Mengulik Kemampuan Zoom Samsung Galaxy S23 Series 5G: dari 10x, 30x hingga 100x

Kemampuan zoom Samsung Galaxy S23 Series 5G menjadi yang paling tinggi di kelasnya, khususnya pada Galaxy S23 Ultra 5G yang bisa diperbesar sampai 100x zoom. Berikut cara memaksimalkan berbagai kemampuan zoom untuk membuat konten fotografi lebih epik.

oleh Iskandar diperbarui 14 Mar 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2023, 18:00 WIB
Samsung Galaxy S23 Series
Samsung Galaxy S23 Series (Foto: Samsung)

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan zoom Samsung Galaxy S23 Series 5G menjadi yang paling tinggi di kelasnya, khususnya pada Galaxy S23 Ultra 5G yang bisa diperbesar sampai 100x zoom.

Banyak pengguna yang memaksimalkan kemampuan zoom ini untuk mengambil gambar jarak jauh yang tak bisa diambil oleh smartphone lain dengan persisi sama, misalnya untuk mengambil keindahan bulan.

Namun sebenarnya, ada banyak objek yang bisa kamu abadikan dengan mengeksplor kemampuan zoom Galaxy S23 Series 5G.

Kamu bisa mengatur dengan leluasa kemampuan zoom pada Galaxy S23 Series 5G hanya dengan menggeser panel pengaturan zoom pada bagian bawah layar di aplikasi kamera.

Beberapa pengaturan yang sering digunakan seperti 0,5x atau wide lens, 3x zoom, 10x zoom, 30x zoom, hingga 100x zoom. Fungsinya bisa disesuaikan dengan situasi dan objek yang ingin diabadikan.

Fotografer Adventure Andhika Bayu menjelaskan kemampuan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. Liputan6.com/Iskandar

Kamu bisa mengikuti beberapa contoh penggunaan zoom dari fotografer profesional Andhika Bayu berikut, untuk memaksimalkan berbagai kemampuan zoom untuk membuat konten fotografi lebih epik.

  • 0,5x zoom dapat digunakan untuk mengabadikan pemandangan menggunakan wide lens sehingga lebih banyak tampilan gambar yang dapat masuk ke dalam satu frame.
  • 3x zoom dapat digunakan jika kamu ingin mengabadikan pemandangan dengan angle tertentu, sehingga kamu bisa mengarahkan kamera ke objek pemandangan yang diinginkan tanpa terlalu banyak distraksi dalam satu frame.
  • 10x zoom bisa kamu gunakan ketika ingin mengabadikan sebuah objek dari jarak jauh, namun kamu tetap ingin elemen pada latar belakang objek masuk ke dalam frame gambar. Contohnya, kamu ingin mengabadikan perahu di laut dengan latar langit sore hari dari pesisir pantai.
  • 30x zoom bisa digunakan untuk mengambil gambar yang fokus pada suatu objek dari jarak jauh. Misalnya, kamu ingin mengambil aksi satwa di habitatnya, namun tak bisa terlalu mendekat.
  • 100x zoom bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan jarak sangat jauh dalam kondisi objek diam dan stabil, seperti bulan, bangunan tinggi, dsb.

Kemampuan dalam memotret dari kejauhan ini makin mantap dengan hadirnya 2x wider Optical Image Stabilizer (OIS) yang bikin hasil tangkapan gambar Samsung Galaxy S23 5G lebih stabil dan minim blur, meski kamu menggunakan shutter speed lebih lambat untuk hasil foto yang lebih terang atau pada saat memotret sambil bergerak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keunggulan Kamera Samsung Galaxy S23: dari 200MP, Selfie, hingga Video Lebih Stabil

Unboxing Samsung Galaxy S23 Ultra 5G
Dirilis dengan One UI 5.1, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G dilengkapi dengan fitur pendukung foto Expert RAW. Pengguna juga bisa bereksperimen menggunakan mode foto Astrophoto untuk mengabadikan langit penuh bintang. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W). 

Samsung telah mulai menjual Samsung S23 series secara langsung di berbagai toko fisik dan online. Salah satu nilai jual utama Samsung Galaxy S23 series adalah kameranya, terutama untuk Galaxy S23 Ultra yang dibekali kamera 200MP.

Samsung mengklaim, Samsung Galaxy S23 series menghadirkan inovasi kamera terdepan di industri, yang memungkinkan pengguna berbagi sisi paling epic melalui foto dan video berkualitas tinggi, kapan pun dan di mana pun.

Diungkap Mobile Experience Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus, Samsung Galaxy S23 Series hadir dengan teknologi kamera lebih epic dari generasi pendahulunya.

"Adaptive sensor 200MP di Galaxy S23 Ultra 5G hingga pemanfaatan teknologi terbarukan seperti kecerdasan buatan yang lebih optimal di seluruh lini perangkat, memberi keleluasaan pengguna dalam membuat konten paling epic apa pun kondisi pencahayaan yang dihadapi pengguna," tutur Verry.

Berikut adalah keunggulan kamera Samsung S23 Series:

Kamera Adaptive Pixel 200MP

Salah satu idaman banyak orang saat ngonten adalah foto berkualitas tinggi. Pasalnya kualitas foto lebih baik bisa membuat konten jadi lebih menarik, baik itu potret diri, makanan, hingga pemandangan.

Samsung Galaxy S23 Series pun hadir dengan kamera 200MP yang memungkinkan pengguna jepret foto berkualitas tinggi.

Adapun adaptive pixel 200MP di Galaxy S23 Ultra menawarkan detail dengan resolusi 16 kali lebih tinggi dibanding pendahulunya.

Kamera ini juga dilengkapi fitur HDR resolusi 50MP dengan dynamic range yang 4 kali lebih luas dari sebelumnya.


Hasilkan Gambar Tajam di Kondisi Minim Cahaya

Hasil foto dengan Galaxy S23 Ultra
Hasil foto malam hari dengan Galaxy S23 Ultra, dengan mode Portrait (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Galaxy S23 Ultra dibekali teknologi Tetra2pixel yang membuat kamera bisa menghasilkan gambar minim noise di tiap kondisi pencahayaan. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan foto lebih tajam dan vivid, saat kondisi terang atau minim cahaya.

Semua model Galaxy S23 series juga dibekali teknologi Detail Enhancer. Hal ini dilatarbelakangi saat memotret di kondisi backlight sering kali hasil foto terlalu gelap.

Namun dengan Detail Enhancer, pengguna bisa mendapat hasil foto jadi lebih cerah. Begitu juga dengan saat ambil foto dari jarak cukup jauh, hasilnya mungkin buram, namun Detail Enhancer membuat hasil foto lebih detail meski dizoom sekali pun.


Dukungan Pemrosesan AI untuk Foto Potrait Lebih Smooth

Aktris Dian Sastrowardoyo bersama Samsung Galaxy S23 Ultra warna Cream. Kini, Samsung Galaxy S23 series 5G sudah bisa dibeli di Indonesia. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).
Aktris Dian Sastrowardoyo bersama Samsung Galaxy S23 Ultra warna Cream. Kini, Samsung Galaxy S23 series 5G sudah bisa dibeli di Indonesia. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).

Mengambil foto potrait seringkali tricky, karena tidak jarang saat tap wajah orang yang difoto, fokus kamera hanya tertuju pada wajah tetapi bagian lain seperti rambut ikut buram. Hal ini membuat hasil foto kurang maksimal.

Galaxy S23 Series pun didukung pro-grade camera yang memungkinkan pengguna mendapat foto portrait epic secara hassle-free.

Samsung membekali Samsung Galaxy S23 series dengan teknologi Dual Pixel, yang membuat seluruh pikses dalam sensor gambar kamera memiliki dua fungsi sekaligus, yakni autofocus dan penyerapan warna.

Kamera pun mampu menjalankan fungsi autofocus dengan lebih cepat dan akurat sembari mempertahankan kualitas warna dan detail foto. Hasilnya, foto portrait bisa jadi tajam dan kualitas fokus yang baik.

Agar pengguna bisa mendapat efek bokeh yang smooth, Galaxy S23 series 5G didukung AI Stereo Depth Map yang membantu kamera memetakan mana elemen yang harus tampil lebih fokus dan mana yang diburamkan.

Pengguna juga bisa memilih tingkat keburaman dan mode bokeh yang menarik, misalnya Studio, High-Key, dan Low-key Mono, serta Backdrop.


Kamera Selfie

Foto selfie dengan Galaxy S23
Penyanyi Lyodra Ginting berfoto selfie dengan Samsung Galaxy S23 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Samsung menurunkan ukuran MP kamera selfie di Galaxy S22 Ultra yang semula 40MP ke 12MP di Galaxy S23 series. Meski begitu perusahaan mengklaim kualitasnya lebih baik dari seri terdahulu berkat sensor gambar terbaru dengan optimalisasi kecerdasan buatan yang lebih maksimal.

Samsung menerapkan teknologi AI object-aware engine, memberi kemampuan identifikasi objek yang lebih baik. Sehingga, kamera mampu hasilkan gambar lebih tajam dengan warna lebih hidup.

Fitur ini mengusung kualitas selfie Galaxy S23 series lebih epic, termasuk saat mengambil portrait selfie. Karena, teknologi AI object-aware engine tersebut bisa membedakan sosok orang dan latar belakangnya dengan lebih akurat.


Perekaman Video Lebih Stabil

Menggunakan fitur zoom di Galaxy S23 Ultra untuk menjepret momen konser Raisa dari kejauhan
Menggunakan fitur zoom di Galaxy S23 Ultra untuk menjepret momen konser Raisa dari kejauhan. (Liputan6.com/ Aditya Eka Prawira).

Samsung menyadari, pengguna kini banyak membuat konten video untuk diunggah ke TikTok atau Reels. Samsung Galaxy S23 series pun berupaya membantu pengguna membuat video dengan kualitas epic.

Salah satunya berkat fitur Enhanced Sharpness yang berfungsi meminimalisasi noise di kondisi minim pencahayaan. Selain itu, kemampuan Detail Sharpness mereduksi noise juga berlaku di kamera di dalam aplikasi medsos seperti IG, TikTok, dan Snapchat.

Untuk membantu pengguna mendapatkan video stabil, Samsung Galaxy S23 series juga dibekali penggandaan OIS 2x dan Adaptive VDIS. Keduanya membuat konten video lebih stabil dan minim blur, termasuk saat merekam banyak gerakan termasuk saat merekam video malam hari.


Peringkat ponsel kelas mid-range dengan skor AnTuTu terbaik Februari 2023. (AnTuTu Benchmark)

Peringkat Ponsel dengan Skor AnTuTu Terbaik Februari 2023
Peringkat ponsel kelas mid-range dengan skor AnTuTu terbaik Februari 2023. (AnTuTu Benchmark)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya