Pengguna Aktif Bulanan Spotify Tembus 500 Juta untuk Pertama Kalinya

Dalam laporan pendapatan terbarunya, Spotify melaporkan bahwa pada 31 Maret 2023, jumlah pengguna layanan streaming mereka sudah tembus 500 juta

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 27 Apr 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2023, 11:00 WIB
Spotify Platform
Spotify Platform (Photo by Heidi Fin on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Layanan streaming Spotify mengumumkan bahwa mereka telah memiliki lebih dari setengah miliar pengguna aktif bulanan per 31 Maret 2023.

Di laporan kuartal pertama 2023, Spotify menyebut bahwa pada periode tersebut, mereka sudah memiliki tepatnya 515 juta pengguna, atau meningkat 22 persen dibandingkan tahun lalu, atau 5 persen dibanding kuartal terakhir.

Perusahaan mengatakan, pertumbuhan pengguna aplikasi streaming musik ini melebihi ekspektasi mereka yaitu 15 juta.

Dalam laman resminya juga diungkapkan bahwa pertumbuhan pengguna didorong dari pasar yang masih berkembang maupun yang sudah maju, dan dari seluruh usia pengguna.

CEO Spotify Daniel Ek, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (27/4/2023) mengatakan, hasil ini mewakili pertumbuhan pengguna terbesar kedua dalam sejarah layanan tersebut.

Sementara untuk pelanggan Premium atau berbayar, tercatat mencapai 210 juta, atau meningkat 15 persen dari tahun ke tahun, di mana pasar Eropa dan Amerika Latin mendorong pertumbuhan paling banyak.

Meski begitu, layanan streaming ini masih dibukukan kerugian operasional bersih sebesar €156 juta untuk kuartal tersebut.

Mengutip Engadget, ini jauh lebih banyak daripada kerugian €6 juta yang terjadi pada kuartal pertama tahun 2022, meski ini lebih baik daripada kerugian Spotify sebesar €270, di kuartal sebelumnya.

Laporan jumlah pengguna Spotify terbaru ini mengikuti beberapa pemangkasan yang dilakukan oleh perusahaan baru-baru ini.

Di akhir Januari 2023, Spotify mengumumkan bakal melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap enam persen tenaga kerjanya secara global, yang diperkirakan berdampak pada hampir 600 pekerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Spotify Live Ditutup

Ilustrasi Spotify
Ilustrasi Spotify. Kredit: StockSnap via Pixabay

Spotify juga mengumumkan penutupan beberapa proyek sampingan termasuk Spotify Live yang mirip Clubhouse, hingga permainan musik ala Wordle, Heardle.

Menurut Daniel Ek, dalam laporan pendapatan terakhirnya, prioritas utama Spotify untuk tahun 2023 adalah "kecepatan dan efisiensi."

Sebelumnya, dalam keterangan yang diterima The Verge, Selasa (4/4/2023), juru bicara perusahaan, Gayle Gaviola Moreau mengonfirmasi Spotify akan segera menghentikan operasional aplikasi Spotify Live.

Menurutnya, Spotify Live tidak memungkinkan untuk terus berdiri sebagai aplikasi independen.

Sementara itu, Spotify menunjukkan akan terus menawarkan fitur live audio secara terbatas di aplikasi utama Spotify, seperti listening parties. Fitur ini memungkinkan penggemar teratas untuk terkoneksi dengan artis favoritnya di ruang virtual.

"Sementara aplikasi Spotify Live dimatikan sepenuhnya, kami akan terus berinvestasi, berinovasi, dan bereksperimen pada format baru untuk pembuat dan pendengar di seluruh dunia," kata Gaviola Moreau.

Gaviola menambahkan, Spotify telah mengamati penggunaan berbagai fitur di aplikasi ini yang akan terus dikembangkan untuk memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik.

"Kami telah melihat hasil yang menjanjikan dalam kasus penggunaan listening party yang berfokus pada artis, yang akan terus kami jelajahi untuk memfasilitasi interaksi langsung antara artis dan penggemar," lanjutnya.


Komang Jadi Lagu Paling Banyak Diputar dalam Sehari

Raim Laode SUCA 2
Raim Laode SUCA 2

Sementara di Tanah Air, penyanyi 28 tahun asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Raim Laode, memecahkan rekor di tahun 2023 dengan lagu Komang-nya.

Lagu yang menceritakan cinta Raim Laode untuk sang istri ini menjadi lagu paling banyak didengarkan selama 24 jam di Spotify Indonesia pada 3 April 2023.

Single terbaru tersebut berhasil melampaui rilisan sebelumnya seperti lagu Hati-Hati di Jalan dari Tulus dan Glimpse of Us dari Joji.

Melalui keterangan resmi Spotify yang diterima Jumat (7/4/2023), Raim Laode mengungkapkan sukacitanya.

"Saya bahagia sekali melihat lagu ini diterima dengan baik oleh para pendengar. Ketika lagu ini dirilis pada bulan Agustus 2022, saya tidak pernah menyangka lagu ini akan menjadi viral," katanya.

Raim Laode melanjutkan, "Pencapaian ini membuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin. Inilah yang memperkuat keyakinan saya, bahwa terkadang mimpi terwujud di waktu yang tidak terduga."

 


Top 5 Indonesia 4 Minggu Berturut-turut

Raim Laode SUCA 2
foto: IG/@raimlaode

Sekadar informasi, Komang masuk ke tangga lagu Top 50 Indonesia di Spotify pada 16 Februari 2023 dengan menempati posisi ke-22. Komang berhasil mencapai posisi ke-2 pada minggu berikutnya.

Tak lama berselang, pada 2 Maret 2023, lagu Komang berhasil menduduki posisi teratas di Top 5 Indonesia selama empat minggu berturut-turut.

Tidak hanya itu, lagu viral Komang juga berhasil memecahkan rekor sepanjang masa untuk jumlah streaming terbanyak dalam satu hari, dibandingkan semua lagu di Spotify Indonesia.

Komang menyalip lagu milik Tulus, Hati-Hati di Jalan dan Sial milik Mahalini dengan lebih dari dua juta streaming.

(Dio/Isk)

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal
Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya