Google Keep Kini Lebih Pintar dengan Fitur AI Gemini, Apa Saja Fitur Barunya?

Google Gemini yang diperkenalkan akhir tahun lalu terus berkembang menjadi asisten AI yang semakin pintar, berikut fitur terbarunya.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 26 Agu 2024, 14:48 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 11:00 WIB
Google Keep
Google Keep

Liputan6.com, Jakarta - Dalam acara Made by Google 2023, diumumkan bahwa saat seri ponsel Pixel 9 dirilis, Google Assistant akan digantikan oleh Gemini.

Meskipun ini adalah perubahan besar yang mungkin terasa sedikit mengecewakan bagi beberapa pengguna, Gemini menawarkan banyak keunggulan baru, terutama bagi kamu yang suka menggunakan Google Keep sebagai aplikasi catatan.

Dikutip dari Android Police, Senin (26/8/2024), salah satu fitur baru Google Keep yang dihadirkan adalah "Bantu saya membuat daftar".

Fitur ini memanfaatkan teknologi Gemini untuk mempermudah pengguna dalam membuat daftar seperti daftar belanja atau catatan lainnya.

Fitur dari AI Gemini ini bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan bagi pengguna yang tidak berlangganan Google One.

Jadi, selama kamu masih memiliki ponsel yang relatif baru dan versi terbaru Google Keep, kamu sudah bisa mencoba fitur ini.

Dengan fitur ini, kamu bisa mendapatkan bantuan dalam merencanakan dan mengorganisasi tugas sehari-hari dengan lebih mudah. Menurut 9to5Google, versi terbaru Google Keep yang sudah mendukung fitur ini adalah v2.24.332.02.90.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gemini Juga Dikembangkan Untuk Aplikasi Lain

Google Gemini
Google Tarik Iklan AI Gemini dari Ajang Olimpiade 2024, Kenapa? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Tidak hanya Google Keep, Gemini juga sedang dikembangkan untuk aplikasi lain. Baru-baru ini, ditemukan bahwa ada eksistensi "Tanyakan Foto" dalam aplikasi beta Google yang memungkinkan Gemini membantu kamu berdasarkan foto yang kamu unggah.

Ini adalah langkah besar dalam memafaatkan fitur "Research with Gemini", yang dirancang untuk membantu membuat laporan yang disesuaikan dengan pertanyaan spesifik yang mereka ajukan

Meskipun banyak pilihan aplikasi catatan, Google Keep tetap menjadi pilihan yang menarik karena kesederhanaannya.

Meskipun aplikasi catatan lain seperti Apple Notes dan Microsoft OneNote menawarkan berbagai fitur tambahan, hadirnya AI Gemini bisa menjadi alasan yang cukup kuat untuk tetap menggunakan Google Keep.

Dengan fitur-fitur baru ini, Google Keep berpotensi menjadi alat yang lebih bermanfaat dan efisien untuk kebutuhan catatan dan perencanaan kamu sehari-hari.


Gemini Live Hadir, Obrolan AI Jadi Lebih Seru dan Personal

Gemini AI Google
Gemini AI milik Google resmi melmuncur. (Dok: Google DeepMind)

Sebelumnya, Google resmi mengumumkan kehadiran layanan AI terbaru besutannya. Kali ini, perusahaan tersebut memperkenalkan Gemini Live bersamaan dengan peluncuran lini Pixel 9.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (15/8/2024), Google menggulirkan Gemini Live untuk para pelanggan Gemini Advanced dalam bahasa Inggris di perangkat Android.

Meski baru hadir di Android, Google menuturkan, baru dalam beberapa minggu ke depan, layanan ini diperluas ke iOS dan lebih banyak bahasa.

"Gemini Live menawarkan pengalaman percakapan mobile yang memungkinkan Anda berbincang dengan Gemini," tulis Google. Secara garis besar, aplikasi ini mirip dengan Gemini tapi dengan percakapan yang lebih interaktif.

Fitur ini mendukung kemampuan handsfree. Jadi, pengguna dapat terus berbincang dengan aplikasi Gemini yang berjalan di latar belakang atau saat perangkat terkunci.

Tidak hanya itu, untuk menghadirkan pengalaman yang lebih natural, Google menghadirkan 10 pilihan suara yang bisa dipilih pengguna. Jadi, pengguna bisa memilih suara dan gaya yang paling sesuai dengan mereka.

Selain fitur ini, Google juga diketahui akan merilis ekstensi Gemini baru dalam beberapa minggu mendatang. Dengan demikian, fitur tersebut dapat mendukung aplikasi lain seperti Keep, Tasks, dan Utilities.

Disebutkan pula, rangkaian fitur Google Gemini juga akan diperluas di YouTube Music. Lalu, ekstensi serupa turut diboyong ke aplikasi Calendar.


Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya