Adu Performa Baterai Oppo Find N2 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip4 ala DXOMARK, Siapa Juaranya?

DXOMARK melakukan uji ketahanan baterai Oppo Find N2 Flip dengan Samsung Galaxy Z Flip4. Siapa pemenangnya?

oleh Iskandar diperbarui 26 Apr 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 26 Apr 2023, 06:30 WIB
[kiri-kanan] Samsung Galaxy Z Flip4 dan Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar
[kiri-kanan] Samsung Galaxy Z Flip4 dan Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar

Liputan6.com, Jakarta - DXOMARK, situs web populer yang biasa menguji sejumlah perangkat gadget seperti smartphone secara ilmiah, telah melakukan uji ketahanan baterai Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip4.

Selama proses pengujian baterai dari kedua smartphone layar lipat ini, DXOMARK mengklaim telah melakukan rangkaian uji ketat untuk mengukur kinerjanya dari isi otonomi, pengisian daya, dan efisiensi dalam beberapa kasus penggunaan umum.

Dari segi spesifikasi, Oppo Find N2 Flip memiliki kapasitas baterai 4300mAh dengan kepala charger 44W di dalam paket penjualan. Sementara Samsung Galaxy Z Flip4 diperkuat baterai 3700mAh dengan kepala charger 25W (di luar paket penjualan).

Performa baterai Oppo Find N2 Flip mendapatkan total skor 108 dengan masing-masing skor otonomi 100, pengisian daya 112, dan efisiensi 126.

Untuk kinerja baterai Samsung Galaxy Z Flip4 mendapatkan total skor 95 dengan masing-masing skor otonomi 83, pengisian daya 105, dan efisiensi 115.

Dalam pengujian penggunaan umum, baterai Oppo Find N2 Flip mampu bertahan hingga 2 hari 1 jam, di mana waktu pengisian daya hingga 100 persen membutuhkan waktu sekitar 1 jam 27 menit.

Sementara masa pakai baterai Samsung Galaxy Z Flip4 mampu berhanan hingga 1 hari 18 jam, yang mana waktu pengisian daya hingga 100 persen membutuhkan waktu sekitar 2 jam 4 menit.


Performa Baterai Oppo Find N2 Flip

[kiri-kanan] Samsung Galaxy Z Flip4 dan Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar
[kiri-kanan] Samsung Galaxy Z Flip4 dan Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar

DXOMARK menilai performa otonomi Oppo Find N2 Flip lumayan baik. Baterai 4300mAh bertahan sedikit lebih dari 2 hari, yang jauh lebih baik dari perangkat flip lainnya.

Otonomi saat bermain game cukup mengesankan, namun otonomi yang diukur saat menelepon atau dalam perjalanan di bawah ekspektasi.

Pengalaman pengisian daya sedikit di bawah rata-rata, dan otonomi yang dipulihkan dari pengisian cepat 5 menit lebih rendah.

Pengisi daya 44W membutuhkan waktu 1 jam 27 menit untuk mengisi penuh baterai, sementara pengisian cepat 5 menit hanya memberikan otonomi rata-rata 3 jam 23 menit.

Hasil efisiensi pengisian daya menunjukkan perangkat dioptimalkan dengan baik, mengingat arus pelepasan untuk streaming video dan game selama skenario penggunaan umum cukup rendah.

"Nyatanya, arus pelepasan untuk bermain game adalah yang terbaik yang pernah kami ukur sejauh ini," tulis DXOMARK, dikutip Selasa (25/4/2023).

Jika dibandingkan dengan ponsel lain di segmen Ultra-Premium, performa baterai Oppo Find N2 Flip berada di paruh atas database. Otonominya lumayan, dan bahkan sedikit di atas rata-rata. Pengalaman pengisian daya di bawah rata-rata, tetapi efisiensinya luar biasa.

 


Performa Baterai Samsung Galaxy Z Flip4

[kiri-kanan] Layar utama Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip4 saat dibuka sepenuhnya. Liputan6.com/Iskandar
[kiri-kanan] Layar utama Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip4 saat dibuka sepenuhnya. Liputan6.com/Iskandar

"Performa baterai Samsung Galaxy Z Flip4 menempatkan perangkat di bagian bawah database kami. Performanya buruk dalam pengujian otonomi kami, menghabiskan banyak daya selama fase diam dan di semua pengujian yang dikalibrasi, terutama streaming musik dan bermain game," klaim DXOMARK.

Saat digunakan di luar, ini juga menunjukkan otonomi yang sangat rendah di semua kasus penggunaan, terutama saat menggunakan navigasi GPS.

Pengisi daya 25W membutuhkan waktu 2 jam 4 menit untuk mengisi penuh baterai 3700 mAh, yang lebih lama dari rata-rata di database DXOMARK. Efisiensi pengisian daya secara keseluruhan rendah, tetapi efisiensi pengisi dayanya lumayan.

Pengisi daya ini menghabiskan sangat sedikit daya saat baru saja dicolokkan ke soket, atau saat perangkat terisi penuh dan masih tersambung.

"Pengisi daya nirkabel tidak bekerja lebih baik, membutuhkan waktu 2 jam 37 menit untuk mengisi penuh daya perangkat. Efisiensi pengisian daya sangat rendah, dan konsumsi sisa dudukan nirkabel itu sendiri adalah yang tertinggi dalam database kami hingga saat ini," DXOMARK menambahkan.

Arus pelepasan rata-ratanya sendiri tergolong rendah, artinya perangkat dioptimalkan dengan baik, kecuali selama waktu diam dan streaming musik.

Jika dibandingkan dengan perangkat dari segmen Ultra-premium, Samsung Galaxy Z Flip4 berada di paruh kedua peringkat DXOMARK, dengan skor pengisian daya yang sangat rendah dan skor saat bepergian terendah hingga saat ini.

Pun demikian, skor efisiensi sangat baik berkat arus pelepasan yang sangat rendah.

 


Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI
Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya