MA Ubah Vonis Mati Ferdy Sambo Jadi Penjara Seumur Hidup, Warganet: Udah Enggak Kaget Lagi

Warganet mengaku sudah tak kaget dengan putusan MA mengabulkan permohonan kasasi Ferdy Sambo yang semula divonis hukum mati kini jadi penjara seumur hidup.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 08 Agu 2023, 19:17 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2023, 19:17 WIB
Lambaian Tangan Ferdy Sambo Sesaat Sebelum Sidang Vonis Kasus Pembunuhan Brigadir J
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo saat bersiap menjalani sidang putusan di PN Jakarta Selatan, Senin (13/2/2023). Pembacaan putusan kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J ini akan disampaikan oleh Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Mahkamah Agung (MA) menerima permohonan kasasi Ferdy Sambo soal hukumannya dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Dengan diterimanya kasasi Ferdy Sambo, hukuman mati yang sebelumnya diputus oleh pengadilan kini berubah jadi penjara seumur hidup.

"Pidana penjara seumur hidup," demikian bunyi petitum putusan MA yang dibacakan Ketua Majelis, Suhadi, saat sidang, Selasa (8/8/2023) sebagaimana dikutip dari Merdeka.com.

Sebelumnya, Ferdy Sambo mengajukan banding atas vonis mati yang dijatuhkan oleh PN Jakarta Selatan.

Namun, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan putusan hukuman mati. Oleh karenanya, suami Putri Chandrawati ini pun mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung.

Hasil putusan kasasi oleh MA yang dimohon oleh Ferdy Sambo ini pun mendapatkan tanggapan dari warganet. Warganet heran dengan diterimanya permohonan kasasi Ferdy Sambo itu.

Ada pula warganet yang mengaku sudah tidak kaget dengan hasil putusan kasasi Ferdy Sambo penjara seumur hidup.

"Wkwkwk ga kaget lagi mah," tulis akun @sau***.

"Gak kaget, udah bebasin ajalah. Emangnya masyarakat tau kalo dia bener dipenjara kalo hukuman cuma penjara seumur hidup," kata akun @kop***.

"Kok ga kaget ya," ujar warganet lainnya @yah***.

"Dissappointed but not surprised," kata @ali***.

"Udah ketebak, nggak terkejut lagi," tulis @y_s***.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warganet Sebut Tak Masuk Akal

Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Jalani Sidang Lanjutan Kasus Pembunuhan Brigadir J
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo memberikan isyarat saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12/2022). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan kesaksian tiga orang saksi yakni Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ada pula yang menyebut hasil putusan MA yang menerima permohonan kasasi Ferdy Sambo itu tak masuk akal.

"Periksa periksa menyeluruh, gak masuk akal nih," kata akun @pun***.

Dari keputusan penjara seumur hidup tersebut, warganet menerka-nerka.

"Jalan 10 tahun, remisi jadi tahanan kota. Emang paling enak tinggal di Indonesia," kata warganet lainnya.

Tentang Putusan MA Ferdy Sambo

Mengutip kanal News Liputan6.com, Mahkamah Agung (MA) telah selesai melaksanakan sidang kasasi vonis pidana mati yang diajukan oleh Ferdy Sambo, terpidana kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Hasilnya, majelis hakim memutus hukuman atas terpidana menjadi seumur hidup.

“Nomor 1. Nomor perkara 813 K/Pid/2023 terdakwa Ferdy Sambo SH SIK MH. Putusan PN Pidana Mati. Putusan PT menguatkan. Pemohon kasasi diajukan oleh Penuntut Umum dan terdakwa. Amar putusan kasasi, tolak kasasi Penuntut Umum dan Terdakwa dengan perbaikan kualifikasi tindak pidana dan pidana yang dijatuhkan,” tutur Kepala Biro dan Humas MA Sobandi di Gedung MA, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2023).

“Menjadi melakukan pembunuhan berencana secara bersama-sama dan tanpa hak melakukan tindakan yang berakibat sistem elektronik tidak bekerja sebagaimana mestinya yang dilakukan bersama-sama. Pidana penjara seumur hidup. Keterangan. P2 dan P3 dissenting opinion,” sambung Sobandi.


Permohonan Kasasi Jadi Langkah Sambo Lolos dari Hukuman Mati

Ferdy Sambo Jadi Saksi Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Maruf
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo usai menjadi saksi dalam menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022). Ferdy Sambo menjadi saksi untuk terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf di persidangan perkara pembunuhan berencana Brigadir J. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Makhamah Agung (MA) telah menerima berkas Kasasi Ferdy Sambo, terdakwa kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Hal itu merupakan langkah lain untuk lepas dari jerat hukuman mati.

Juru bicara (Jubir) MA Suharto membenarkan pihaknya telah menerima berkas Kasasi dari Ferdy Sambo. Sejauh ini, tim sudah mempelajari atas kelengkapan berkas perkara tersebut.

"Mahkamah Agung sudah menerima berkas kasasi Ferdy Sambo dan yang lain dan telah ditelaah kelengkapan berkasnya," tutur Suharto kepada wartawan, Jumat (23/6/2023).

Menurut Suharto, pihaknya sedang melakukan proses registrasi kasasi kasus Ferdy Sambo untuk kemudian diselenggarakan persidangan. Setelahnya, MA akan mengajukan usul edar untuk perkara tersebut.

"Baru nanti ditunjuk majelis baru, distribusi ke majelis baru, kemudian majelis membaca berkas (Kasasi)," jelas Suharto.

Infografis Ferdy Sambo Vonis Hukuman Mati dan Perjalanan Persidangan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ferdy Sambo Vonis Hukuman Mati dan Perjalanan Persidangan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya