Cara Masuk ke Akun WhatsApp Tanpa Nomor Ponsel, Gampang dan Enggak Ribet!

Meta telah menambahkan opsi untuk melakukan verifikasi WhatsApp tanpa nomor ponsel. Yuk, intip caranya di sini.

oleh Iskandar diperbarui 28 Jul 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 08:00 WIB
Aplikasi Whastapp Web dan Selular Sempat Down
Warga mencoba mengakses aplikasi Whatsapp di Jakarta, Selasa (25/10). Platform pesan instan WhatsApp dilaporkan error, Selasa (25/10/2022) siang. Tak hanya di Indonesia, WhatsApp juga dilaporkan down di sejumlah negara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, WhatsApp mengharuskan pengguna mengautentikasi akun melalui SMS saat ingin masuk ke aplikasi.

Autentikasi ini tentunya untuk keamanan dan bagus jika berfungsi. Namun, ada kalanya kamu tidak punya akses ke SMS.

Misalnya, jika kamu hanya memiliki koneksi WiFi atau tidak memiliki ponsel, kamu tidak akan dapat menerima kode SMS untuk memverifikasi identitas.

Kabar baiknya, Meta telah menambahkan opsi untuk melakukan verifikasi tanpa nomor ponsel. Sebagai alternatif, kamu bisa masuk akun WhatsApp dengan menggunakan email.

Kamu dapat menggunakan kode autentikasi yang dikirim oleh WhatsApp ke email untuk mengonfirmasi identitas.

Perubahan ini hadir dengan pembaruan terbaru WhatsApp versi 23.24.70 di iOS, sebagaimana ditemukan oleh WABetaInfo dan dilansir Lifehacker, Minggu (28/7/2024).

Namun, metode ini tidak sepenuhnya menggantikan SMS. Kamu tetap perlu menghubungkan nomor ponsel dengan WhatsApp, seperti yang biasa kamu lakukan.

Perlu dicatat, cara ini adalah opsi verifikasi sekunder jika kamu tidak dapat atau tidak ingin menggunakan SMS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berikut Ini Caranya

Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Untuk mencoba fitur baru ini, kamu harus melakukan langkah mudah berikut.

  • Update WhatsApp ke versi terbaru, lalu buka Setelan > Akun.
  • Di sini, kamu akan melihat opsi Alamat Email baru. Ketuk opsi tersebut, lalu masukkan alamat email yang ingin kamu gunakan untuk memverifikasi akun WhatsApp.
  • Ketuk Berikutnya, lalu tunggu kode enam digit WhatsApp masuk ke kotak masuk.
  • Jika akun email kamu telah terdaftar di iOS 17, kamu mungkin melihat opsi untuk mengisi kode secara otomatis dari aplikasi Mail.
  • Dalam kedua kasus tersebut, masukkan kode, lalu ketuk Verifikasi.
  • Setelah WhatsApp memverifikasi alamat email, tandanya langkah ini sudah berhasil.

Ke depannya, jika kamu masuk ke WhatsApp di perangkat baru, atau kamu perlu masuk ke aplikasi lagi, kamu dapat memilih untuk mengautentikasi diri dengan alamat email, bukan melalui SMS.


WhatsApp Uji Coba Fitur Baru Mirip AirDrop, Siap Hadir untuk Pengguna iPhone?

Masuk WhatsApp
Ilustrasi orang yang sedang masuk ke WhatsApp. Credits: pexels.com by Anton

Di sisi lain, WhatsApp disebut akan menghadirkan fitur baru yang mempermudah pengguna iOS untuk berkirim file. Informasi ini diketahui dari WABetaInfo yang menemukan kalau aplikasi chatting tersebut tengah menguji coba fitur anyar.

Mengutip informasi dari 9to5Mac, Kamis (25/7/2024), fitur baru WhatsApp ini mirip dengan AirDrop milik Apple. Jadi, pengguna dapat berbagi file secara offline.

Disebutkan, fitur bernama Nearby Share ini ditemukan pada update beta terbaru WhatsApp untuk iOS melalui TestFlight. Dengan Nearby Share, pengguna dapat saling berbagi foto, video, dan dokumen dengan orang lain di sekitar secara nirkabel.

Sama seperti fitur WhatsApp lain, keamanan akan menjadi fokus dari fitur baru ini. Karenanya, fitur ini pun dijamin dengan keamanan enkripsi end-to-end.

Fitur ini sebenarnya sudah dulu diuji coba di Android. Namun dari temuan WABetaInfo, cara kerjanya di iOS akan sedikit berbeda dibandingkan versi Android.

Pada versi Android, WhatsApp dapat secara otomatis mendeteksi perangkat lain yang berada di dekatnya. Sementara di iPhone, pengguna perlu memindai kode QR untuk memulai proses berbagi file.

Meski cara kerjanya sedikit berbeda, fitur ini diprediksi dapat digunakan untuk transfer file antar perangkat iOS dan Android. Untuk itu, kemampuan ini akan memudahkan pengguna dengan sistem operasi berbeda saling bertukar file.

Saat ini, Nearby Share memang sudah ditemukan di aplikasi WhatsApp versi beta terbaru, tapi memang pengujiannya masih tahap internal. Hingga sekarang, belum ada informasi detail mengenai jadwal fitur ini akan hadir untuk seluruh pengguna.


Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya