Timnas Indonesia Gagal Juarai Piala AFF U-23 2023 Usai Tumbang dari Vietnam, Warganet: Kalian Sudah Berjuang dengan Baik!

Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Vietnam di final Piala AFF U-23 2023 setelah kalah adu penalti. Warganet memberikan dukungan dan semangat kepada para pemain muda Garuda Muda.

oleh Yuslianson diperbarui 27 Agu 2023, 09:46 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2023, 09:37 WIB
Vietnam Juara Piala AFF U-23 2023! Warganet: Tetap Semangat buat Timnas Indonesia
Vietnam Juara Piala AFF U-23 2023! Warganet: Tetap Semangat buat Timnas Indonesia. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Final Piala AFF U-23 yang mempertemukan Vietnam vs Indonesia berlangsung sengit, di mana kedua timnas U-23 harus menjalani adu penalti.

Gagal memecah kebuntuan hingga 120 menit berlalu, timnas Indonesia U-23 harus rela gelar juara AFF U-23 direbut oleh Vietnam.

Dalam babak penting tersebut, Vietnam sukses mengalahkan pasukan Shin Tae-yong di final AFF U-23 2023 dengan skor akhir, yaitu 6-5.

Baik Vietnam dan Indonesia saling bergantian memasukkan bola, hingga akhirnya giliran Ernando Ari (kiper Indonesia U-23).

Sayangnya, Ernando Ari gagal menunaikan tugas. Vietnam akhirnya mengamankan gelar melalui Thai Ba Dat.

Meski gagal meraih gelar juara, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan dukungan dan semangat dari warganet di media sosial usai laga AFF U-23 2023 berakhir.

Banyak netizen mengapresiasi perjuangan dan kerja keras para pemain muda Garuda Muda.

Berikut adalah beberapa komentar warganet yang kami rangkum dari Twitter alias X.

"Keep head up boys!! Y all did the best! ❤💪," tulis @c**** di Twitter.

"Vietnam U23 ini juga sebenernya keteteran ngeladenin permainan Indonesia. Timnas U23 udah level up sih walaupun diisi dengan pemain2 yang ada karena beberapa gak di kasih sama klub nya. Tetep tegak Garuda Muda, jalan kalian masih panjang buat sukses," kata @d**** di media sosial milik Elon Musk itu.

"NT! Tetap semangat lah, mudah2an timnas seniornya menggila," ujar @y****.

"NICE TRY INDONESIA❤️❤️KAMU TERBAIK!," tulis @R**** di media sosial Twitter alias X.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warganet: Tetap Semangat untuk Timnas Indonesia

<p>Timnas Indonesia U-23 menyerah 1-2 dari Malaysia pada laga pembuka Grup B Piala AFF U-23 2023, Jumat (18/8/2023) malam WIB. (dok. PSSI)</p>

"Tetap semangat buat timnas Indonesia, terima kasih atas perjuangannya, kalian keren kalian hebat 🫶🏻," ucap @i****.

"PERJUANGAN KALIAN LUAR BIASA!! Tegakkan kepalamu terima kasih atas perjuangannya❤️💪," bunyi twit @e****.

Akun Twitter @H**** menulis, "INI HASIL DARI PERJUANGAN YANG LUAR BIASA KALIAN KEREN TIMNAS GAPAPA ❤️."

"Bangga dengan timnas U23,kalian luar biasa 💪💪💪🇮🇩," ucap @r****.

"#TimnasDay kalian hebat... pinaltinya udah hebat semoga dilain waktu lebih beruntung," cerita @S****.

Akun @H**** mengatakan, "Kiper kita nih ernando yg MVP bbrapa kali nyelametin gawang timnas 🔥."

Meski gagal menjadi juara Piala AFF U-23 2023, perjuangan Beckham Putra dan kawan-kawan di final patut diapresiasi. Pengamat sepak bola Akmal Marhali menyatakan timnas Indonesia sudah meraih hasil maksimal mengingat persiapan tim cukup singkat sebelum berangkat ke Thailand.

"Ya Meskipun kalah kita harus memberikan apresiasi terhadap perjuangan para pemain Tim Nasional U-23 kita yang telah lolos sampai final dan kalah adu penalti walaupun dengan persiapan singkat," ujar Akmal, Sabtu (26/8/2023).

Akmal menambahkan materi pemain juga terbatas apalagi di final misalnya kita hanya punya stok 16 pemain yang tersedia.

"Para pemain sudah tampil luar biasa mereka bisa mengalahkan tuan rumah Thailand tapi memang kita agak sulit untuk bisa menghadapi Vietnam yang saat ini merupakan tim terbaik di kawasan ASEAN dengan peringkat 100 besar dunia dan merupakan tim Asia Tenggara dengan peringkat terbaik saat ini," ucap Akmal.  


Indonesia Perlu Belajar dari Vietnam

Ramadhan Sananta (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timor Leste pada Piala AFF U-23 2023, Minggu (20/8/2023). (Dok. PSSI)

Menurut Akmal, Vietnam melakukan pembinaan luar biasa sehingga mampu melakukan regenerasi tim nasionalnya juga. "Saya pikir ini juga harus menjadi pelajaran buat kita bahwa untuk menciptakan tim nasional yang kuat ke depan juga harus diperhatikan. Bagaimana pembinaan usia muda dan kompetisi."

Akmal menegaskan yang yang paling penting adalah kita harus evaluasi tim nasional ini pasca piala AFF U-23 apalagi ke depan tim ini merupakan replika dari tim nasional senior dan kita akan berhadapan lagi dengan Vietnam di beberapa event salah satunya di kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Kita juga satu grup dengan Vietnam di Piala Asia 2024 di grup D bersama Jepang dan juga Irak artinya ini final yang memberikan gambaran kekuatan Bagaimana kekuatan Indonesia bagaimana kekuatan Vietnam dan kelemahan yang ada harus dibenahi karena kita akan menghadapi event besar pra Piala Dunia dan Piala Asia dan akan bertemu juga dengan Vietnam," jelasnya. 


Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam

Pemain Timnas Indonesia U-23, Alfeandra Dewangga (kanan), menendang bola ke gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan final Piala AFF U-23 2023 yang berlangsung di Rayong Province Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam WIB. (Dok. PSSI)

Vietnam: Quan Van Chian; Luong Duy Cuong, Ngueyn Ngoc Thang, Tran Nam Hai, Nguyen Duc Viet; Dinh Xuan Tien, Khuat Van Khang, Nguyen Minh Quang, Vo Hoang Minh Khoa, Phaem Dinh Duy; Nguyen Quoc Viet

Indonesia: Ernando Ari; Robi Darwis, Kadek Arel, Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga, Haykal Alhafiz, Rifky Dwi Septiawan, Arkhan Fikri, Beckham Putra, Muhammad Ragil, Abdul Rahman

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya