Xiaomi Siap Luncurkan Mix Fold 4 dan Mix Flip Bulan Ini, Saingi Samsung Galaxy Z Fold6?

Xiaomi mengonfirmasi peluncuran Mix Fold 4 dan Mix Flip pada bulan Juli 2024. Peluncuran ini menjadi strategi Xiaomi untuk bersaing dengan Samsung yang juga akan meluncurkan Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 pada bulan yang sama.

oleh Yuslianson diperbarui 09 Jul 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2024, 08:30 WIB
Xiaomi Mix Fold 3 (Twitter @leijun)
Xiaomi Mix Fold 3 (Twitter @leijun)

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi rumornya sedang mempersiapkan diri untuk meluncurkan lebih banyak lagi HP Android dengan seri Mix.

Sebelumnya, perusahaan bakal meluncurkan Mix Fold 4 dan Mix Flip. Kini, Xiaomi mengonfirmasi HP Android tersebut akan hadir bulan ini.

Adapun Mix Fold 4 sendiri adalah seri penerus HP Android Mix Fold 3 yang diluncurkan pada Agustus tahun lalu.

Bersamaan dengan Mix Fold 4, perusahaan juga akan memperkenalkan smartphone layar lipat pertamanya.

Informasi ini diungkap perusahaan lewat akun media sosialnya. Xiaomi mengunggah poster yang memperlihatkan pabrik baru mereka.

Menariknya, pabrik baru mereka ini adalah pabrik pintar digital dengan kemampuan otomatisasi 100 persen untuk produksi penting.

Dilansir GSM Arena, Selasa (9/7/2024), pabrik ini akan memproduksi Xiaomi Mix Fold 4 dan Mix Flip yang dijadwalkan meluncur pada bulan Juli.

Namun, belum ada bocoran spesifikasi Mix Fold 4 dan Mix Flip atau informasi lain tentang perangkat tersebut.

Peluncuran pada bulan Juli ini menjadi opsi menarik bagi Xiaomi, karena bulan ini Samsung juga akan menggelar acara Galaxy Unpacked pada 10 Juli 2024.

Dalam acara ini, Samsung akan memperkenalkan HP Android layar lipat terbaru mereka, termasuk Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6.

Dengan pengumuman ini, besar kemungkinan Xiaomi ingin mengaungkan 'genderang perang' terhadap Samsung yang ingin memperkenalkan ponsel lipat barunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


HP Layar Lipat Xiaomi Mix Fold 4 bakal Punya Komunikasi Satelit

Xiaomi resmi memperkenalkan Mix Fold 3 sebagai smartphone layar lipat terbarunya. (Dok: Xiaomi)

Xiaomi tengah mengerjakan ponsel layar lipat terbarunya, Xiaomi Mix Fold 4. Terkini, mereka akan membenamkan teknologi komunikasi via satelit di HP tersebut.

Menurut informasi Gizmochina, dikutip Jumat (15/6/2024), Xiaomi Mix Fold 4 telah terdaftar di situs sertifikasi 3C, dan perangkat ini masuk sebagai perangkat yang memiliki komunikasi satelit.

HP layar lipat ini muncul di sertifikasi 3C dengan nomor model 24072PX77C. Meskipun sertifikasi tersebut tidak mengungkapkan nama pemasarannya, kemungkinan besar nomor model itu merujuk pada Xiaomi Mix Fold 4.

Sertifikasi 3C juga mengonfirmasi bahwa perangkat tersebut mendukung pengisian daya 67W dan akan dikirimkan dengan pengisi daya MDY-15-EQ Xiaomi.

Sebelumnya  Xiaomi juga menerapkan komunikasi satelt di ponsel Xiaomi 14. Pun demikian, kalau bicara di ranah ponsel layar lipat, Xiaomi Mix Fold 4 jadi yang pertama menerapkan teknologi tersebut.

Nantinya, HP Xiaomi Mix Flip 4 juga akan mengusung spesifikasi gahar, dengan penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Selain itu, Mix Fold 4 akan hadir dengan baterai sel ganda, dengan kapasitas 5000 mAh yang dipecah menjadi sel 2390 mAh + 2485 mAh.

Selain itu, ponsel ini akan dipersenjatai quad-camera, yaitu sensor utama 50MP Omnivision OV50E, sensor ultra-wide Omnivision OV13B, sensor telefoto jarak dekat Omnivision OV60A (2X), dan sensor telefoto periskop Samsung ISOCELL S5K3K1 (5X).


Bocoran Spesifikasi Xiaomi 15

Xiaomi Mix Fold 3. Credit: Xiaomi

Selain mengerjakan Xiaomi Mix Fold 4, Xiaomi juga tengah menggarap HP flagship Xiaomi 15. HP Android Xiaomi ini tawarkan desain ringkas namun dengan spesifikasi gahar, sehingga cocok bagi pengguna yang mengincar HP flagship yang nyaman di tangan.

Mengutip bocoran dari Weibo, sebagaimana dikutip dari Android Headlines, Kamis (13/6/2024), Xiaomi 15 akan menggunakan layar berukuran 6.36-inch seperti pendahulunya, Xiaomi 14.

Layar tersebut memiliki kemampuan tak main-main, dengan resolusi 1.5K dan teknologi LTPO, sehingga kecepatan layar dapat diturunkan menyesuaikan gerakan di layar.

Seperti seri terdahulu, spesifikasi Xiaomi 15 bukan kaleng-kaleng, berkat dibenamkannya chipset Snapdragon 8 Gen 4 yang ditemani penyimpanan 1TB. Kemungkinan ukuran tersebut merupakan varian tertinggi dari Xiaomi 15.


Bocoran Kamera di Xiaomi 15

Di sektor kamera, Xiaomi 15 dipersenjatai kamera 50MP dari Omnivision. Sebagai informasi, sensor tersebut berukuran 1/1.3-inch, dapat menangkap gambar dengan lebih detail dan menyerap cahaya lebih banyak.

Kamera utama tersebut ditemani sensor ultrawide 50MP beserta sensor telephoto makro 3X zoom.

Bocoran tersebut juga mengungkapkan bahwa HP Xiaomi 15 menerapkan bahan yang berbeda untuk bodi belakang. Ponsel ini akan hadir dengan bodi berbahan kaca dan bodi vegan leather.

Detail lebih lanjut yang dibocorkan ialah penggunaan sensor sidik jari berteknologi ultrasonic di dalam layar. Tak hanya itu, HP Xiaomi ini juga dibekali speaker stereo yang hasilkan suara jernih dan detail.

Sebelumnya, Xiaomi 14 diperkenalkan pada Oktober 2023. Berdasarkan ini, ada kemungkinan smartphone Xiaomi 15 juga akan diperkenalkan pada Oktober 2024.

Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya