Deretan Platform Self Publishing untuk Publikasi Karya Mandiri di Era Digital

Penebit tidak hanya menyediakan e-book, tetapi juga menawarkan penerbitan mandiri atau self publishing yang nantinya juga akan menghasilkan produk berupa e-book.

oleh Mustika Rani Hendriyanti diperbarui 06 Sep 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2023, 20:00 WIB
Kindle Amazon
Amazon Kindle. (Unsplash/felipepelaquim)

Liputan6.com, Jakarta - Di era digital, tidak dapat dipungkiri bahwa segala hal turut disajikan dalam bentuk digital. Salah satunya adalah buku digital atau yang biasa kita sebut dengan e-book.

Pasar e-book berkembang sangat pesat belakangan ini. Bahkan banyak perusahaan penerbitan yang menawarkan e-book di samping buku cetak yang mereka tawarkan. Demikian seperti dikutip dari New York Times, Rabu (6/9/2023).

Mengikuti adanya perkembangan ini, penebit tidak hanya menyediakan e-book, tetapi juga menawarkan penerbitan mandiri atau self publishing yang nantinya juga akan menghasilkan produk berupa e-book.

Dalam membuat e-book atau melakukan self publishing, sama halnya dengan menerbitkan buku cetak. Kamu perlu menyajikan produk buku yang baik agar dapat diterima di pasaran.

Buatlah sampul yang bagus, menarik, dan profesional untuk e-book yang akan kamu terbitkan. Kamu bisa membuat sampul dengan bantuan desainer grafis berpengalaman dalam membuat sampul buku.

Namun, jika kamu memiliki kemampuan dalam desain, kamu bisa melakukannya sendiri dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi desain yang tersedia.

Selain dari segi penampilan, kamu juga harus menetapkan harga jual e-book yang akan kamu terbitkan dan memasarkannya sendiri. Kamu bisa melakukan promosi atau mempublikasi karya kamu melalui media sosial atau blog.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mempertimbangkan cara termudah dan hemat biaya untuk memproduksi e-book kamu, serta di mana kamu akan mendistribusikannya.


Platform Self Publishing yang Bisa Kamu Coba

Platform Self Publishing yang Bisa Kamu Coba
Amazon Kindle Direct Publishing. (Unsplash/Sunrise King)

Amazon Kindle Direct Publishing (KDP)

Platform penerbitan pertama yang bisa kamu coba adalah Amazon Kindle Direct Publishing. Untuk menerbitkan karya di platform ini, usahakan kamu melakukannya tanpa perantara yang mengambil bagian dari keuntungan yang kamu dapatkan.

Jangan lupa untuk membuat format file kamu menggunakan perangkat lunak gratis, seperti Mobipocket eBook Creator atau Calibre. Mobipocket eBook Creator membantu kamu membuat e-book lengkap dengan daftar isi dan langsung mengubahnya menjadi format e-book milik Amazon.

Kamu juga dapat mengkonversi file Word kamu ke HTML, kemudian Mobipocket eBook Creator.

Amazon menawarkan tarif royalti sebesar 70% untuk penulis, dengan syarat dan ketentuan tertentu pastinya. Perpustakaan Peminjaman Pemilik Kindle juga memungkinkan anggota Amazon Prime untuk melihat e-book kamu secara gratis.

Meskipun gratis, kamu akan tetap menerima pendapatan dari Amazon atas e-book kamu yang telah diunduh secara gratis oleh para anggota Amazon.


Platform untuk Para Pengguna Mac

iBooks Author untuk Para Pengguna Mac
iBooks Author untuk para pengguna Mac. (Unsplash/David Hepworth)

iBooks Author

iBooks Author merupakan program perangkat lunak yang dapat diunduh secara gratis oleh para pengguna Mac. Dengan program ini, kamu bisa mengunggah hasil karya kamu, mulai dari buku teks; buku resep; buku bergambar; dan lain-lain.

Namun, meskipun Apple menawarkan iBooks Author dengan cuma-cuma, sayangnya Apple tidak menyediakan ISBN gratis untuk e-book yang diunggah ke dalamnya.

Sebaliknya, Apple akan mengarahkan para authors ke laman Bowker's Identifiers Service. Laman ini akan mengenakan tarif sebesar $126 untuk setiap ISBN.

Scribd

Scribd.com menawarkan cara tercepat dan termudah untuk mendapatkan e-book melalui internet. Dengan platform ini, kamu juga akan dimudahkan dalam mempublikasi e-book kamu.

Kamu cukup membuat akun Scribd, kemudian membuat file tulisan hasil karya kamu dalam format PDF disertai dengan gambar sampul. Kemudian kamu tinggal mengunggahnya ke Scribd.

Sampai saat ini, sebagian besar e-book yang tersedia di Scribd bebas untuk dilihat dan diunduh. Namun, ada juga beberapa e-book yang berbayar. Dengan demikian, cukup memungkinkan bagi kamu untuk menjual dan mempublikasi e-book kamu di sini.


Penerbit Self Publishing di Indonesia

Penerbit Self Publishing di Indonesia
Penerbit Self Publishing di Indonesia. (Unsplash/Mikolaj)

Tidak hanya platform publikasi berkelas internasional, kamu juga bisa menerbitkan sendiri karya-karya kamu dalam bentuk e-book melalui penerbit lokal. Berikut beberapa rekomendasi penerbit yang memungkinkan kamu untuk melakukan self publishing.

1. AY Publisher

Penerbit ini merupakan penerbit indie dan self publishing resmi yang berdiri sejak 2019 lalu. Dengan menerbitkan karya kamu di sini, kamu akan mendapatkan ISBN dan royalti. Penjualan karya kamu nanti akan dilakukan melalui media sosial dan situs web penerbit.

2. Penerbit Deepublish

Kalau kamu suka menulis tentang ilmiah, penerbit ini menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Fokus penerbitannya adalah buku pendidikan.

Penerbit ini juga menawarkan biaya penerbitan gratis bagi siapapun yang berminat menjadi penulis di Deepublish.

3. Nasmedia

Penerbit yang satu ini telah menjadi anggota IKAPI sejak 2018 lalu dan telah terverifikasi dengan Perpusnas RI. Tidak hanya karya-karya fiksi saja yang diterbitkan, tesis dan disertasi juga bisa diterbitkan menjadi sebuah buku. 

Nasmedia memberikan jaminan layanan penerbitan tercepat, ISBN, dan juga Hak Cipta bagi para penulis buku.

Infografis Fakta Mengenai Indeks Literasi di Indonesia.
Fakta Mengenai Indeks Literasi di Indonesia. (Liputan6/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya