Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Gen Z di 2022, Mie Instan dan Serum Jadi Paling Laris

Tokopedia mencatat tren belanja online gen Z di 2022, ada lima kategori favorit yakni kesehatan, kecantikan, fesyen, handphone dan gadget, serta makanan dan minuman.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 31 Jan 2023, 18:30 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi aplikasi Tokopedia. (dok. Tokopedia)

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online ternyata masih menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia terutama gen Z atau mereka yang kini berusia 18 hingga 24 tahun. Hal itu diungkapkan oleh Head of External Communication Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan resminya.

"Sepanjang 2022, misalnya, kategori kesehatan, kecantikan, fesyen, handphone dan gadget, serta makanan dan minuman menjadi yang paling dicari Gen Z di Tokopedia," tuturnya lewat siaran pers yang diterima, Selasa (31/1/2023).

Menurut Ekhel, gen Z memang cenderung memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya terus menjalankan protokol kesehatan, sehingga produk di kategori ini termasuk menjadi yang paling populer di tahun lalu. Beberapa produk kesehatan yang terhitung laris manis di tahun lalu adalah masker medis, obat herbal, hingga tisu.

Selain kesehatan tubuh, gen Z juga peduli pada kesehatan wajah. "Terbukti dari produk serum wajah, krim wajah, dan pembersih wajah yang menjadi produk paling banyak dibeli gen Z lewat kategori kecantikan di Tokopedia," tuturnya melanjutkan.

Bicara soal fesyen, gen Z juga diketahui gemar tampil modis. Tokopedia mencatat di subkategori fesyen wanita, ada tas selempang, hijan segi empat serta sandal menjadi produk paling laku, sedangkan di subkategori fesyen pria, produk yang laris manis adalah kaos, sneaker, dan kemeja.

Ekhel melanjutkan, gen z terbilang sering berbelanja berbagai kebutuhan elektronik. Sejumlah produk yang mencatat penjualan terlaris untuk tahun lalu beberapa di antaranya adalah kabel data, perangkat Android, serta pelindung layar handphone.

Sementara di kategori makanan dan minuman pada platform marketplace ini, gen Z paling sering membeli mie instan, keripik, serta biskuit dan air. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Inisiatif Tokopedia

Tokopedia
Laman utama aplikasi Tokopedia. (Sumber: Tokopedia)

Melihat tren tersebut, Ekhel menuturkan, Tokopedia pun menghadirkan sejumlah inisiatif untuk memudahkan konsumen berbelanja harian.

Sebagai contoh, kini ada kampanye Zona Sehat, Tokopedia Beauty, Zona Ganteng, Women in Style, hingga Tokopedia Tekno dan Tokopedia Nyam. Tidak hanya itu, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada.

"Contohnya, ada KTP (Kumpulan Toko Pilihan) untuk membantu pembeli berbelanja dari penjual terdekat. Lalu, ada Dilayani Tokopedia agar pembeli bisa mendapatkan produk dari penjual di luar daerah dengan cepat dan ongkir terjangkau bahkan Rp 0," ujarnya menjelaskan.

Lewat berbagai inisiatif tersebut, Tokopedia mencatat Bantaeng (Sulawesi Selatan), Jepara (Jawa Tengah), dan Tidore (Maluku Utara) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli gen z tertinggi. Adapun Jayawijaya (Papua), Sabu Raiju (NTT), dan Muaro Jambi (Jambi) merupakan wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi gen z tertinggi sepanjang 2022.


Transaksi Travel di Tokopedia Naik 3,5 Kali Lipat

Tokopedia
Aplikasi Tokopedia. (Dok. Tokopedia)

Sebelumnya, Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi pada kategori Travel di platform-nya. Hal ini tidak lepas dari mementum akhir tahun yang cenderung dimanfaatkan masyarakat untuk wisata bersama keluarga atau teman ke destinasi yang diinginkan.

"Terbukti dari transaksi di kategori Travel di Tokopedia yang rata-rata melonjak hampir 3,5 kali lipat menjelang akhir tahun ini," tutur Travel and Entertainment Business Senior Lead Tokopedia Mirna Puspita dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (4/1/2022).

Berdasarkan data yang dikumpulkan, Jakarta, Medan, Bali, dan Surabaya menjadi tujuan destinasi wisata terpopuler untuk pembelian tiket pesawat.

Di sisi lain, Jabodetabek, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung merupakan wilayah destinasi yang paling diminati masyarakat untuk pembelian tiket kereta.

 


Peningkatan Transaksi Hotel di Berbagai Daerah

Belanja Makin Seru dengan Aktifkan Fitur Ini
Aplikasi Tokopedia.

Transaksi pemesanan hotel lewat Tokopedia menjelang liburan akhir tahun juga mengalami tren positif. Menurut Mitra, beberapa wilayah dengan pertumbuhan transaksi pemesanan hotel tertinggi adalah Batam, Medan, Samarinda, Sleman, dan Balikpapan.

"Rata-rata peningkatan transaksi pemesanan hotel di berbagai daerah tersebut mencapai hampir dua kali lipat," tutur Mirna. Dengan animo masyarakat yang tinggi dalam merencanakan liburan akhir tahun, Tokopedia pun menggelar program online travel fair Tokopedia Fantastrip.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya