sebelumnya menyebut penipu kripto ini sebagai "masalah paling menyebalkan dan mengganggu di Twitter." Ketika ia mengumumkan rencananya menawar Twitter bulan lalu, Elon Musk mengatakan dirinya ingin membuat Twitter jadi platform yang lebih baik dan membuat algoritmanya open source agar meningkatkan kepercayaan masyarakat.


Akuisisi Twitter

Elon Musk. (AFP/Tobias SCHWARZ)
Foto: Elon Musk

Elon Musk telah secara resmi membeli Twitter seharga USD 44 miliar atau sekitar Rp 635 triliun secara tunai.

Adapun rencana bos Tesla dan SpaceX ini sudah diungkap sejak 14 April 2022, dimana saat itu Elon Musk berniat membeli Twitter dengan harga USD 54,20 per lembar sahamnya.

"Kebebasan berbicara adalah landasan cara kerja demokrasi, dan Twitter adalah alun-alun kota digital di mana orang mendiskusikan isu-isu penting bagi masa depan umat manusia," kata Elon Musk dalam sebuah pernyataan yang menyertai siaran pers.

Dia menambahkan, "Saya ingin membuat Twitter lebih baik dari sebelumnya dengan meningkatkan produk dengan fitur baru, membangun algoritme open source, mengalahkan bot spam, dan mengautentikasi semua orang."

Sebelumnya, perusahaan sudah memiliki rencana cadangan yang akan digunakan untuk mempertahankan diri bilamana Twitter dibeli Elon Musk.

Kala itu, Twitter mengatakan dewannya dengan suara bulat mengadopsi apa yang disebut rencana hak pemegang saham, yang juga dikenal sebagai poison pill.

Namun berjalannya waktu, perusahaan pun terlihat semakin "melunak" dengan penawaran bos Tesla tersebut. Raksasa media sosial itu disebutkan kini “mengambil pandangan baru” pada tawaran Musk, dan kemungkinan akan terlibat dalam negosiasi, menurut The Wall Street Journal.

 


Dari Mana Uang Elon Musk Buat Beli Twitter?

FOTO: Elon Musk Bawa Ibunya yang Supermodel ke Met Gala 2022
Elon Musk ajak Ibu supermodelnya ke MetGala. Foto: (ANGELA WEISS/AFP)

Elon Musk resmi menjadi pemilik Twitter. Tawaran Elon Musk untuk membeli Twitter senilai USD 44 miliar atau Rp 635 triliun secara tunai disetujui oleh pemegang saham Twitter.

Elon Musk memang merupakan orang terkaya di dunia dengan total kekayaan USD 219 miliar (setara Rp 3.146,5 triliun).

Namun, uang Elon Musk tersebut sebagian besar berbentuk saham di Tesla, lantas dari mana asal uang yang dipakainya membeli Twitter?

Mengutip The Verge, Selasa (26/4/2022), dalam dokumen yang diajukan ke SEC, terungkap dari mana asal duit Elon Musk membeli Twitter secara tunai.

Rupanya, dari USD 44 miliar yang ia janjikan untuk membeli Twitter, Elon Musk memiliki uang tunai USD 21 miliar (setara Rp 303,3 triliun).

Menurut surat komitmen yang diajukan ke SEC, sisa uang tunai lainnya berasal dari bank investasi dan jasa keuangan Morgan Stanley dan berbagai lainnya.

Dalam sebuah surat, beberapa bank menawarkan pinjaman sebesar USD 13 miliar (Rp173,3 triliun) kepada Twitter. Sementara, dalam surat kedua, bank menawarkan pinjaman pribadi sebesar USD 12,5 miliar (Rp 180,5 triliun) terhadap saham Elon Musk di Tesla.

Sebelumnya, rencana Elon Musk beli Twitter terungkap sejak 14 April 2022, di mana saat itu Elon Musk berniat membeli Twitter dengan harga USD 54,20 per lembar sahamnya.

(Tin/Ysl)

Infografis Tekno Google Twitter
Infografis Tekno Google Twitter
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya