Siap-Siap, AOV Premier League 2023 Bakal Digelar di Bangkok Mulai 28 Juni 2023

Garena mengumumkan bahwa Group Stage dan Grand Final AOV Premier League 2023 akan digelar di Bangkok, Thailand, mulai 28 Juni 2023

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 29 Apr 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2023, 10:00 WIB
Arena of Valor Premier League 2023 (Garena)
Arena of Valor Premier League 2023 (Garena)

Liputan6.com, Jakarta - Garena mengumumkan Arena of Valor (AOV) Premier League 2023 atau APL 2023 akan digelar di Bangkok, Thailand selama Juni hingga Juli mendatang.

Nantinya, tim-tim AOV dari berbagai wilayah akan berlaga dalam turnamen esports yang diselenggarakan pada 9 Juni sampai 23 Juli 2023 tersebut.

Mengutip siaran pers, Sabtu (29/4/2023), Garena mengungkapkan, babak Wildcard akan membuka lebih dari 4 slot atau lebih pada Group Stage per liga.

APL 2023 akan dimulai dengan babak Wildcard pada 9 sampai 11 Juni 2023. Delapan tim akan berlaga di tahap ini, yaitu tim peringkat 4 dan 5 dari Garena Challenger Series (GCS), RoV Pro League (RPL), Arena of Glory (AOG).

Sementara itu di babak ini, Indonesia akan diwakili oleh tim dari posisi tiga dan empat AOV Star League (ASL) Spring, yang telah digelar bulan Maret lalu.

Selama tiga hari, semua tim esports AOV ini akan bertarung di babak Wildcard dalam format double-elimination, demi memperebutkan tiga slot terakhir ke babak Group Stage.

Tim yang lolos ke Group Stage nantinya akan bertarung di Bangkok pada 28 Juni sampai 9 Juli 2023, dengan format single round robin.

14 tim Arena of Valor yang akan berlaga di babak ini merupakan tim-tim terkuat yang lolos dengan status tiga tim teratas dari masing-masing turnamen GCS, RPL, AOG, dua tim teratas ASL, serta tiga tim yang lolos dari babak Wildcards.


Tim di AOV Premier League 2023

Arena of Valor
Arena of Valor. Liputan6.com/ Yuslianson

Semua tim lalu dibagi ke dalam dua grup berisi tujuh tim, dengan hanya empat tim teratas yang akan lolos ke Quarter Finals pada 13 sampai 16 Juli 2023.

Babak Quarter Finals akan menggunakan format double elimination untuk memperebutkan dua slot ke babak Semi Finals.

Semi Finals kemudian digelar pada 22 sampai 23 Juli 2023, dengan format double elimination, sementara Grand Finals AOV Premier League 2023 akan diselenggarakan pada 23 Juli dengan format single elimination.

Garena juga mengungkapkan, akan ada 19 tim peserta yang berpartisipasi di APL 2023, dengan susunan 4 dari ASL dan 5 tim dari AOG, GCS, dan RPL.

Daftar Tim Peserta APL 2023

Wildcard Round

  • AOG: Peringkat 4 dan 5
  • ASL: AEsir, Draven
  • GCS: Hong Kong Attitude, ONE Team Esports
  • RPL: B Esports x Goldcity, eArena

Group Stage

  • AOG: 1st, 2nd, and 3rd seeds (AOG Finals akan dilaksanakan pada 14 Mei 2023)
  • ASL: Dewa United Esports, Kagendra
  • GCS: BRO Esports, Flash Wolves, Most Outstanding Player
  • RPL: Bacon Time, Buriram United Esports, Valencia CF Esports
  • Wildcard round: Top 3 seeds

 


Hadirkan AOV Day dan Festival 5v5

Arena of Valor
Arena of Valor. (Istimewa)

Kemudian di babak pamungkas AOV Premier League 2023 pada 23 Juli, para pemain dan penggemar juga akan disuguhi AOV Day, yang membawa berbagai event dan hadiah, serta karakter dan skin baru.

Pemain juga bisa mengikut festival 5V5 pada 26 April sampai 31 Mei 2023. Di event ini, akan dibagikan skin Lauriel dan Kahli secara cuma-cuma buat para Challengers di Indonesia.

Menurut Garena, Festival 5V5 bertujuan menyatukan komunitas AOV dalam rangkaian event menarik, yang mengajak para pemain untuk lebih banyak mabar dengan teman di medan pertempuran.


AOV Kolaborasi dengan Sailor Moon

Arena of Valor akan memulai kolaborasi terbaru mereka dengan Pretty Guardian Sailor Moon Cosmos the Movie pada 2 Mei 2023 (Garena)
Arena of Valor akan memulai kolaborasi terbaru mereka dengan Pretty Guardian Sailor Moon Cosmos the Movie pada 2 Mei 2023 (Garena)

Di sisi lain, AOV juga baru saja resmi mengumumkan kolaborasi terbaru mereka dengan Pretty Guardian Sailor Moon Cosmos the Movie, yang akan hadir mulai 2 Mei 2023.

Adapun, menurut Garena melalui siaran persnya, Jumat (28/9/2023), kolaborasi dengan serial manga Jepang legendaris yang dirilis pertama kali di 1991 ini, akan dimulai bersamaan dengan Festival 5V5.

Dalam kolaborasi ini, AOV nantinya bakal menghadirkan tiga karakter utama dari Sailor Moon yaitu Eternal Sailor Moon atau Usagi, Eternal Sailor Chibi Moon atau Chibiusa), dan Tuxedo Mask atau Mamoru Chiba.

Ketiga karakter dari manga karya Naoko Takeuchi ini akan hadir secara eksklusif dan terbatas di AOV.

"Mereka bertiga akan hadir untuk memperjuangan cinta dan keadilan, dan membantu kalian dalam mencapai kemenangan," tulis Garena lebih lanjut melalui pengumuman kolaborasinya.

Garena juga mengungkapkan bahwa dalam kolaborasi dengan Sailor Moon ini, akan hadir fitur baru.

Garena menjanjikan para pemain "akan merasakan pengalaman bermain yang berbeda dari sebelumnya dan yang pasti akan membuat karakter kalian semakin bersinar di medan pertempuran."

(Dio/Dam)

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya