Daftar Pelatih Timnas Esports Indonesia di SEA Games 2023, Zeys Latih MLBB

PBESI sudah mengumumkan daftar pelatih untuk Timnas Esports Indonesia di SEA Games 2023 mendatang, berikut daftarnya

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 20 Feb 2023, 18:36 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2023, 10:00 WIB
Hasil IESF 2022 Mobile Legends
Hasil IESF 2022 Mobile Legends: Indonesia kalahkan Kamboja dan lolos ke babak Grand Final. (Doc: Garudaku)

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) mengumumkan nama-nama pelatih untuk Tim Nasional (Timnas) Esports Indonesia di ajang SEA Games 2023.

Melalui pengumuman disampaikan melalui akun Instagram garudaku.esi tersebut, diungkapkan juga pelatih-pelatih ini akan mengasuh atlet di enam nomor pertandingan SEA Games 2023.

"Keenam nomor pertandingan ini akan diajukan PB ESI kepada Kemenpora untuk peninjauan final sebelum diikutsertakan dalam SEA Games 2023," tulis mereka, seperti dikutip Selasa (31/1/2023).

Para pelatih Timnas Esports Indonesia yang akan bertugas ini juga telah melalui proses seleksi selama dua bulan, dan sudah melakukan wawancara minimal dua kali dengan berbagai komponen timnas.

Adapun, salah satu pelatih adalah Bjorn Ong alias Zeys untuk nomor Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) Pria.

Pelatih EVOS Legends itu memang sebelumnya dikabarkan akan melatih Timnas Esports MLBB di SEA Games 2023. Apalagi, Zeys tidak muncul di roster teranyar EVOS Legends untuk MPL Indonesia Season 11.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Garudaku Esi (@garudaku.esi)

Berikut daftar pelatih Timnas Esports Indonesia di SEA Games 2023

  • Mobile Legends: Bang Bang (Pria) = Bjorn Ong a.k.a Zeys
  • Mobile Legends: Bang Bang (Wanita) = Tasia Eda Lestari a.k.a Tazy
  • PUBG Mobile (Squad 1) = Steven Valerian Danilo a.k.a S1NYO
  • PUBG Mobile (Squad 2) = Jendra Wahyudi a.k.a CAPT
  • PUBG Mobile (Solo) = Robby Mahardika Saputra a.k.a NATIC
  • Valorant = Baskoro Dwi Putra a.k.a roseau
  • Crossfire = Andrew Joseph a.k.a Bali

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali berharap agar cabang olahraga (cabor) esports dapat menutupi potensi kehilangan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja.


Menpora Ingin Esports Sumbang Emas di SEA Games 2023

Bali 14th World Esports Championship 2022
Menpora Zainudin Amali (dua dari kanan) saat menekan tombol dimulainya Bali 14th World Esports Championship 2022 bersama undangan lainnya di Merusaka Nusa Dua, Jumat malam (2/12/2022). (Bola.com/Maheswara Putra)

Hal itu disampaikan Amali dalam pertemuannya dengan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda Senayan, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu.

Pembahasan itu menitikberatkan pada upaya maksimal menutup proyeksi Indonesia kehilangan 37 medali emas dibandingkan SEA Games lalu, akibat nomor-nomor yang tidak dipertandingkan oleh Kamboja sebagai tuan rumah.

"Kita akan berpotensi kehilangan 37 medali emas, oleh karenanya kita harus berupaya maksimal mencari nomor dan cabor yang bisa menutup kehilangan tersebut," kata Menpora, seperti dikutip dari siaran pers Kemenpora, Minggu (8/1/2023).

Menpora mengatakan, selama ini cabor esports merupakan salah satu yang dipetakan dapat mendulang medali, sekaligus mampu menutup medali emas yang berpotensi hilang.

Menpora pun melihat hasil dari kejuaraan internasional di Bali beberapa waktu lalu, serta konsistensi selama ini.


Targetkan 5 Medali Emas Diraih

Simak Selusin Tips Main Mobile Legends Bagi Pemula, Modal Awal untuk Jadi Pro
Mobile Legends: Bang Bang. (Doc. Moonton)

Menpora pun menginstruksikan kepada PB ESI, agar apa yang diperlukan oleh cabang olahraga, dapat disiapkan dan difasilitasi segera.

"Apa yang diperlukan PB ESI dan cabor lain guna persiapan SEA Games segera difasilitasi, karena ini dapat dibilang extra ordinary (hilangnya medali emas dibandingkan SEA Games lalu," ujar Menpora.

Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo dalam pertemuan tersebut menyatakan kesiapannya atas amanah yang diberikan. Ia mengatakan, semua sudah mulai diolah dan dimatangkan terkait target SEA Games Kamboja.

"Kami Merah Putih, siap melaksanakan apa yang diamanahkan. Sementara ini, kami sudah petakan dari 10 nomor yang dipertandingkan sudah ada 5 medali emas yang kami targetkan dapat diraih," kata Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia itu.

Federasi Esports Kamboja juga telah mengumumkan sejumlah game yang akan dipertandingkan untuk cabang olahraga esports di SEA Games 2023 bulan Mei mendatang.

Mobile Legends: Bang Bang tentu saja bakal dipertandingkan di kompetisi olahraga se-Asia Tenggara ini. Selain itu, Valorant juga akan dipertandingkan. 


6 Game Dipertandingkan di Esports SEA Games 2023

Valorant
Riot Games resmi luncurkan Valorant. (Doc: Riot Games)

Mengutip Esports Charts, Minggu (8/1/2023), Cambodia Esports Federation mengungkapkan ada enam game yang dipertandingkan di SEA Games tahun ini. Mereka adalah:

  • Crossfire (PC)
  • League of Legends: Wild Rift (Mobile)
  • Mobile Legends: Bang Bang (Mobile)
  • PUBG Mobile
  • Valorant (PC)
  • Attack Online 2 (PC)

Kompetisi pria bakal digelar di semua game. Sementara kategori individual akan dilakukan untuk PUBG Mobile dan Attack Online 2. Satu-satunya game dengan turnamen wanita adalah MLBB.

Valorant sendiri menggantikan League of Legends di SEA Games yang terakhir pada 2021 di Hanoi, Vietnam. Namun itu bukan satu-satunya perbedaan.

Di SEA Games Kamboja tidak ada Wild Rift untuk wanita. Game yang dipertandingkan juga tidak sebanyak sebelumnya, dengan absennya Free Fire, Arena of Valor, dan FIFA Online 4.

Sementara itu, SEA Games Kamboja dijadwalkan diselenggarakan pada tanggal lima sampai 17 Mei 2023 mendatang.

(Dio/Ysl)

Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19
Infografis 12 Cara Sehat Hadapi Stres Era Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya