Review Lenovo Yoga Book 9i: Performa Gahar untuk Kreativitas dan Bermain Game Tanpa Batas?

Lenovo Yoga Book 9i hadir sebagai laptop layar ganda yang menawarkan performa tinggi dan desain inovatif. Simak ulasan lengkap tentang kelebihan, kekurangan, serta pengalaman kami menggunakan laptop multifungsi ini.

oleh Yuslianson diperbarui 27 Okt 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 18:00 WIB
Lenovo Yoga Book 9i
Lenovo Yoga Book 9i hadirkan layar OLED 13.3 inci. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Liputan6.com, Jakarta - Bosan dengan laptop konvensional? Lenovo Yoga Book 9i hadir dengan konsep benar-benar berbeda. Dengan dua layar OLED yang memukai, laptop ini menjanjikan pengalaman komputasi gahar dan hiburan yang imersif.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan secara langsung menjajal laptop baru Lenovo seharga Rp 33.999.000, dengan hardware tinggi di atas kertas mampu melibas berbagai pekerjaan ringan hingga berat sekalipun.

Tapi, apakah inovasi ini sebading dengan harganya yang premium? Mari kita ungkap bersama.

Desain dan Tampilan: Layar Ganda Revolusioner

<p>Lenovo Yoga Book 9i hadir dengan dua layar AMOLED berukuran 13.3 inci yang multifungsi. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Laptop Lenovo memang dikenal memiliki desain unik dan mencuri perhatian, begitu juga dengan Yoga Book 9i ini. Laptop ini hadir dengan desain inovatif memadukan dua layar OLED berukuran 13.3 inci, dan memiliki resolusi 2.8K.

Tidak hanya menampilkan visual tajam, layar kedua laptop juga bisa berfungsi sebagai keyboard virtual atau touchpad, memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna.

Saat tidak digunakan,tampilan luar laptop ini memang terlihat sederhana. Namun, ketika dibuka, kamu akan menemukan pengalaman berbeda dengan laptop layar ganda mendukung produktivitas maupun hiburan. 

<p>Lenovo Yoga Book 9i hadir dengan dua layar AMOLED berukuran 13.3 inci. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Layar ini juga sudah mendukung DCI-P3 dan Dolby Vision, memastikan pengalaman menonton imersif. Kami sangat menikmati berbagai konten di layanan video streaming, seperti Netflix, Vidio, dan masih banyak lagi.

Selain bisa menampilkan dua tampilan, layar bagian bawah laptop juga bisa difungsikan sebagai keyboard virtual. Cukup dengan sentuh layar dengan delapan jari, maka keyboard virtual pun akan muncul. 

Keyboard Virtual di Lenovo Yoga Book 9i

<p>Layar Lenovo Yoga Book 9i bisa difungsikan untuk menjadi keyboard virtual.   (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Atau, kamu dapat menaruh keyboard wireless berbekal magnet bagian atas layar bawah dan mengubahnya menjadi touchpad. Bila ditaruh di bagian bawah layar kedua, maka akan menampilkan widget aplikasi, seperti kalender dan sebagainya.

Lenovo juga menyartakan casing folio untuk digunakan agar laptop bisa berdiri. Jangan khawatir, walau tidak menggunakan penahan magnet atau apapun, casing folio ini tetap stabil menahan berat laptop.

Selain itu, laptop Lenovo ini juga bisa didirikan dalam posisi portrait. Berbeda dari laptop lainnya, kamu tidak dapat menutup perangkat saat keyboard masih di tempatnya.

<p>Review Lenovo Yoga Book 9i: Performa Gahar untuk Kreativitas dan Bermain Game Tanpa Batas? (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Selain itu, keyboard wireless yang disertakan juga harus diisi dayanya sesekali menggunakan USB-C. Sayangnya, virtual touchpad terkadang kurang responsif dan tidak muncul. Karenanya, kami harus mengatur ulang letak keyboard untuk bisa memunculkan touchpad.

Performa dan Fitur: Powering Your Creativity

<p>Lenovo Yoga Book 9i juga bisa dipakai untuk bermain game. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra 7 dan GPU Intel Iris Xe, Yoga Book 9i mampu menangani tugas-tugas berat seperti editing video dan bermain game.

Laptop ini juga didukung oleh RAM LPDDR5X 32GB dan SSD PCIe Gen 4 1TB, yang mempercepat proses booting dan loading aplikasi.

Selama memainkan game-game seperti Genshin Impact, Zenless Zone Zero, Honkai: Star Rail, hingga Wuthering Waves, kami tidak menemukan masalah dalam hal performa dan berjalan mulus.

Apakah mampu dipakai untuk memainkan game-game AAA (triple AAA) kelas bera? Bisa, tetapi kamu harus menurunkan seluruh pengaturan paling rendah.

<p>Uji main game Zenless Zone Zero di Lenovo Yoga Book 9i. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Juga, pastikan kamu buka aplikasi Lenovo Vantage dan ubah mode dari Intelligent Cooling ke Extreme Performance untuk menambah 22 persen ke tenaga prosesor dan membuat pengalaman bermain game lebih mulus.

Perusahaan juga menyertakan kecerdasan buatan bernama Lenovo AI Engine+, di mana ini adalah teknologi didesain khusus untuk mengoptimalkan performa laptop dan pengalaman pengguna.

Menggunakan machine learning, laptop pun dapat bekerja dengan lebih mulus dan efisien saat dipakai untuk berbagai hal atau pekerjaan.

 

Daya Tahan Baterai dan Suara

<p>Lenovo Yoga Book 9i dengan aksesoris keyboard dan mouse. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Kelebihan utama dari laptop ini adalah efisiensi daya baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam meskipun menggunakan dua layar secara bersamaan.

Dibekali dengan speaker Bowers & Wilkins, Yoga Book 9i memberikan kualitas suara premium yang sangat cocok untuk menonton film atau mendengarkan musik.

<p>Dentuman suara speaker Bowers & Wilkins di bagian engsel Lenovo Yoga Book 9i terasa nikmati ditelinga.  (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Laptop ini dilengkapi dengan tiga port USB-C untuk koneksi, di mana ketiga USB tersebut merupakan konektor Thunderbolt bandwidth tinggi, mampu dihubungkan ke berbagai perangkat tanpa kendala. Sayangnya, Lenovo tidak menyertakan lubang headphone.

Yoga Book 9i memiliki webcam di atas rata-rata, dengan sensor 5MP jauh di atas laptop biasanya dan akan sangat membantu untuk panggilan video.

 

Kesimpulan

<p>Nonton dua konten berbeda di Lenovo Yoga Book 9i. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Lenovo Yoga Book 9i merupakan laptop cocok bagi para profesional kreatif menginginkan perangkat multifungsi dengan performa tinggi.

Desain layar gandanya, performa kuat, dan fitur AI canggih menjadikannya investasi layak bagi mereka yang mencari perangkat inovatif.

Salah satu aspek paling menarik dari Yoga Book 9i adalah fleksibilitasnya dan kemampuan untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di kedua layar sangat membantu saat saya sedang melakukan multitasking.

Namun, perlu diperhatikan penggunaan penuh dari Yoga Book 9i, termasuk layar ganda, stand folio, keyboard wireless, dan mouse, bisa membuatnya terlihat sedikit aneh dan memakan tempat saat digunakan di kafe atau tempat nongkrong lainnya.

Setup kompleks ini mungkin kurang praktis bagi mereka sering bekerja di luar rumah, karena membutuhkan ruang lebih besar dan waktu ekstra untuk menyiapkan perangkat.

Meskipun demikian, bagi mereka mencari fleksibilitas maksimal dan performa tinggi dalam satu perangkat, kompromi ini mungkin sepadan dengan manfaat ditawarkan oleh Yoga Book 9i.

Tertarik untuk mencoba pengalaman komputasi berbeda? Bagikan pendapat Anda tentang Lenovo Yoga Book 9i di kolom komentar di bawah.

Infografis Cek Fakta 3 Cara Melindungi Data Pribadimu dari Pencurian
Infografis Cek Fakta 3 Cara Melindungi Data Pribadimu dari Pencurian (liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya