Bye-Bye Ribet, Google Chrome Kini Bisa Sinkron Grup Tab di Android!

Kabar menarik untuk pengguna Chrome Android karena bisa berbagi Grup Tab langsung dari Chrome, simak di sini yuk.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 04 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 12:00 WIB
Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Google Chrome Android
Tampilan pencarian Google di Chrome dengan mode gelap di Android (Sumber: Liputan6.com/Nisa Mutia Sari)

Liputan6.com, Jakarta - Google Chrome, si raja browser yang selalu bikin kita takjub, kembali menghadirkan inovasi baru. Setelah sukses memudahkan sinkronisasi riwayat browsing antara laptop dan smartphone, kini Chrome siap memanjakan pengguna Android dengan fitur yang ditunggu-tunggu: sinkronisasi grup tab antar perangkat!

Bayangkan, kamu lagi asyik browsing di laptop, lalu harus buru-buru keluar. Dengan fitur baru ini, kamu bisa langsung melanjutkan browsing di HP tanpa harus repot-repot membuka tab satu per satu.

Lebih seru lagi, kamu bisa berbagi grup tab dengan teman-temanmu, dan setiap perubahan tab di satu perangkat akan langsung terlihat di perangkat lainnya.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Bocoran dari @Leopeva64 di Twitter mengungkapkan, tombol "Invite" di folder grup tab Chrome Canary untuk Android telah berubah menjadi "Share".

Meskipun saat ini undangan belum bisa dikirim, fitur ini menjanjikan kolaborasi yang lebih mulus dan efisien.

Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk bergabung dalam grup tab sama, sehingga semua orang bisa melihat dan mengakses tab relevan secara real-time.

Memang, untuk saat ini undangannya belum bisa dikirim, tapi kalau fitur baru Chrome sudah siap, kamu dan teman-teman bisa kerja bareng di grup tab yang sama. Setiap perubahan tab di satu perangkat akan otomatis tercermin di perangkat lainnya.

Fitur ini bikin kerja bareng tim makin efisien. Bayangin, daripada kirim lima URL satu-satu lewat email, kamu cukup undang teman-teman ke grup tab yang kamu buat. Fitur grup tab ini sebenarnya sudah ada sejak Februari di Chrome desktop, dan sekarang hadir di Android.

Google juga lagi integrasikan Google Gemini ke fitur ini buat nyaranin tab yang bisa digabungkan ke dalam.

Gimana? Siap buat lebih produktif dengan Chrome? Fitur ini bakal bikin browsing dan kolaborasi jadi lebih simpel!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Chat AI Gemini Kini Langsung di Chrome, Akses Cepat di Address Bar

Gemini AI Google
Gemini AI milik Google resmi melmuncur. (Dok: Google DeepMind)

Sebelumnya, Google dilaporkan telah mulai menggulirkan akses Gemini langsung di Google Chrome. Dengan akses ini, pengguna Chrome bisa langsung mengakses Gemini melalui address bar.

Mengutip informasi dari Toms Guide, Sabtu (4/5/2024), Google Chrome diketahui sudah menguji coba fitur ini sejak pertengahan April 2024. Ketika itu, fitur ini diketahui dari Chrome Canary versi beta.

Kini, fitur ini pun sudah mulai digulirkan untuk pengguna umum. Informasi kehadirannya pun diumumkan melalui akun Twitter resmi Google Chrome.

"Mulai obrolan Anda dengan Gemini secara cepat memakai shortcut di address bar Chrome desktop," tulis Chrome dalam akun resminya. Disebut, fitur ini sudah bisa diakses dengan Chrome versi terkini yakni 124 stable.


Simak Langkah-langkahnya

Google Gemini
Google Tarik Iklan AI Gemini dari Ajang Olimpiade 2024, Kenapa? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Fitur ini pun sudah bisa diakses untuk pengguna browser tersebut di Mac, Windows, dan ChromeOS. Namun ada kemungkinan fitur ini masih digulirkan secara bertahap, sehingga belum semua pengguna mendapatkannya.

Untuk mengakses Gemini AI langsung melalui address bar di Chrome, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Ketik @ di address bar di Chrome desktop, dan pilih Chat with GeminiTulis prompt yang diinginkanDapatkan respons langsung dari layanan GeminiSebagai informasi, rencana Google untuk menambahkan dukungan Gemini di Chrome sempat diketahui sejak Februari 2024. Ini disebut upaya pertama Google mengimplementasikan Chat with Gemini ke dalam Chrome Omnibox.

Dengan cara ini, pengguna bisa mengakses chatbot tersebut tanpa harus membuka situs web Gemini. Untuk diketahui, Chrome Omnibox berfungsi sebagai bilah alamat dan bila pencarian, serta menambahkan beberapa tugas lain ke browser.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya