Apple Siap Luncurkan iPad Mini pada Akhir 2024, Apa Saja Keunggulannya?

Setelah memperkenalkan jajaran iPad Pro dan iPad Air, Apple berencana untuk menghadirkan iPad Mini pada akhir 2024. Apa saja yang kelebihan dari generasi sebelumnya?

oleh Robinsyah Aliwafa Zain diperbarui 18 Mei 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2024, 17:00 WIB
ipad mini
Apple merilis iPad mini yang memiliki layar seluas 8,3 inci (Foto: Apple Event sceenshot).

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Apple memperkenalkan jajaran iPad Pro dan iPad Air di acara 'Let Loose' minggu lalu, perusahaan dikabarkan akan merilis iPad Mini pada akhir 2024.

Pada pertengahan 2024, Apple meluncurkan dua tablet terbarunya, iPad Pro dan iPad Air. Kedua tablet tersebut menghadirkan peningkatan spesifikasi dan kemampuan AI yang ditingkatkan.

Seperti tak mau berhenti di situ, Apple berencana untuk merilis satu varian tablet lagi pada akhir tahun 2024.

Sebagai informasi, iPad Mini terakhir kali diperkenalkan pada akhir 2021. Berdasarkan jadwal perilisan, dirumorkan tablet ini akan hadir pada akhir 2024.

Laporan Analis Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Gadgets360, Sabtu (18/5/2024), iPad Mini akan diperkenalkan paling cepat akhir tahun 2024. Ia memprediksi tablet ini bakal hadir dengan chipset yang lebih kencang.

Kendati demikian, dalam laporan tersebut tidak tertulis perubahan signifikan yang dihadirkan. Model terbaru itu direncanakan akan menggantikan iPad Mini 2021.

iPad Mini belum menerima pembaruan hardware sejak September 2021. Tablet ini ditenagai prosesor A15 Bionic dengan banderol harga Rp 12 jutaan untuk varian Wi-Fi dengan penyimpanan 256GB.

iPad Mini 2024 dirumorkan akan hadir dengan prosesor A16 Bionic yang lebih kencang. Tak hanya itu, tablet ini bakal memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar dari seri terdahulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apple M4 di iPad Pro Lebih Cepat dari MacBook Pro?

iPad Pro 2024
iPad Pro 2024 dengan ukuran layar 11 inci dan 13 inci. (Doc: Apple)

Sebelumnya, Apple memperkenalkan iPad Pro dan iPad Air di acara Apple Event "Let Loose" minggu lalu. Kedua produk tersebut hadir dengan dua ukuran berbeda, yakni 11 inch dan 13 inch.

Pada acara yang digelar 7 Mei 2024, Apple membuat perbandingan antara performa iPad Pro dengan prosesor M2 dengan iPad Pro terbaru yang menggunakan chip M4.

Terlihat performa dari M4 yang dipakai iPad Pro 2024 menghadirkan beberapa peningkatan dari generasi sebelumnya.

Klaim Apple tersebut dibuktikan dengan uji benchmark Geekbench yang dilakukan oleh salah satu pengguna X/Twitter.

Dikutip dari Gizmochina, Senin (14/5/2024), iPad Pro 2024 memiliki skor 3,767 untuk single core dan 14,677 untuk multi core. Hasil tersebut membuktikan klaim Apple yang mengatakan bahwa chip M4 di iPad Pro terbaru 1,5 kali lebih cepat dari iPad Pro sebelumnya yang menggunakan chip M2.

Keputusan Apple untuk langsung menggunakan chip M4 untuk iPad Pro alih-alih menggunakan chip M3 yang telah digunakan di MacBook Pro terbilang berani. Padahal, jarak dari peluncuran M3 dengan M4 hanya berkisar tujuh bulan.

Kendati demikian, Apple M4 menghadirkan peningkatan kinerja sebesar 25 persen lebih cepat ketimbang chip M3 di MacBook Pro, seperti yang terlihat pada skor Geekbench.

iPad Pro M4 baru memiliki peningkatan 22% lebih cepat dalam performa single-core dan 25% lebih cepat dalam performa multi-core dari generasi sebelumnya. Hal tersebut menjadikan M4 di iPad Pro lebih cepat ketimbang chip M3 di MacBook Pro.


Iklan iPad Pro 2024 Tuai Kecaman, Dinilai Tak Sensitif dengan Isu AI dan Komunitas Kreatif

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro 2024 yang Kontroversial
Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro 2024 yang Kontroversial: "Kami Meleset dari Sasaran" (Doc: Apple)

Meski iPad Pro 2024 mendapatkan antusias dari pengguna dan tech enthusiast, Apple dinilai blunder dalam memasarkan tablet ini.

Iklan iPad Pro terbaru milik Apple menuai kritik pedas dari banyak pihak, khususnya dari kalangan komunitas kreatif.

Sebagai konteks, Apple memperkenalkan iPad Pro terbaru mereka dengan chipset M4 dan tampil sebagai produk paling tipis buatan perusahaan.

Sebagai bentuk promosi berbagai hal kreatif yang bisa dilakukan oleh iPad Pro terbaru itu, Apple menayangkan iklan berjudul "Crush!" yang memperlihatkan berbagai benda, seperti piano, cat, hingga pemutar rekaman diratakan oleh mesin press hidrolik.

Pada akhir iklan iPad Pro tersebut dan mesin press hidrolik kembali terbuka, yang tersisa hanyalah tablet teranyar milik perusahaan. Sontak, kritik pedas tentang iklan iPad Pro 2024 pun dilayangkan berbagai pihak.


Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro 2024 yang Kontroversial

Kantor Apple
Kantor Apple

Hugh Grant menyebutnya sebagai “penghancuran pengalaman manusia,” sementara direktur Handmaid’s Tale, Reed Morano, mengatakan kepada CEO Apple Tim Cook untuk “membaca ruangan” dalam sebuah postingan di X.

Sadar iklan tersebut menjadi pembicaraan, Tor Myhren, Apple’s vice president of marketing mengeluarkan pernyataan. Dilansir Ad Age, Jumat (10/5/2024), Tor mengatakan, Apple telah "meleset dari sasaran."

“Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan orang-orang kreatif di seluruh dunia,” kata Myhren kepada Ad Age.

“Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami meleset dari sasaran dalam video ini, dan kami minta maaf.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya